Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Fakta Menarik Tentang Samsung yang Tak Banyak Orang Ketahui

Berbicara mengenai Samsung, sebenarnya perusahaan teknologi terbesar di Korea Selatan ini memiliki sejarah yang cukup unik, dimana semua itu berawal dari tahun 1938.

Pada awalnya, perusahaan yang didirikan oleh Lee Byung-chul ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan produk lokal serta mie.

popculture.id

Dan seiring berjalanya waktu, Samsung semakin menemukan jati dirinya di bidang lain yang jauh lebih besar.

Akhirnya Samsung pun sukses di bidang teknologi. Bahkan sampai sekarang Samsung telah menjadi perusahaan elektronik yang paling disegani di dunia, dengan perkembagannya yang sangat dignifikan dari tahun ke tahun.

Untuk mengenal lebih jauh lagi tentang Samsung, berikut adalah fakta menarik dari Samsung yang tidak diketahui bayak orang.

Samsung mempekerjakan lebih dari 489.000 karyawan

Sumber Gambar : Techno Okezone

Sejatinya Samsung bukanlah hanya sekedar produsen elektronik dan smartphone. Samsung Group sendiri bahkan memiliki lebih dari 70 perusahaan, dengan induk perusahaan yang terletak di Korea Selatan.

Berpuluh-puluh perusahaan dari Samsung tersebut bergerak di berbagai bidang yang cukup variasi, mulai dari konstruksi, jasa keuangan, galangan kapal dan juga industri medis.

Jika di total dari kesuluran perusahaan, Samsung memiliki karyawan sekitar 489.000 yang tersebar di 80 negara berbeda-beda. Dan salah satunya adalah Indonesia.

Ambisi ‘elektronik’ Samsung dimulai di tahun 1970

Sumber Gambar : Tirto

Produk elektronik pertama yang diproduksi Samsung adalah TV hitam putih di tahun 1970.

Dari tahun itulah Samsung mulai berkembang dengan sangat pesat dalam beberapa dekade berikutnya. Dan pada tahun 1986, Samsung mulai masuk ke pasar telepon mobile.

Namun sayangnya, meski mempunyai track-record baik diawal perkembangannya, telepon mobile pertama dari Samsung ternyata tak mendapat respon baik, sehingga produk Samsung tersebut terjual dengan sangat buruk.

Ponsel CDMA pertama

Sumber Gambar : IDN Times

Pada tahun 1996 , Samsung merilis produk SCH-100 yang merupakan ponsel pertama yang memanfaatkan teknologi CDMA. Pada tahun tersebut, CDMA sendiri adalah tipe jaringan baru.

Sebelum akhirnya ada teknologi 4G/LTE seperti sekarang ini, jaringan CDMA bisa dibilang sebagai jaringan yang paling unggul jika dibandingkan dengan teknologi GSM.

Dengan munculnya teknologi CDMA ini, Samsung layak mendapatkan apreasiasi besar atas keniatannya dalam mencoba teknologi baru di dunia ponsel.

Ponsel berbasis jam pertama

Sumber Gambar : ilmu komputer – WordPress.com

Kemudian pada tahun 1999, Samsung mulai membuat ponsel berbasis jam. Pada saat itu, Samsung menjadi pelopor pertama untuk jam tangan yang dikombinasikan dengan ponsel.

Produk ponsel berbasis jam pertama dari Samsung ini dijuluki sebagai Samsung SPH – WP10.

Produk ini tidak hanya bisa digunakan untuk melihat waktu saja, melainkan bisa juga digunakan untuk melakukan panggilan telepon selama 90 menit.

Layar yang digunakan di produk ini adalah LCD monokrom back-lit, yanng memiliki sejumlah tombol navigasi disekitarnya.

Samsung masuk ke ranah smartphone jauh sebelum Android dan iOS

Sumber Gambar : smartnews.bg

Samsung mungkin bukanlah perusahaan pertama yang membuat smartphone, namun Samsung menjadi perusahaan yang paling agresif ketika masuk ke ranah ponsel pintar.

Pada awalnya memasuki ranah ponsel pintar, Samsung memperkenalkan SPH-i300 yang merupakan ponsel pintar pertama yang dirilis Samsung  pada tahun 2001 dengan layar berwarna .

Memiliki desain yang mirip PDA, ponsel pintar dari Samsung ini pun berjalan di Palm OS dengan semua fungsi PDA yang berjalan normal, sekaligus bonus untuk melakukukan panggilan telepon.

    %d blogger menyukai ini: