Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Inilah 5 Fakta Menyeramkan Google

Indri Penulis

Zaman digital saat ini memang membuat manusia seolah tidak terbatas dengan internet. Semua hal yang dilakukan juga hampir selalu membutuhkan internet.

Keberadaan internet terbukti sangat membantu segala aspek kehidupan. Tidak terkecuali dalam memperoleh informasi.

popculture.id

Untuk memperoleh berbagai informasi, manusia kerap menggunakan Google. Google semacam mesin pencari, yang akan memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan seseorang.

Hal inilah yang membuat manusia mayoritas mengenal Google. Sebuah raksasa teknologi yang mempunyai search engine terkemuka di dunia ini, paling banyak digunakan orang di dunia.

Apalagi semenjak beberapa waktu lalu muncul smartphone Android. Sudah pasti beragam layanan Google dapat dinikmati dengan mudah.

Ada banyak hal menyenangkan, yang dapat dilakukan baik melalui desktop atau sebuah perangkat Android. Orang dapat menemukan game, hiburan, dan hal menarik lainnya dalam mesin pencari Google.

Namun dibalik kesenangan menggunakan Google, terdapat banyak hal menakutkan dari Google yang belum diketahui banyak orang.

Salah satunya adalah, segala aktivitas pengguna di dunia maya selalu disimpan rapi oleh Google. Hal ini tentu sangat meresahkan, terlebih bila kalian takut dimata-matai.

Pada kesempatan ini, kami telah merangkum beberapa hal menyeramkan dari Google. Berikut ulasan selengkapnya:

Sumber Gambar : Pixels Talk

Google Akan Melacak Apapun Ketika Pengguna Tengah Online

Google dan juga website pengiklan, tentunya sudah tahu siapa pengguna ketika online. Bahkan tanpa sign-in pun, Google tetap bisa menyimpan riwayat atau apa saja yang kalian sukai.

Hal tersebut sangat relevan, ditambah dengan adanya cookies dan informasi dari Google Adsense maupun Google Analytics. Kemana pun pengguna pergi, Google tetap dapat melacak lokasi.

Oleh sebab itu, jangan heran apabila kalian mengakses sebuah website. Di dalam website tersebut, muncul iklan yang tidak relevan dengan isi website, namun justru mengarah pada website toko online fashion yang sering kalian kunjungi (misalnya).

Tidak Menggunakan Akun Google Bukan Sebuah Jaminan

Mungkin beberapa dari kalian sempat berpikir, bila tanpa menggunakan sebuah email atau akun Google, tidak akan mudah terlacak.

Namun kenyataannya tidak seperti itu. Sebab Google tetap menguasai internet, bahkan ketika pengguna tidak melakukan sign-in sekali pun.

Oleh sebab itu, cobalah lakukan pencarian video melalui YouTube. Jangan sign-in terlebih dahulu pada YouTube.

Beberapa saat kemudian, Google pasti akan memberikan rekomendasi video, yang mungkin akan kalian suka bukan? Hal tersebut tentu berdasarkan anilisis perilaku pengguna internet secara spesifik.

Pengguna Google Tidak Bisa Menyimpan Rahasia

Google seolah-olah hampir mendominasi dunia. Hal tersebut membuat rahasia pengguna dapat dengan mudah diketahui oleh Google.

Berbagai hasil pencarian pengguna di dunia maya, bila bisa dijadikan sebagai benang merah tentu akan menunjukkan rahasia pengguna.

Mungkin bila kalian gemar berolahraga, ingin melakukan diet, atau hal lain yang lebih spesifik, mungkin bisa mengerikan jika orang lain mengetahuinya.

[irp posts=”56776″ name=”5 Fakta Mencengangkan Tentang Game Offline” Dinosaurus di Google Chrome”]

Apabila Tidak Menggunakan Google, Pihak Lain akan Memberi Data Pada Mereka

Jika kalian berpikir menggunakan browser lain aman, mungkin hal tersebut harus dikoreksi. Sebab kini banyak perusahaan lain yang menyerahkan data mereka kepada Google.

Bahkan beberapa browser lain seperti Apple Safari dan Mozilla Firefox, juga telah menggunakan data blacklist milik Google.

Database pengguna akan tetap tersimpan rapi, meskipun menggunakan berbagai produk non-Google seperti Apple sekalipun.

Pengguna Tidak Akan Tahu Jika Tengah Dilacak Google

Dalam sebuah riset, Google setidaknya telah memantau 90% pengguna internet dari seluruh dunia. Hampir semua hal dapat diketahui oleh Google dengan mudah.

Google tidak hanya dapat mengetahui nama, namun juga dapat melacak IP Address pengguna. Selain itu Google juga dapat mengetahui lokasi, dan memasang identifier cookie di komputer. Hal ini akan memudahkan mereka dalam melacak pengguna.

Hal tersebut menandakan, bahwa hampir semua informasi akan dikumpulkan oleh Google. Bahkan pengguna Google sama sekali tidak akan menyadari hal ini.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan informasi tersebut, dapat membuat kita lebih berhati-hati dalam menggunakan internet. Gunakan internet dengan cara yang bijak, agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

    %d blogger menyukai ini: