5 Fakta Sejarah Unik dari Fitur Pembalas Pesan Otomatis di Smartphone

Setiap tanggal 30 Januari telah menjadi  hari internasional untuk memperingati pesan otomatis di smartphone. Ini adalah sebuah fitur pesan yang digunakan untuk menghemat waktu kita.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal perkembangan fitur  auto-reply yang ada di smartphonemu, mulai dari bentuknya di masa lalu hingga perkembangannya di jaman sekarang.

Fitur pembalas pesan otomatis ini tentu sudah mengalami pembaruan yang cukup banyak hingga saat ini, namun dibalik itu semua ada fakta-fakta menarik yang belum kalian ketahui.

Penasaran apa saja fakta-fakta sejarah dari fitur tersebut?

Dimulai dari konsep magnetic recording di dunia radiologi

Sumber Gambar : en.wikipedia.org

Jika kamu menelusuri sejarah paling dalam dari fitur auto-message atau auto-reply yang terdapat pada smartphone-mu sekarang, maka kamu akan menemukan teknologi bernama mesin penjawab otomatis.

Mesin penjawab otomatis ini tercipta dari sebuah konsep milik Valdemar Poulsen asal Denmark yang hadir pada tahun 1898.

Melalui konsep magnetic recording-nya yang pada awalnya ditujukan untuk telegraphone, Poulsen mampu merekam dan menyimpan  suara yang kemudian semakin dikembangkan dan digunakan untuk menjawab telepon.

Mulai dikomersialkan pada tahun 1950, dan baru ramai pada tahun 1980

Sumber Gambar : phil-are-go.blogspot.com

Diperkenalkan pada tahun 1949 secara komersil, mesin penjawab otomatis ini memiliki nama awal Tel-Magnet. Mesin ini memiliki harga sekitar US$ 200 atau setara Rp3 jutaan jika menggunakan nominal saat ini.

Harga sebesar itu dianggap terlalu tinggi pada masanya, sehingga penjualan produk tersebut tak bisa dikatakan sukses.

Dan baru beberapa saat kemudian, terdapat lagi produk mesin penjawab otomatis yang mampu menarik banyak perhatian.

Alat ini baru benar-benar bisa dinikmati masyarkat, pada sekitar tahun 1970-an dan berhasil mencapai puncaknya pada tahun 1980-an.

Mesin penjawab digantikan oleh voicemail

Sumber Gambar : youtube.com Omarr Ghafoor

Seiring dengan perkembangan zaman, telepon perlahan-lahan mulai tergeserkan dengan hadirnya ponsel yang memiliki fitur penjawab otomatis bernama voicemail.

Hal tersebut tentu menggantikan posisi mesin penjawab otomatis yang kian hari membuatnya tak laku dipasaran.

Dan mulai saat itulah mulai memasuki masa pengiriman pesan otomatis yang terdengar lebih praktis dan menyerupai manusia.

Digunakan untuk memberi informasi sedang sibuk atau tidak di tempat

Sumber Gambar : phonenosound.com

Adanya mesin-mesin penjawab secara otomatis ini diciptakan adalah untuk membuat orang-orang lebih instan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya berulang-ulang.

Selain dapat menghemat waktu, mereka juga bisa langsung menginformasikan jika mereka sedang dalam posisi tidak bisa menjawab.

Tentu hadirnya mesin ini akan lebih memudahkan manusia dalam mengiirm pesan, sekaligus terlihat lebih praktis.

Terus dikembangkan hingga berbagai macam bentuk

Sumber Gambar : medium.com

Sampai detik ini, pesan otomatis semakin dikembangkan dan akhirnya memiliki berbagai macam bentuk.

Mulai dari voicemail hingga auto reply, yang bisa membantumu mengirim pesan dalam bentuk teks  melalui via email ataupun aplikasi pesan yang lainnya.

Bahkan perkembangan teknologi yang semakin canggih seperi sekarang ini, mulai ada pengembangan sistem yang menggunakan teknologi artificial intelligence (AI), sehingga sudah dapat menjawab pesan sendiri tergantung dari situasi dan kondisinya.

Dan itulah secara singkat, kurang lebih fakta sejarah dari fitur pengirim dan pembalas pesan otomatis.

Apakah kedepannya nanti, fitur pembalas pesan otomatis tersebut akan memiliki tampilan baru yang lebih menarik dan unik.