5 Extensions Chrome untuk Hindari Link Jebakan Virus di Internet

Istilah ‘jebakan batman’ tentu tidak asing lagi bagi semua orang. Apalagi istilah tersebut kerap digunakan dalam berbagai forum tanah air.

Selain digunakan dalam berbagai forum tanah air, istilah jebakan batman juga kerap digunakan untuk berbagai link di internet, yang berpotensi menjadi tempat virus, konten berbahaya, atau hal tidak diinginkan lainnya.

Bila ingin terhindar dari linklink negatif seperti itu, kami akan memberikan 5 tips agar kalian dapat memeriksa terlebih dahulu link yang akan dibuka.

Dengan menggunakan 5 extensions untuk Chrome berikut, kalian dapat mengetahui sebuah link mengandung virus atau tidak, serta memastikan link dapat dibuka secara aman. Beberapa aplikasi tersebut antara lain:

VirusTotal Chromizer

Sumber Gambar : Gigazine

VirusTotal merupakan salah satu layanan terbesar dalam keamanan internet. VirusTotal menyediakan beragm fitur bagus yang sayang bila dilewatkan begitu saja.

VirusTotal mempunyai database yang kuat, dan berbagai fitur bagus seperti memeriksa link, hack, file, hingga alamat IP suatu website.

Bukan hanya itu, aplikasi secara khusus dapat membuat halaman informasi, yang berisi berbagai situs yang sebelumnya pernah diperiksa.

Dengan adanya folder berisi informasi website yang pernah diperiksa, menjadikan pengguna dapat mengetahui setiap info berkaitan halaman yang dicurigai mengandung link virus.

Download

Adblock Plus

Sumber Gambar : TNW

Dengan menggunakan layanan Adblock Plus, pengguna hanya perlu klik kanan pada link. Dengan begitu, aplikasi secara otomatis akan memeriksa seberapa aman link tersebut sebelum dibuka.

Terdapat fitur yang paling powerful dalam Adblock Plus. Fitur tersebut bernama ‘is it safe?’. Ini merupakan sebuah fitur, yang dapat memberi hasil pemeriksaan link dari 7 database antivirus berbeda kepada pengguna.

7 database tersebut berasal dari berbagai antivirus seperti Dr.Web, Avast, hingga Norton. Bukan itu saja, Adblock Plus akan memberi sebuah tombol khusus dalam pencarian Google. Dengan tombol tersebut, pengguna akan dapat memeriksa seberapa aman link yang ingin dibuka.

Download

ByteFence Secure Browsing

Sumber Gambar : MalwareLess

Seperti namanya, apabila kalian memasang extension ini ke dalam browser, maka kalian dapat memeriksa keamanan dari semua elemen, yang ada dalam sebuah website.

Layanan ini bahkan bisa memeriksa sebuah link aman atau tidak, file yang akan diunduh mengandung virus atau tidak, hingga memeriksa gambar dapat dilihat dengan aman atau tidak.

Extension ini mengandalkan berbagai database dari perusahaan antivirus terkenal seperti Avira, BitDefender, VirusTotal, Comodo Inspector, dll.

Download

Ipty.de/av

Selanjutnya terdapat layanan yang bernama ipty-de/av. Extension ini tidak kalah bagus dengan Dr.Web.

Layanan ipty-de/av dapat memberi berbagai informasi penting, seputar website yang pernah dibuka, beserta link yang ingin diperiksa.

Ipty-de/av mempunyai tampilan yang sederhana. Selain itu, cara penggunaan layanan ini juga lebih mudah. Hal tersebut membuatnya bisa diandalkan untuk menghindarkan pengguna dari virus di internet.

Download

Dr.Web

Sumber Gambar : Bukalapak

Yang terakhir terdapat extension dengan nama Dr.Web. Extension Dr.Web dapat dipasang dalam Google Chrome maupun Mozilla Firefox. Extension ini akan memberi tahu pengguna, daftar link yang bersih dari virus.

Setelah memasang extension tersebut ke dalam browser, maka setiap link yang dicurigai Dr.Web akan diperiksa lebih lanjut. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan klik kanan pada link, kemudian pilih ‘Check with Dr.Web.’

Selanjutnya, akan muncul sebuah halaman popup. Halaman tersebut akan memberitahu setiap informasi penting tentang keamanan link yang diperiksa.

Download

Itulah 5 layanan Chrome yang dapat kalian gunakan, agar terhindar dari link atau konten berisi virus. Apakah kalian punya rekomendasi ekstensi lain?

%d blogger menyukai ini: