Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Mencoba Aplikasi Facebook Windows 10 Mobile dari Facebook

facebook windows 10 mobile download
Anom Penulis

facebook windows 10 mobile download

Kehadiran aplikasi Facebook Windows 10 Mobile buatan Facebook sendiri sebentar lagi akan menjadi kenyataan. Aplikasi ini sekarang masih dalam tahap beta, dan sudah bisa diunduh di region tertentu. Dengan catatan, kalau kalian tidak keberatan bertemu dengan bugs atau kendala lainnya.

popculture.id

Sekedar nostalgia, aplikasi Facebook, Messenger, dan Instagram merupakan aplikasi yang dijanjikan oleh Mark Zuckerberg dalam dukungannya untuk Windows 10. Hal ini diumumkan oleh Terry Myerson di acara Windows 10 Device Oktober tahun lalu. Ketiga aplikasi tersebut merupakan pengalihan aplikasi iOS ke Windows 10 menggunakan Osmeta (bukan Islandwood).

Kemunculan aplikasi Facebook (beta) Windows 10 Mobile ini menyusul kemunculan aplikasi Messenger (beta) yang sudah hadir terlebih dahulu. Sedangkan aplikasi Instagram sudah melepas masa beta-nya, bahkan sudah mengadopsi perubahan tampilan Instagram terbaru.

Perbedaan Nyata Facebook Windows 10 Mobile

Aplikasi Facebook Windows 10 Mobile dari Facebook memiliki tampilan yang berbeda dengan buatan Microsoft. Bisa dibilang 90% berbeda. Salah satu perbedaan terbesar adalah letak header halaman/tab (feed, friend request, notifications) dan tombol status (termasuk media dan check-in). Kalau aplikasi buatan Microsoft, header berada di atas (ada fungsi pivot), dan status di bawah. Sedangkan aplikasi dari Facebook kebalikannya (tidak ada fungsi pivot).

perbandingan facebook buatan microsoft dan facebook

Namun tentu saja, perubahan terbesar terletak pada fitur aplikasinya. Aplikasi buatan Facebook ini memiliki fitur yang JAUH lebih lengkap dari pada buatan Microsoft yang kita gunakan sekarang. Sekedar catatan, hal ini bukan karena developer Microsoft tidak kompeten, tapi lebih berhubungan dengan batasan perusahaan.

Sebagai contoh, kita bisa menggunakan tombol reaksi baru (angry, sad, wow, haha, yay dan love), menambah filter di foto, dan mengisi Feeling saat membuat status. Kita juga bisa mengakses halaman On This Day (hari ini di masa lalu) dan bisa menyembunyikan notifikasi (swipe ke kiri) kalau tidak ingin melihat notifikasi yang membanjir.

new-like-feeling-status-facebook

notification memories facebook

Bagaimana performanya?

Terus terang, saya (dengan Lumia 930) belum mencoba banyak hal, baru beberapa hal mendasar saja (seperti saya sebut di atas). Sejauh ini saya belum mengalami crash atau freeze. Membuat status dan upload foto juga berjalan lancar.

Namun, sama seperti aplikasi Instagram, scroll timeline masih terasa cukup lambat, tidak sehalus yang diharapkan. Selain itu, sinkronisasi kontak juga belum tersedia. Demikian pula dengan live tile  dan notifikasi interaktif (actionable notification).

Tapi toh aplikasi Facebook Windows 10 Mobile ini masih tahap beta. Jalannya masih jauh. Kalau melihat perkembangan Instagram, kita bisa berharap perbaikan dan penambahan fitur akan datang secara bertahap.

***

Kalian yang ingin mencoba aplikasi Facebook Windows 10 Mobile dari Facebook Inc. bisa mendapatkannya melalui link ini. Sedangkan Messenger (beta) bisa melalui link ini. Namun, kalian harus pindah region dulu (ke Jerman misalnya). Nah, selamat mencoba, dan silakan berbagi pengalaman.

Edit: Ternyata live tile berfungsi.

    %d blogger menyukai ini: