Error Update Windows 10 PC: 80244016, 8024402f atau c80003fa

windows 10 iso

Beberapa hari ini, sejak Microsoft merilis Windows 10 untuk PC secara publik, kami mendapatkan banyak pertanyaan mengenai masalah yang terjadi pada saat melakukan update. Pertanyaan-pertanyaan tersebut datang baik melalui kanal sosial media (facebook dan twitter), kolom komentar di blog ataupun email. Kami memang tidak membalasnya satu persatu, karena berbagai macam alasan. Tapi kami memperhatikan masalah-masalah yang kalian hadapi saat melakukan update.

Nah untuk tutorial kali ini, kami akan memberikan tips cara menghadapi error update Windows 10 dengan pesan kesalahan 80244016, 8024402f dan c80003fa. Mengapa saat update muncul kesalahan tersebut? hal ini dikarenakan koneksi internet terganggu antara PC kalian dengan server Windows Update.

Error Update Windows 10 80244016 dan

Pesan kesalahan ini biasanya terjadi buat kalian pengguna Windows 7 yang ingin beralih ke Windows 10. Jangan khawatir, solusinya cukup mudah, dan Microsoft sudah memberikan tool untuk memperbaikinya.

Dari PC, kalian cukup unduh program Windows Update Troubleshooter (klik disini). Jika sudah selesai, langsung jalankan program tersebut, dan biarkan program itu memindai dan memperbaiki kesalahan yang ada. Pemindaian ini akan berlangsung beberapa saat, jadi bersabarlah.

Jika pemindaian sudah selesai, maka program Windows Update Troubleshooter akan menampilkan keterangan beberapa kesalahan yang ada dan sudah diperbaiki (dengan tanda centang warna hijau dan status ‘fixed’). Setelah itu, kalian bisa masuk ke Windows Update dan silakan cek updatenya.

Ada beberapa pengguna yang harus menutup jendela Windows Update selama 15 menit terlebih dahulu sebelum kembali mengeceknya.

Nah buat kalian yang mengalami pesan kesalahan seperti di atas, kalian bisa mencoba cara ini. Jangan lupa beritahukan pengalaman kalian melalui kolom komentar.