4 Fakta Unik Internet Explorer yang Kini “Tinggal Kenangan”

Indri Penulis

Setelah hampir 27 tahun, Microsoft memutuskan untuk menonaktifkan Internet Explorer. Yuk kita simak berbagai fakta menarik Internet Explorer sambil nostalgia.

Pengguna internet jadul, pasti sudah nggak asing dengan yang namanya Internet Explorer. Browser sejuta umat ini dulunya booming banget buat hampir semua pengguna internet. Bahkan Internet Explorer ini dulunya sempat jadi salah satu produk ikoniknya Microsoft lho.

Sayangnya yang namanya era kejayaan pasti bakal ada akhirnya, dan mungkin inilah waktunya buat Internet Explorer. Pasalnya kini Microsoft telah resmi menonaktifkan Internet Explorer.

Buat mengenang Internet Explorer, kali ini saya bakal membocorkan berbagai fakta menarik soal Internet Explorer buat kamu. Yah itung-itung buat ajang nostalgia sama Internet Explorer lah..

Apa Internet Explorer Masih Ada?

Faktanya, sekarang Internet Explorer sudah di-stop sama Microsoft guys. Microsoft resmi menonaktifkan Internet Explorer di bulan Juni 2022 ini.

Sebelum resmi dinonaktifkan, Internet Explorer pernah dianggap sebagai browser dengan pengguna terbanyak di dunia. Browser ini meraih puncak kejayaannya di tahun 2002 dan 2003 di mana waktu itu Internet Explorer berhasil menguasai 95% pangsa pengguna.

Namun semuanya mulai berubah ketika Mozilla Firefox hadir di tahun 2004, dan Google Chrome diluncurkan di tahun 2008. Sejak saat itu, pamor dan jumlah pengguna Internet Explorer terus merosot karena kalah saing dengan browser-browser anyar pesaingnya.

Terkenal Jadi Bahan Meme!

Bisa dibilang nasib si Internet Explorer memang terbilang menyedihkan guys. Browser yang satu ini terkenal lemot banget, makanya sering jadi bahan ejekan pengguna lain via meme karena dianggap kalah jauh dibanding rivalnya seperti Firefox dan Chrome.

Nggak cuma sampai disitu, lucunya Internet Explorer ini juga sering jadi bahan meme gara-gara kerap dipakai orang untuk mengunduh browser lain.

Aneh kan? Masa download browser lain dari Internet Explorer yang notebene juga merupakan sebuah ‘browser.’ Apa ya nggak malu-maluin? Tapi yah.. Memang seperti itu faktanya. Hahaha.

Ada Gerakan Anti IE

Tahu nggak sih, ternyata selama ini ada lho gerakan ‘anti Internet Explorer.’ Gerakan tersebut dinamakan ‘No IE’ yang sesuai namanya, gerakan tersebut menentang pemakaian Internet Explorer.

Jadi terciptanya gerakan ini gara-gara Internet Explorer diklaim ‘gudangnya masalah.’ Contohnya Internet Explorer dianggap sebagai sarang virus, nggak mengizinkan penggunanya buat resize ukuran teks, super lemot dibanding browser lainnya, ukurannya jauh lebih jumbo dibanding browser lainnya, dll.

Parodi Iklan IE9

Sadar dengan citra produknya yang benar-benar ‘hancur’ di mata banyak orang, Microsoft akhirnya mencoba untuk memperbaiki citra Internet Explorer, yakni dengan membuat video yang waktu itu isinya untuk mempromosikan Internet Explorer 9.

Tapi lucunya, video tersebut justru malah diparodikan. Salah satunya bisa kamu lihat dalam video di bawah ini. Ini adalah video yang memparodikan Internet Explorer 9. Jadi yang harusnya Internet Explorer 9 tampil ‘berwibawa,’ setelah diparodikan malah jadi ‘ancurrr’ wibawanya.

    %d blogger menyukai ini: