Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fasilitas Terbaru dari Google untuk Menyehatkan Bumi Kita

daceccabd4e7cae2c65ea70a8604e759c4199821 hq

Sampai sekarang Google memang belum bisa tertandingi. Google bukan hanya menjadi sarana mencai informasi terbesar di dunia, namun segala sesuatu sekarang juga bisa dilakukan dengan bantuan Google.

Jika kalian berpikir Google hanya peduli dengan seberapa cepat ia bisa menyajikan informasi dan seberapa cepat ia membantumu berkomunikasi, jelas hal itu adalah SALAH!

Pada kenyataanya sekarang, Google juga sangat peduli dengan lingkungan dan keberlangsungan hidup setiap manusia.

Kali ini Google kembali menciptakan sebuah tool baru yang diberi nama Your Plan, Your Planet.

Rencananya dengan diciptakannya tool baru ini, diharapkan para masyarakat lebih mempunyai kesadaran diri untuk menjaga lingkungan sekitar, dan dapat menyehatkan bumi kita.

Dengan adanya tool baru Your plan, Your Planet ini setidaknya akan dapat membantu beberapa masalah masyarkat, untuk lebih jelasnya dibawah ini adalah beberapa ulasannya.

Masalah kekeringan dapat teratasi

svg%3E
Sumber Gambar : kosmo.com.my

Dalam menggarap fitur ini tentunya Google tidak bekerja sendiri, ia bekerjasama dengan California Academy of Sciences untuk dapat menciptakan suatu metode interaktif.

Dengan terciptanya metode interaktif ini, sehingga masyarakat akan dapat lebih memahami dampak dari hal-hal kecil yang telah dilakukannya tanpa sadar maupun tidak sadar terhadap lingkungan.

Dari hal-hal kecil yang sering disepelekan masyarakat ini, justru akan menjadi masalah besar jika tidak langusng ditangani.

Menurut laporan Google di tahun 2017 lalu, PBB telah memprediksi bahwa di tahun 2025 nanti, 2/3 dari populasi planet ini akan dapat mengatasi masalah kekeringan yang saat ini sangat memprihatinkan.

Kekeringan ini bisa diatasi dengan meningkatkan efesiensi penggunaan air dan penanggulangan sampah, maka krisis lingkungan seperti saat ini akan bisa diminimalisir.

Dampak besar terhadap lingkungan dihasilkan dari tiga hal utama

svg%3E
Sumber Gambar : 2016.mb.com.ph

Sering kali seseorang meremehkan hal kecil yang awalnya dianggap tidak penting dan tidak memberikan dampak apa-apa kedepannya.

Baca Juga:  Google Play Games di Windows akan Hadirkan Persyaratan Sistem yang Lebih Rendah

Nah, dari situlah semua kerusakan bisa terjadi. Small step does matter, kata ini yang tertulis pada blog Google.  Dampak terbesar dari lingkungan disebabkan oleh tiga hal selama ini dianggap sepele, yaitu air, makanan, dan energi.

Siapa yang menyangka bahwa mencuci piring menggunakan keran, ternyata hal ini membuat air keluar lebih banyak dibandingkan harus mencuci piring dengan mesin pencuci piring.

Lalu siapa yang sangka juga bahwa menyimpan makanan dengan tepat di dalam kulkas, maka bisa menghemat 2/3 proses pembusukan yang berujung pada pembuangan makanan sia-sia.

Dari hal-hal kecil yang sering tidak diperhatikan masyarakat seperti diatas, justru hal itu yang malah memberikan pengaruh besar dimasa mendatang nanti.

Meninjau ulang kegiatan sehari-hari

svg%3E
Sumber Gambar : dekoruma.com

Nah, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tentang pemakaian segala kebutuhan rumah untuk kegiatan sehari-hari.

Coba bayangkan saja, jika satu keluarga di Amerika bisa menggunakan air selama satu tahun hanya setara dengan tiga kolam renang saja.

Mereka sudah didominasi dengan pengunaan shower, sehingga aliran air akan bisa lebih terkontrol menjadi sesedikit itu.

Lalu bagaimana dengan sebagian wilayah di Indonesia yang masih menggunankan bak mandi dan gayung untuk kebutuhan sehari-hari? Apakah airnya bisa terkontrol sebanyak itu?

Tentu saja tidak. Dengan menggunakan bak mandi dan gayung, maka pengeluaran air menjadi tidak terkontrol. Hal itu yang menjadi salah satu penyebab kekeringan di indonesia.

Dengan adanya fitur Your Plan Your Planet ini kamu akan bisa meninjau ulang kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan.

Google akan bisa membantumu untuk meprediksi seberapa banyak air yang kamu gunakan untuk mandi sesuai dengan durasi waktu mandi yang kamu lakukan setiap harinya.

Baca Juga:  Google akan Hapus Halaman Google Search, Pengguna Bisa Scroll Hasil Pencarian Seperti TikTok

Selain itu dengan fitur ini kamu juga bisa meninjau bagamana tips menyimpan makanan sisa yang benar dan bagimana mengontrol penghematan listrik, dan lain sebagainya.

Nah, sekarang saatnya kalian mencoba fitur Your Plan Your Planet ini untuk memperbaiki masa yang akan datang. Selamat mencoba.