Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Facebook Connect Tidak Tersedia Lagi

Anom Penulis

Kabar kurang sedap berkumandang. Facebook Connect tidak tersedia lagi untuk Windows, Windows Phone, dan beberapa layanan Microsoft lain. Sebuah fitur yang menjadi favorit pengguna Windows Phone hilang sudah.

Untuk yang belum mengenal Facebook Connect, fitur ini adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita menerima update informasi dari Facebook secara berkala, melihat konten dari facebook, dan berbagi ke Facebook dengan mudah. Contoh paling mudah adalah sinkronisasi kontak di Windows Phone kita dengan teman-teman Facebook. Semua informasi teman-teman kita–dari nomer telpon, alamat email, sampai foto–bisa didapat dengan mudah tanpa harus bersusah payah.

popculture.id

Menurut Microsoft, hilangnya Facebook Connect ini disebabkan karena berubahnya Graph API Facebook. Hal yang disebut terakhir merupakan sarana Microsoft untuk menghubungkan Facebook dengan layanannya.

Facebook has made an update to their Graph API that will impact Microsoft apps and services. Facebook’s Graph API is the tool that we use to connect your Microsoft account to Facebook.

Office Support

Lalu, layanan dan aplikasi apa saja yang kena imbasnya? Microsoft juga memberikan daftarnya. Berikut layanan dan aplikasi dari Microsoft yang tidak lagi didukung Facebook Connect:

  • Kontak di Outlook.com
  • Sinkronisasi Kalender di Outlook.com, Windows , Windows Phone dan Office 365
  • Aplikasi People Windows 8.1
  • Aplikasi People Windows 8
  • Aplikasi Kalender Windows 8 dan Windows 8.1
  • Galeri Foto Windows 8 dan Movie Maker
  • Aplikasi Foto Windows 8
  • Aplikasi Foto Windows Phone 7 dan 8
  • OneDrive di Windows Phone 7 dan 8
  • Foto di Windows Phone 7 dan 8
  • Kalender dan Kontak di Windows Live Essentials
  • OneDrive Online
  • Outlook Social Connector di Outlook 2013
  • Aplikasi Web Office 365 Outlook

Pengguna Windows, Windows Phone atau layanan Microsoft lain yang disebut di atas, tidak akan bisa terhubung dengan Facebook. Sementara pengguna lama, mungkin masih terhubung, tapi tidak akan mendapat update informasi baru.

Agar lebih jelas, yang sudah tidak didukung lagi adalah sinkronisasi data (baik informasi maupun media) dari Facebook melalui aplikasi bawaan atau layanan tersebut di atas. Misalnya melihat status terbaru gebetan dari aplikasi People di Windows Phone (What’s New), atau informasi tanggal ulang tahun dari Facebook di aplikasi kalender Windows Phone. Untuk melakukan semua itu, kita harus menggunakan aplikasi Facebook.

Walau hilangnya Facebook Connect ini juga berimbas pada Windows dan layanan lain, pengguna Windows Phone dari versi 7–seperti saya–pasti sudah kenyang dengan hal semacam ini. Satu demi satu fitur Facebook yang ‘ditanam’ berkurang. Mulai dari update status dengan mudah, upload foto dengan mudah, memantau timeline dengan mudah, sampai hilangnya fitur Facebook Messenger dari aplikasi Pesan (SMS). Sebenarnya hal itu bisa juga dimaklumi. Facebook pastinya ingin meningkatkan jumlah penggunaan aplikasi mereka.

Catatan: Saat tulisan ini dibuat, saya masih bisa mengakses newsfeed Facebook dari People Hub.

Penulis
  1. Makin maju perkembangan microsoft, tapi makin mundur untuk windows, terutama windows phone. Dulu OS Amber, Black tampilan emng tidak sebagus OS 10, tapi untuk Photos dan People Hub jauh lebih bagus lebih simple daripada membuka aplikasi facebook, tampilan standart tapi lebih mudah terjangkau, lebih cepat loadingnya, lebih nyaman, membuat hal ini menjadi perbedaan yang mencolok dengan platform lain, Aplikasi yang hanya ada di platform Windows Phone ( Lumia ) kinipun beterbangan ke OS Tetangga, lalu apalagi nanti yang terjadi, matikah windows phone/windows 10 mobile?? Sabar sabar sabar…

  2. Ya itu mah kebijakan facebook, bukan salah Microsoft nya.
    Semoga saja pihak Microsoft dapat mengobati ke kecewaan penggguna WP dgn menambahkan fitur baru yg tidak kalah canggih dgn Facebook Connect tsb.

  3. malahan skarang lagi perang dunia ke-4 mas….. coba deh liat di global tv tiap hari jam 5 sore mass….. tapi untungnya itu bukan gara2 microsoft…. tapi gara2 uciha madara masss…. !!!! … hahahaha

  4. setelah mencoba Windows phone 8.1 dan Windows 10 Mobile, ternyata sekarang saya merindukan Windows phone 8 amber. oohhh……..

  5. udah dikirim pemberitahuan dari tim microsoft. layanan tersebut akan berhenti tanggal 9 kalo gak salah. ditunggu windows 10. 🙂

  6. Ga masalah sih, cara lain kan ada tinggal subscribe newsfeed via push notification email, aktual jg feednya..

    @anom n @afit, saran mas klo bisa tiap artikel d kasih keterangan jam pas upload artikelnya. Thanks

  7. Entah kenapa perasaan saya mengatakan bakalan ditinggalin ya ni OS. Masalahnya beberapa fitur uniknya sudah dpt digunakan di OS tetangga, seperti cortana dan kawan2nya.
    Hadehhhh.
    Ya semoga ini hanya perasaan saya saja.

  8. Ada yg bisa tolongin, lumia 520 saya stuck di UNABLE TO FIND BOOTABLE OPTION. Nah saya udh coba flash pakai Nokia Software Updater udh selesai donlot firmware nya yg kurang lebih 1.5GB pas mau instal malah hasilnya ERROR, DEVICE NOT SUPPORTED. udah sya ulang2 puluhan kali sama aja gitu jwabannya. Sya jg udh coba flash pakai NOKIA CARE SUITE hasilnya sama aja ERROR. tolongin.., Urgent..

  9. udah gak bisa itu gan, punya saya juga pernah gt, satu2nya cara dibawa ke NCC surabaya. (ane ke udah 1 NCC & 6 tempat servis) katanya harus ganti board, biayanya sekitar 600- 800 rb. saran ane mending beli baru aja, lumia 520 baru sekarang harganya cm 800rb
    itu emang problem di lumia low end, banyak yg rusak kayak gt juga kata mbak2nya NCC.

  10. jangan sampai suatu hari nanti nasibnya windows phone berakhir sama seperti blackberry…lagian sudah lama juga tidak mainan facebook

  11. microsoft??? aku merindukan nama NOKIA ketimbang microsoft, butuh waktu 10 tahun lagi untuk bisa melihat nama NOKIA lagi. yang sekarang udah gak keluar nama NOKIA di jajaran gadget elite. yang ada hanya gadget bekas. yah semoga microsoft tidak mematikan pasar gadget nya.

  12. mau downgrade aja ke portico, kamera lebih yahud, dan ss masih 4s

Yuk komen

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    %d blogger menyukai ini: