8 Fakta Qlue: Aplikasi Mobile Petama yang Menyelesaikan Masalah Perkotaan

Banyaknya permasalahan yang menghinggapi ibu kota Jakarta membuat pemerintah akhirnya meluncurkan aplikasi mobile yang memudahkan warga Jakarta dan sekitarnya untuk berkomunikasi dengan pemerintah maupun swasta.

Dengan aplikasi ini, ketika kamu melihat permasalahan pada sarana publik di Jakarta, seperti jalanan berlubang, parkir, buang sampah sembarangan, penyalahgunaan trotoar dan lainnya kamu bisa melaporkannya.

Bapak Rama Raditya, selaku founder Qlue, berkesempatan hadir menjadi pembicara di seminar Public Safety Indonesia Conference & Expo 2019, menjelaskan secara langsung apa itu Qlue.

Untuk lebih jelasnya lagi, mari simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Qlue?

Sumber Gambar : qlue.co.id

Ide pembuatan Qlue sudah aja sejak tahun 2014 karena melihat permasalahan sampah, banjir, kemacetan dan keamanan yang tidak membaik.

Qlue sendiri merupakan mobile apps pertama yang menginisiasi konsep smart city di Jakarta melalui pelaporan warga dengan menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) dan IoT (Internet of Things) dengan menempatkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

Apa yang membedakan Qlue dengan aplikasi lain?

Sumber Gambar : instagram/@qluesmartcity

Jika kamu mengira aplikasi ini buatan luar negeri, kamu salah besar. Founder dari Qlue sendiri merupakan orang Indonesia, sehingga sudah pasti made in Indonesia.

Dengan banyaknya masalah yang ada di Indonesia Qlue diharapkan mampu memberikan solusi yang cepat dan tepat untuk menangani permasalahan yang dihadapi.

Misi pembuatan Qlue

Sumber Gambar : IDN Times

Bekerja sama dengan banyak instansi maupun organisasi untuk mengakselerasi perubahan yang positif.

Qlue tetap ingin fokus dengan misi utamanya, yakni mengembangkan platform komunikasi publik dengan pemangku kepentingan di daerah masing-masing.

Namun Qlue juga sedang terus berinovasi mengembangkan produk smart city berbasis IoT khususnya untuk diterapkan di wilayah perkotaan.

Bagaimana cara kerja aplikasi ini?

Sumber Gambar : detikNews

Data lapangan didapat dari hasil pelaporan masyarakat secara langsung, maupun CCTV provider. Selanjutnya, data masuk melalui aplikasi petugas lapangan terdekat sesuai dengan tanggung jawabnya.

Qlue tidak lagi menggunakan alur kerja masuk ke comment center lalu menelepon untuk mencari petugas.

Pemanfaatannya di bidang stranger detection

Sumber Gambar : youtube/Rama Raditya

Selain menjadi ajang untuk pengaduan keluh kesah warga, aplikasi ini juga punya manfaat lainnya yaiut dapat mengenali orang-orang yang seharusnya berada pada ruangan tertentu.

Jika didapati stranger/orang asing, akan ada peringatan yang dikirimkan ke petugas terdekat. Pemanfaatan ini sudah dilakukan di pabrik, properti, apartemen maupun perumahan.

Pemanfaatannya di bidang keamanan

Sumber Gambar : IDN Times

Aplikasi Qlue ini telah digunakan di berbagai pabrik untuk absensi. Aplikasi Qlue dinilai terbukti efisien. Biasanya absensi memakan waktu hingga dua jam bahkan bisa lebih

Namun setelah menggunakan aplikasi ini, hanya dalam hitungan menit, pegawai sudah masuk ke pabrik.

Pemanfaatannya di bidang transportasi

Sumber Gambar : youtube/Rama Raditya

Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Pemerintahan Kota tertentu dapat membantu menangani masalah parkir liar. Sehingga, patroli yang biasa digunakan dapat berkurang dan memangkas biaya operasional.

Kedepannya akan ada smart speaker, yang berfungsi untuk memberitahu pemilik kendaraan bahwa telah parkir di tempat yang salah. Caranya adalah dengan memberikan informasi deskripsi yang sangat lengkap.

Manfaat yang dirasakan setelah menggunakan aplikasi Qlue

Sumber Gambar : Merdeka.com

Sejak diluncurkan pada tahun 2015, Penggunaan aplikasi Qlue yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta mulai dirasakan manfaatnya oleh warga Ibukota.

Pertama, mengurangi titik banjir yang awalnya berjumlah 8000 menjadi 400 titik. Kedua, pungli berkurang sejauh 72 persen. Ketiga, membantu instansi maupun badan organisasi dalam menentukan budgeting palnning.

Keempat, meningkatkan kepercayaan masyarakat secara signifikan terhadap kinerja pemerintah. Kelima, membantu memulihkan kota yang terkena bencana alam dengan cepat.

Hadirnya aplikasi ini tentu sangat membantu pemerintah dalam mendapati dan memecahkan masalah yang ada.

Nah, jika kalian baru tahu dan belum mengunduh aplikasi ini, segeralah unduh di handphone kalian ya, agar tempat tinggal kalian berkembang ke arah yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

More Stories
Game Pororo Pinguin Akhirnya Hadir di Store