10 Fakta iPhone SE (2020) Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membelinya

iphone se 2020 red

iPhone SE (2020) menjadi pembicaraan hangat karena harganya yang terjangkau tapi disebut cukup ampuh untuk dipakai sehari-hari. Benarkah begitu? Di sini kami membahas beberapa fakta iPhone SE (2020) sehingga kamu bisa punya referensi yang lebih baik sebelum membelinya.

Jadi, apa saja yang perlu diketahui soal iPhone SE (2020)?

1. Punya chipset yang sama dengan iPhone 11

Ya, iPhone SE (2020) memakai chipset A13 Bionic sama seperti lini iPhone 11. Artinya, ponsel ini punya umur yang cukup panjang. Termasuk di antaranya dukungan update iOS mendatang.

2. Tidak punya chip U1

Keping U1 merupakan bagian dari teknologi ultra-wideband, yang akan memahami posisi perangkat Apple lain yang juga memiliki keping U1 secara presisi. Artinya, iPhone SE (2020) tidak akan sebagus iPhone 11 dalam pemakaian AirDrop atau pemetaan dalam ruang (indoor mapping).

3. Antena nirkabel bukan yang tercepat

iPhone SE (2020) memang mendukung teknologi Wi-Fi 6 dan gogabit-class LTE. Namun antena yang ada tidak sama dengan iPhone 11. Sementara iPhone 11 memakai 4×4 MIMO, iPhone SE (2020) menggunakan 2×2 MIMO. Jadi kecepatan internet tidak secepat iPhone 11.

4. Ukurannya tidak besar

Ponsel terbaru pertama dari Apple di tahun 2020 ini memiliki layar 4,7 inci, sama seperti iPhone 8. Jadi ukurannya tidak sebesar ponsel pada umumnya saat ini. Yah, sedikit lebih kecil dari iPhone 11.

perbandingan iphone 11 dan iphone 8
gambar: Phone Arena

5. Bagian depan berwarna hitam

Fakta iPhone SE (2020) ini cukup menarik. Ponsel ini hadir dalam tiga varian warna: Hitam, putih, dan (Product)Red. Namun apa pun warna yang kamu pilih, bagian depannya tetap berwarna hitam (termasuk pilihan warna putih).

iPhone ini menjadi satu-satunya perangkat dengan tombol Home yang tidak memiliki bagian depan putih. Paling tidak sejauh ini.

6. Touch ID bukan Face ID

Seperti kamu lihat, iPhone SE (2020) memiliki tombol Home yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari untuk Touch ID. Bukan hal yang buruk. Apalagi kalau kamu lebih suka memakai sensor sidik jari daripada otentikasi pengenalan wajah.

7. Tidak bisa Memoji dan Animoji

Konsekuensi lain dengan tidak adanya Face ID, kamu tidak bisa menggunakan Memoji atau Animoji di iPhone SE (2020). Ya, karena teknologi 3D scanning yang dipakai di Face ID juga menjadi dasar penggunaan Memoji dan Animoji.

8. Bisa menggunakan aplikasi AR

Ya, iPhone SE (2020) bisa menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Jadi kamu bisa memakai aplikasi dan game yang memanfaatkan teknologi AR ini.

gamber: Apple

9. Kamera Belakang mendukung Portrait Mode

Kamera iPhone SE (2020) merupakan kamera wide-angle yang sama seperti yang ada di iPhone 11 (12MP). Yang menarik, walau hanya satu kamera, ponsel ini mendukung Portrait Mode, 6 efek pencahayaan, dan Smart HDR. Sama seperti iPhone XR.

Hanya saja, Portrait Mode cuma bekerja jika mengenali wajah seseorang. Lalu tidak ada Portrait Mode di kamera depan.

10. Kapasitas baterai relatif kecil

Apple jarang menyebutkan secara persis kapasitas baterai di iPhone. Untuk iPhone SE (2020), Apple menyebutkan kalau kapasitas baterainya hampir sama dengan iPhone 8. Yaitu mampu bertahan sekitar 13 jam untuk memutar video offline, 8 jam untuk streaming video, dan 40 jam untuk memutar musik.

Kalau kamu menelisik internet, kamu akan menemukan kalau kapasitas baterai iPhone SE (2020) adalah sekitar 1821mAh.

%d blogger menyukai ini: