Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Facebook Messenger Lebih Sederhana dengan Fitur Baru

Facebook memang terus menunjukan eksistensinya, dari hari ke hari Facebook terus menerus melakukan pengembangan terhadap fitur-fitur yang ada.

Pembaruan fitur kini hadir untuk Messenger. Akhirnya fitur percakapan dari Facebook ini mengalami pengembangan juga.

popculture.id

Facebook Messenger berbeda dengan messenger pada umumnya, sebenarnya fitur ini adalah fitur yang tersambung dengan platform Facebook.

Namun dengan adanya persaingan yang begitu ketat antara aplikasi percakapan yang lainnya, akhirnya Facebook membuat Facebook Messenger menjadi aplikasi tersendiri.

Baru-baru ini kabarnya Facebook sedang mengembangkan fitur Facebook Messenger ini menjadi lebih sederhana.

Itulah yang sampai saat ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna teknologi.

Bagi kalian pengguna Facebook Messenger tentu penasaran kan apa saja fitur-fitur terbaru yang dimiliki Facebook Messenger ini?

Nah, untuk menjawab rasa penasaran kalian, dibawah ini akan dijelaskan mengenari fitur-fitur terbaru daru Facebook Messenger.

Tiga tabulasi ketimbang sembilan

Sumber Gambar : Business Insider

Pembaruan pertama yang terjadi dari Facebook Messenger ini adalah penyederhanaan fitur-fiturnya.

Meskipun pengulangan desain Messenger terbilang cukup menarik, namun kali ini Facebook memilih untuk membuat fiturnya menjadi lebih sederhana ketimbang harus kebanyakan fitur-fitur yang tidak terlalu dibutuhkan.

Jika sebelumnya Facebook Messenger memiliki sembilan tabulasi, namun dalam pembaruannya kali ini, Facebook hanya membuat tiga tabulasi yang dapat digunakan.

Tiga tabulasi tersebut meliputi, Chats tab ( untuk menampilkan segala percakapan yang kamu lakukan), people tab ( untuk mengetahui siapa saja yang sedang online, dan selanjutnya discover tab ( untuk menampilkan chat yag lebih terfokus pada dunia bisnis).

Pengguna yang semakin banyak

Sumber Gambar : Digital Trends

Adanya pembaruan untuk Facebook Messenger ini salah satu alasannya adalah, karena penggunanya yang semakin banyak setiap harinya.

Untuk memenuhi kapasitas tersebut, mau tidak mau Messenger memang harus mengalami pengembangan.

Selain itu dengan adanya pengembangan juga membuat Facebook Messenger ini jadi lebih mudah digunakan. Jadi kecintaan pengguna pada Messenger akan terus terjaga.

Memang pada awalnya aplikasi Facebook Messenger ini memang tidak sesederhana seperti aplikasi yang sudah dibuat Facebook pada umumnya, jadi tak heran jika sekarang Messsenger harus dikembangkan menjadi lebih sederhana dan efektif.

Hanya perlu menggeser

Sumber Gambar : Business Insider

Hal lain yang menjadi pengembangan dari Messenger ini adalah tentang sistem penggunaanya.

Jika dulu ketika kamu ingin mengirimkan pesan atau melakukan panggilan video, pasti kamu harus mengetuk nama temanmu beberapa kali hingga akhirnya Messenger memberikan opsi untuk mengirim gambar atau memulai panggilan video.

Namun kali ini, hal seribet itu tidak akan kamu temukan lagi di Messenger yang terbaru. Sekarang kamu hanya perlu menggeser nama temanmu ke kanan untuk bisa mengirm gambar atau melakukan panggilan video.

Terlihat lebih simpel dan mudah bukan?

Ikon yang untuk menandakan percakapan

Sumber Gambar : androidpit.fr

Pembaruan tersebut juga terjadi pada ikon percakapan yang ada di Messenger. Dalam hasil pengembangannya, Messenger kali ini juga menambahkan ikon di setiap percakapan yang terkirim.

Adanya ikon tersebut sebagai tanda apakah percakapanmu tersebut memiliki  video call atau hanya game di dalamnya, jadi kamu akan bisa membedakan mana chat yang penting dan mana yang hanya spam saja.

Stories yang dapat diakses via chat

Sumber Gambar : Mashable

Dan hal yang paling menyedot perhatian masyarakat adalah dengan adanya Facebook Stories, fitur ini menjadi fokus terbesar dari platform tersebut.

Menurut laporan yang telah diterima Facebook ,lebih dari 300 juta orang tiap harinya telah menggunakan Facebook Stories ini.

Dengan keberhasilan Facebook Stories, akhirnya Facebook juga menerapkan fitur tersebut di Messenger. Fitur ini dapat diakses melalui chat dan people tab.

Adanya fitur stories ini dilambangkan dengan adanya lingkaran kecil pada chat dan besarnya kotak pada people tab.

    %d blogger menyukai ini: