5 Faktor Penting pada Ponsel untuk Teman Berkendara (Panduan Arah)

cara menggunakan google maps gps

Smartphone kini memang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Bahkan ketika kita naik kendaraan. Entah kamu sedang traveling ke kota lain, bekerja sebagai taksi online, atau sekedar menghindari macet, ponsel bisa sangat membantu sebagai panduan arah ketika berkendara.

Tentunya hal ini berhubungan dengan aplikasi arahan alias penunjuk jalan alias peta. Baik kamu pengguna Waze atau Google Maps, aplikasi ini bisa berguna membantu mencari jalan yang benar (tsahh!) atau rute yang lebih cepat.

Lalu, kenapa memilih ponsel yang tepat? Yah, karena pemakaian aplikasi itu berhubungan dengan beberapa faktor penting. Paling tidak itu yang saya dapatkan selama memakai beberapa ponsel. Termasuk membandingkan ROG Phone (ponsel gaming dan flagship) dan realme 5 Pro (ponsel kelas menengah) sehari-hari (termasuk untuk apikasi peta).


Faktor Penting Ponsel untuk Aplikasi Peta

Dalam hemat saya (silakan tambahkan kalau kurang atau salah) ada beberapa vital ketika kita kerap memakai aplikasi peta di ponsel sebagai penunjuk jalan.

1. Fitur Lokasi

Tentu saja, fitur lokasi seperti GPS sangat penting. Sebab dengan fitur ini, aplikasi peta bisa menentukan posisimu dan menawarkan rute atau panduan arah terbaik sesuai pengaturanmu. Tidak banyak yang bisa dibahas soal ini, karena rata-rata ponsel masa kini sudah memiliki fitur GPS.

2. Baterai

Baterai juga merupakan hal penting. Kenapa? Karena hal ini berhubungan dengan durasi pemakaian. Mari kita bahas sedikit lebih jauh.

Kalau kamu memakainya untuk mencari jalan dan menghindari kemacetan, aplikasi peta tidak hanya menelusuri rute saja. Namun juga mengakses informasi kondisi lalu lintas. Artinya, dalam waktu tertentu ia akan terhubungan dengan internet.

Ya, kamu memang bisa mengunduh wilayah peta yang akan kamu lalui untuk dipakai secara offline. Namun kalau kamu ingin memantau secara langsung atau memakai fitur sosial yang ada (melaporkan macet, dll), transfer data aktif tetap berjalan.

baterai smartphone

Oke, ada charger mobil atau power bank. Namun ada kalanya kamu memakai kendaraan lain, fasilitas seperti itu tidak tersedia, atau kamu lupa membawanya. Bahkan ketika ada fasilitas ini, ada satu hal lain yang penting berhubungan dengan baterai, yaitu fast charging.

Ponsel dengan baterai yang memiliki dukungan untuk fast charging sangat ideal untuk berkendara. Karena koneksi internet dan akses lokasi akan membuat ponselmu aktif dan menguras baterai. Kalau sinyak sedang seret dan ponselmu tidak punya fitur fast charging, bisa-bisa proses pengisian daya tidak mengejar pemakaian. Besar pasak daripada tiang.

3. Layar

Bagi saya, layar adalah komponen lain yang penting. Di sini, teknologi yang paling canggih belum tentu menjadi solusi tepat. Hal ini juga berhubungan dengan keawetan baterai.

Jadi, ketika kamu menggunakan aplikasi peta, terutama ketika kamu memantau rute, layar akan selalu aktif. Layar yang terus menyala ini, tentu akan menghabiskan baterai. Nah, karena itulah, layar dengan refresh rate tinggi (yang nampaknya akan jadi tren) justru beresiko menghabiskan baterai lebih cepat dari layar ponsel biasa.

Lalu, layar yang punya tingkat keterlihatan tinggi juga akan lebih baik. Karena bisa jadi kamu berkendara baik siang maupun malam (aplikasi bisa menyesuaikan mode gelap terang).

4. Charger atau Power Bank

Nah, kalau kamu menggunakan charger mobil atau power bank, carilah yang sesuai dengan kemampuan fast charging ponselmu. Kalau tidak, fitur fast charging tidak akan berjalan dengan optimal. Bisa tetap mengisi, namun tidak cepat atau bahkan bisa menyebabkan ponsel panas (yang malah menguras baterai).

5. Audio

Sebagian besar waktu saat kamu memakai ponsel sebagai panduan arah akan bersandar pada panduan suara. Karena saat berkendara, kamu tetap harus melihat jalan, bukan layar ponsel terus menerus.

Kalau kamu menggunakan speaker, pastikan ponsel bisa mengeluarkan suara dengan baik. Sedangkan kalau kamu menggunakan earphone, pastikan aksesori ini memiliki komponen dan kabel yang bagus sehingga awet dan bisa mengantar suara dengan jernih. Kalau kamu memakai wireless earphone, pastikan koneksi bisa berjalan baik sehingga mengurangi latensi (keterlambatan) informasi.