Facebook Membeli Platform Animasi GIF GIPHY

giphy
Anom Penulis

Sebuah kabar menarik hadir. Facebook membeli perusahaan platform animasi GIF populer, Giphy. Berbagi meme animasi GIF akan jadi lebih mudah nantinya.

Sebelum ini rumor menyebutkan kalau Facebook dan Giphy sudah berdiskusi untuk sebuah kerja sama. Disebutkan kalau Facebook akan menaruhnya di bawah platform Instagram dan Giphy tetap bisa memakai nama mereka. Namun kemudian kenyataan yang terjadi cukup mengejutkan.

Akuisisi Giphy

Bukan main-main, Facebook merogoh kocek senilai $400 juta untuk mengakuisisi Giphy. Di situs resmi, Facebook menyebutkan kalau Giphy akan bergerak di bawah tim Instagram, seperti yang disebut rumor.

Facebook juga menyebutkan kalau layanan animasi GIF populer ini sudah hadir di platform milik mereka, baik aplikasi Facebook, Instagram, Messenger, dan WhatsApp. Bahkan 50% traffic Giphy hadir dari berbagai platform tersebut. Jadi cukup wajar akuisisi ini terjadi.

Raksasa media sosial ini berharap bahwa dengan menggabungkan Giphy di Instagram, pengguna bisa lebih mudah mencari dan memakai animasi GIF di Story dan Direct. Begitu juga di WhatsApp (kamu bisa menemukan animasi GIF sebgaai alternatif emoji).

Facebook merupakan perusahaan yang boleh dibilang sering jitu dalam membeli perusahaan lain. Tentu saja hal ini terlihat dari Instagram dan WhatsApp. Dengan akuisisi ini, Facebook berhasil menjadi raksasa titan media sosial.

Platform GIF

Giphy sendiri — walau populer — bukanlah aplikasi yang berdiri di garda depan. Mereka lebih bergerak berada di belakang dan menyuplai media sosial dengan konten animasi GIF dari pengguna. Giphy merupakan platform GIF yang populer, selain Gfycat dan Tenor.

Yang menarik, Google sudah lebih dulu melakukan langkah seperti ini. Google membeli platform GIF Tenor pada tahun 2018. Tenor sendiri sebelumnya pernah terintegrasi dengan WhatsApp.

Di Indonesia, pada tahun 2017, layanan Tenor dan sejenisnya pernah bermasalah dengan konten tidak senonoh. Kemenkominfo saat itu mengancam akan memblokir WhatsApp kalau konten GIF tidak dibersihkan. Sehari berikutnya Tenor diblokir di Indonesia dan WhatsApp tetap berfungsi.

Kembali ke Giphy, platform ini selain berupa situs juga memiliki aplikasi tersendiri. Baik Giphy Sticker untuk mencari dan berbagi animasi GIF, maupun aplikasi Giphy Capture di Mac untuk membuat animasi GIF. Dengan akuisisi ini, tentu kita bisa mencari animasi GIF dari Giphy dengan lebih mudah baik di Facebook, Messenger, Instagram, maupun WhatsApp.

    %d blogger menyukai ini: