Siap Geser Steam, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Epic Games Store

Pada bulan Desember tahun 2018 kemarin, Epic Games membuat kejutan dengan meluncurkan Epic Games Store.

Epic Games Store ini merupakan marketplace digital baru yang bukan hanya menawarkan berbagai game buatan Epic saja, melainkan juga beberapa game dari developer pihak ketiga.

Saat dirilis, Epic Gmaes Store ini langsung berhasil menark perhatian banya gamer dan digadang-gadang akan membuat persaingan yang cukup kompetitif dengan toko game lain milik Valve, yaitu Steam.

Lalu, apa sebenarnya yang berusaha ditawarkan oleh Epic Games Store? Apa yang membuat ia begitu menarik daripada toko-toko game yang lainnya?

Dan langsung saja ini dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Epic Games Store.

Dibuat Oleh Epic Games

Sumber Gambar : techraptor.com

Sesuai dengan namanya, Epic Games Store sendiri diciptakan oleh Epic Games. Epic Games didirikan pada tahun 1991 oleh CEO-nya saat ini yaitu Tim Sweeney, dengan nama awal Potomac Computer Systems.

Setelah berhasil merilis game pertamanya yang bernama ZZT dan berakhir sukses besar, akhirnya Sweeney memutuskan untuk mengubah nama perusahaanya menjadi Epic MegaGames pada tahun 1992. Kemudian nama ini disingkat lagi menjadi Epic Games pada tahun 1999.

Direncanakan untuk dirilis jauh sebelum Fortnite

Sumber Gambar : variety.com

Meskipun Fortnite merupakan game yang berhasil melambungkan nama Epic, namun kenyatannya Epic telah lebih dulu merencanakan untuk membuat toko game sendiri, jauh sebelum Forntine dirilis.

Di tahun 2015, Epic merilis Shadow Complex Remastered yang merupakan game pertama yang mereka rilis untuk toko eksklusifnya sendiri.

Baru setelah itu, hadirnya Fortnite di tahun 2017 membuat popularitas Epic meningkat sangat pesat. Akhirnya mereka memutuskan untuk meluncukan toko game sendiri yang tidak hanya berisi berbagai game buatan mereka, namun juga terdapat banyak game buatan developer lain.

Akan memberi satu game gratis tiap dua minggu

Sumber Gambar : neowin.com

Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat Epic Games Store nampak lebih menonjol dan terbilang lebih baik daripada yang lainnya.

Salah satunya adalah Epic berjanji akan memberikan satu buah game gratis setiap dua minggu sekali hingga akhir 2019.

Berbeda dengan game gratis dari Steam yag memiliki batas waktu untuk dimainkan, game gratis dari Epic Games Store ini tidak memiliki jangka waktu sama sekali.

Itu artinya setelah game gratis tersebut diunduh, gamer akan bisa benar-benar memiliki game itu selamanya.

Sistem bagi hasil yang lebih menguntungkan bagi developer

Sumber Gambar : lanereport.com

Selain menguntungkan bagi para gamer, Epic juga memberikan keuntungan lebih bagi para developer yang merilis game buatan mereka di Epic Games Store.

Mereka mengumumkan, bahwa Epic hanya akan mengambil bagian 12 persen dari pendapatan berbagai game yang dirilis didalam Epic Games Store.

Angka 12 persen ini tentunya jauh lebih rendah daripada Steam yang mengambil keuntungan sebanyak 30 persen.

Lebih hebatnya lagi, meskipun presentasi pendapatan yang diambil hanya 12 persen, namun Epic masih tetap untung.

Mendukung developer untuk bekerja sama dengan content creator

Sumber Gambar : quicktoptens.com

Bukan hanya gamer dan developer saja, Epic Games Store ini rupanya juga dapat menguntungkan bagi para content creator.

Epic secara terbuka telah mendukung developer untuk bekerja sama dengan para content creator (seperti Twitch streamer, blogger dan Youtuber) untuk mempromosikan game mereka.

Nantinya, para content creator ini bisa mendapatkan bagian dari pendapatan yang diperoleh dari Epic Games Store.

Epic juga berjanji bahwa mereka akan menanggung 5 persen pertama dari pendapatan content creator yang didapatkan dari game, selama 24 bulan pertama.