Bisa Edit Video, Begini Cara Edit Video Pakai Adobe Lightroom

Indri Penulis

Wah, aplikasi Adobe Lightroom sekarang bisa buat edit video juga lho. Ini adalah fitur yang mungkin selama ini nggak pernah terbayang ada di Lightroom.

Saat mendengar soal Adobe Lightroom, kamu pasti bakal langsung kepikiran soal aplikasi edit foto kan? Ya, memang nggak salah sih. Karena fitur-fitur yang ada di dalam Lightroom memang dirancang untuk membantuk proses pengeditan foto. Kalau mau mengedit video, biasanya orang-orang pakai Adobe Premiere.

Tapi gimana jadinya kalau Adobe Lightroom mendukung fitur edit video? Wew, pasti bakal seru tuh. Kita bisa dapatkan fitur edit foto dan video dalam satu aplikasi sekaligus.

Kabar bagusnya, sekarang Lightroom benar-benar mendapatkan fitur baru untuk edit video lho. Dengan pembaruan yang diluncurkan minggu ini, pengguna Lightroom dapat menggunakan kontrol aplikasi untuk mewarnai video mereka.

Tentunya ini adalah gebrakan yang sangat bagus. Mengingat selama ini tools di Lightroom jauh lebih intuitif saat menyesuaikan tampilan gambar, daripada tools pengoreksi warna tradisional yang ada di mayoritas aplikasi video.

Pertanyaannya, apakah Lightroom sekarang berubah jadi aplikasi edit video? O tidak. Tools anyar ini cuma memungkinkan kamu mewarnai rekaman dan memangkas bagian awal serta akhir klip. Intinya kamu nggak bisa mengatur klip ke dalam timeline.

Jadi kalau kamu ingin mewarnai adegan tertentu dalam film, kamu harus berpindah dari bidikan ke bidikan yang lain, lalu menyalin pengaturan di sepanjang klip.

adobe lightroom edit video

Lalu bagaimana cara mengedit video pakai Adobe Lightroom?

  • Buka panel “My Photos.”
  • Di dalam panel My Photos, klik “Add Photos” untuk mengimpor video atau memilih album yang berisi video yang ingin kamu edit.
  • Dalam tampilan “Detail,” pilih video yang mau kamu edit.
  • Selanjutnya klik ikon slider yang ada di sudut kanan atas untuk membuka panel Edit.
  • Sekarang, kamu bisa memperluas/memperkecil panel untuk mengakses kontrol edit seperti “Profile, Light, Color dan Effects.”
  • Kamu juga bisa memotong dan memutar video pakai panel “Trim & Rotate.”
  • Di panel “Edit,” klik ikon slider di sudut kanan atas untuk menambahkan “Presets & Profiles.”
  • Di dalam sana, kamu bisa memilih “Video Presets” di panel “Preset.”
  • Setelah selesai, kamu bisa mengekspor video dengan pengaturan edit-mu yang tadi.

Hm.. Dilihat dari kemampuannya, jelas Lightroom bukan ditujukan untuk videografer profesional. Fitur baru di Lightroom sepertinya lebih ditujukan untuk fotografer yang kebetulan menangkap beberapa klip pendek saat mereka sedang melakukan pemotretan.

Sementara itu, fitur pengeditan video akan hadir di Lightroom versi desktop dan seluler. Fitur terbaru ini tidak akan hadir ke Lightroom Classic, yang sudah mendukung fitur pengeditan video ke tingkat yang lebih profesional.

Lightroom dan Lightroom Classic juga mendapatkan beberapa fitur baru lainnya yakni antara lain:

  • Adaptive Presets yang didukung AI untuk menerapkan efek yang berbeda ke bagian foto (Lightroom Desktop, Lightroom Classic dan Adobe Camera Raw).
  • Penyempurnaan alur kerja utama untuk menyesuaikan intensitas preset (Lightroom Desktop, seluler, web, Lightroom Classic) dan membandingkan foto secara berdampingan (Lightroom Desktop).
  • Penghapusan Mata Merah Otomatis berkemampuan AI (Lightroom Desktop dan Adobe Camera Raw).
  • Preset Premium Baru (Lightroom Desktop, seluler, wweb, Lightroom Classic, dan Adobe Camera Raw).
  • Perluasan kemampuan Remix ke ponsel dan Lightroom web.
    %d blogger menyukai ini: