Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur Sosial Baru Epic Games Store Bakal Sajikan Obrolan Suara

Indri Penulis

Dalam pengumuman terbarunya, Epic Games mengatakan kalau mereka berencana menghadirkan fitur sosial baru untuk Epic Games Store di tahun 2021, yang salah satunya adalah voice chat.

Ada beberapa fitur yang saat ini tengah dikembangkan oleh Epic untuk tokonya. Seperti fitur Party System yang memungkinkan kamu dan temanmu berkumpul serta terhubung lewat obrolan suara.

Fitur Sosial Baru Epic Games Store

Epic Games telah memperluas dan menambahkan fitur anyar ke Epic Games Store sejak diluncurkan 2018 silam. Dalam postingan blog terbarunya, Epic mengatakan akan ada beberapa fitur sosial baru yang bakal hadir di Epic Games Store.

Sumber Gambar : Epic Games

Fitur yang Hadir Bulan Ini

Player Card

Nantinya, setiap kamu klik profil orang lain di Social Panel, kamu akan melihat Player Card mereka dan menemukan beberapa opsi baru.

Sumber Gambar : Epic Games

Contohnya untuk menambahkan pertemanan, atau melihat status pertemanan (kalau kalian sudah berteman). Oya, kamu nanti juga bisa bergabung dengan Party mereka, atau mengundang mereka ke Party baru.

Pencarian yang Ditingkatkan

Social Panel di Epic Games Store telah dibekali alat pencarian yang lebih baik. Contohnya bisa menampilkan jumlah teman bersama, kemampuan untuk mencari di seluruh platform, dan pencocokkan keyword dengan hasil yang lebih akurat.

Social Panel yang Bisa Diperkecil

Sumber Gambar : Epic Games

Agar lebih efisien dan kesannya longgar, Epic Games sekarang membuat Social Panel bisa diperbesar atau diperkecil, tanpa harus membuka jendela yang sepenuhnya terpisah. Di panel ini, kamu bisa melihat notifikasi seperti undangan permainan dan permintaan pertemanan dari orang lain.

Tombol “Do Not Disturb”

Sumber Gambar : Epic Games

Tombol ini sangat berguna ketika kamu tengah asyik bermain dan tidak ingin diganggu. Cukup tekan tombol “Do Not Disturb” dan kamu tidak akan menerima notifikasi undangan permainan, atau permintaan pertemanan saat sedang main game.

Whispers

Whispers saat ini belum banyak dipakai. Jadi untuk sementara waktu, fitur ini akan disembunyikan terlebih dahulu. Tapi kalau bicara soal fungsi, fitur ini sepertinya dipakai untuk mengirim pesan ke teman.

Fitur yang Bakal Datang

Sekarang saya beralih ke fitur yang akan datang di Epic Games Store. Fitur-fitur ini menurut saya lebih menarik dan bakal bikin Epic Games Store makin asyik.

Party System

Fitur pertama yang bakal hadir di Epic Games Store adalah Party System. Jadi nantinya, Epic Games Launcher akan menampilkan Party System baru yang memungkinkan pemain berkumpul dan berkomunikasi via voice chat, teks, dll.

Pemain bisa ngobrol dengan teman atau rekan satu timnya saat main game, atau diskusi untuk mencari game baru yang bisa dimainkan bersama.

Party Window

Party System yang akan hadir juga bakal menampilkan “Party Window.” Sesuai namanya, ini adalah jendela khusus untuk tim yang kamu ikuti secara aktif. Intinya, ini adalah jendela tempat kamu ngobrol dengan pemain lain.

Di jendela ini, kamu dengan teman atau rekan timmu bisa memilih ingin berkomunikasi atau bermain. Serunya, di sini kamu juga bisa mengirim sorotan game yang sedang dimainkan ke teman, sambil tetap ngobrol seperti biasa.

Menariknya, tampilan Party Window akan berubah lebih sederhana saat kamu dan anggota lain bermain game. Party Windows hanya akan menunjukkan anggota tim dan status mereka.

Drop In / Drop Out Parties

Party System sifatnya bebas. Artinya, tidak ada orang yang menyelanggarakan atau host di tim. Jadi kalau salah satu anggota tim offline, maka itu tidak akan berdampak ke aktivitas kelompok yang sedang berlangsung.

Di dalam Party Window, semua anggota tim punya kendali atas opsi audio dan video mereka sendiri. Semuanya juga bisa mengundang pemain lain atau mengunci pesta. Kesannya jadi lebih santai dan tidak ‘kaku-kaku’ banget ya.