Inilah Exynos 2200, Chipset Samsung dengan Arsitektur GPU AMD

Samsung Exynos 2200
Anom Penulis

Akhirnya Samsung mengumumkan chipset Exynos 2200 dengan GPU Samsung Xclipse yang dirancang berbasis arsitektur RDNA 2 dari AMD. Samsung membuat chipset ini agar bisa memberikan pengalaman gaming terbaik di smartphone.

Samsung mengumumkan kerjasama dengan AMD pada tahun 2019 untuk performa GPU di smartphone. Sejak itu, rumor chipset Samsung Exynos dengan GPU AMD bermunculan. Bahkan sampai awal tahun 2022 pun, kabarnya masih belum cukup jelas.

Sebelum ini, Samsung menjadwalkan pengumuman chipset Exynos 2200 ini pada tanggal 11 Januari 2022. Namun, hari itu berlalu tanpa ada kabar berarti.

Pada tanggal 18 Januari 2022, Akhirnya Samsung benar-benar mengumumkan chipset mutakhir mereka itu.

Proses 4nm dan Mendukung Ray Tracing

Exynos 2200 adalah chipset yang dibangun dengan proses EUV (extreme ultraviolet lithography) 4nm. Chipset octa-core ini memiliki struktur tiga kelompok , yaitu satu Arm Cortex-X2 flagship-core, tiga core Cortex-A710 dengan keseimbangan performa dan efisiensi, juga empat core Cortex-A510 untuk pemakaian daya efisien.

Yang menjadi sorotan dari chipset ini tentu saja GPU-nya. Exynos 2200 memiliki GPU bernama Samsung Xclipse. GPU ini menggunakan arsitektur RDNA 2 dari AMD yang punya performa tinggi sebagai dasarnya.

Bahkan Samsung menyebutkan kalau GPU ini mampu menghadirkan fitur ray tracing (RT) dan variable rate shading (VRS) di smartphone. Teknologi ini sebelumnya lazim kita temui di PC dan konsol.

Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML), Samsung juga memasang NPU dual-core dengan kemampuan dua kali lipat dibanding generasi sebelumnya.

Samsung juga menyematkan fitur canggih lain, seperti Integrated Secure Element (iSE) untuk enkripsi, dan 3GPP Release 16 5G modem yang mendukung sub-6GHz dan mmWave (millimeter Wave) untuk koneksi ekstra cepat.

Sedangkan untuk pengolahan gambar, Samsung meletakkan image signal processor (ISP) yang dirancang ulang, sehingga mendukung gambar sampai 200MP kamera tunggal dan kombinasi 64+36 MP untuk kamera ganda.

Untuk rekaman video, chipset ini mendukung resolusi sampai 4K HDR, [email protected] atau [email protected] Lalu ada pula dukungan codec AV1 untuk memutar video dari Netflix dan layanan streaming lain.

Segera Hadir di Smartphone

Samsung menyebutkan kalau chipset Exynos 2200 saat ini sedang dalam tahap produksi masal. Namun, bukan tidak mungkin jika seri ponsel Samsung Galaxy S22 (versi internasional) akan menggunakannya. Samsung Galaxy S22 sendiri kabarnya akan meluncur bulan Februari 2022.

Tentu akan menarik melihat bagaimana chipset ini bekerja di kondisi nyata. Apakah GPU dengan arsitektur RDNA 2 dari AMD ini akan memberikan dorongan performa lebih tinggi? Apakah chipset ini memang membuat gaming di smartphone lebih baik?

Kita tunggu saja.

    %d blogger menyukai ini: