Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Fakta Penting Mark Zuckerberg yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Siapa sih di era digital seperti sekarang ini yang tak menggunakan sosial media? Hampir semua orang yang memiliki smartphone pasti memiliki sosial media. Dan salah satu sosial media yang paling banyak digandrungi masyarakat adalah, Facebook.

Facebook menjadi salah satu sosial media paling populer hingga saat ini.

popculture.id

Hadirnya Facebook tentu tak lepas dari sosok yang bernama Mark Zuckerberg. Siapa sih sosok yang sangat terkenal ini?

Mark Zuckerberg adalah sang pendiri Facebook sekaligus CEO dari Facebook itu sendiri. Ia kerap menjadi perhatian media tentang apapun yang berhubungan denga Facebook, terutama mengenai kasus kebocoran data yang baru-baru ini terjadi.

Lalu bagaimana sebenarnya sosok Mark Zuckerberg ini? bagaimana ia bisa begitu berhasil mendirikan Facebook? Fakta lain apa saja yang belum kita ketahui tentang Mark Zuckerberg ini?

Nah, di bawah ini adalah beberapa fakta menarik tentang Mark Zuckerbeg yang tidak banyak orang ketahui.

Sudah melakukan programming sejak kecil

Sumber Gambar : Childhood Biography

Mark Zuckerberg bisa dibilang seorang yang sudah sangat jenius sejak lahir, bahkan saking cerdasnya ia mampu membuat program untuk ayahnya saat usianya menginjak 12 tahun.

Program yang diberi nama Messenger ini dibuat khusus untuk ayahnya yang bekerja sebagai dokter gigi.

Program buatan Mark ini mampu membuat seorang resepsionis mengetahui pasien baru tanpa perlu lagi berteriak dari dalam kantor.

Dikejar-kejar perusahaan besar

Sumber Gambar : GeeksFarm Indonesia – WordPress.com

Saat begitu banyak orang sibuk mencari pekerjaan setelah lulus sekolah, tentunya hal ini tak berlaku bagi Mark Zuckerberg.

Ia bahkan sudah ditawari masuk ke perusahaan besar saat ia masih duduk dibangku sekolah, Microsoft memang sudah mengincar Mark untuk diajak bergabung dengan mereka.

Alasan Microsoft tertarik mengajak Mark adalah, karena ia mampu menciptakan aplikasi yang diberi nama Synapse Media Player. Aplikasi ini mampu membuat penggunanya menciptakan playlist-nya sendiri.

Penawaran dari perusahaan besar ternyata tak menggoyahkan Mark, ia menolak tawaran itu begitu saja. Hal yang sama pun dilakukan Mark ketika ia juga ditawari untuk bergabung dengan perusahaan AOL.

Memiliki banyak proyek sebelum Facebook

Sumber Gambar : Business Insider

Sebelum sukses dengan Facebook-nya, sebelumnya Mark juga pernah membuat berbagai macam aplikasi. Salah satu contoh aplikasinya adalah CourseMatch, aplikasi ini ternyata digunakan sebagai aplikasi pembelajaran untuk siswa Harvard.

Aplikasi Cousematch ini dapat membuat para siswa Harvard memilih kelas yang banyak diminati teman-temannnya.

Dan program lain yang dibuat Mark adalah, Facemash. Aplikasi Facemash ini dapat membuat para siswa Harvard dapat melihat siswa di sana untuk melihat manakah hal yang lebih menarik dipilih.

Namun sayangnya, aplikasi ini akhirnya ditutup oleh pihak Harvard karena dianggapnya tidak pantas.

Orang terkaya dengan gaji terendah

Sumber Gambar : MarketWatch

Meskipun Mark sendiri yang menjadi CEO Facebook, dan sekaligus telah dinobatkan Forbes sebagai salah satu orang terkaya di dunia, namun kenyataannya ia hanya memiliki gaji U$1 setiap tahunnya. Ini sama saja dengan Rp. 16.000 pertahun. Cara yang dilakukan Mark Zuckerberg ini sama halnya dengan yang dilakukan oleh Steve Jobs, yaitu mantan CEO Apple Inc.

Buta warna

Sumber Gambar : firstpost.com

Tak banyak juga orang yang mengetahui, jika Mark Zuckerberg menderita buta warna untuk warna merah dan hijau. Warna yang paling bisa dilihatnya dengan jelas adalah warna biru, itulah sebabnya mengapa logo Facebook didominasi oleh warna biru.

    %d blogger menyukai ini: