Feem: Transfer File Lewat Wifi

Anom Penulis

Bagaimana transfer file dari Windows Phone ke komputer atau sebaliknya? Pertanyaan itu biasanya dijawab dengan kabel data atau memindah SD card. Ada pilihan lain, yaitu transfer file lewat wifi. Hal itu bisa dilakukan dengan aplikasi Easy Transfer atau Wifi-File Sharer atau yang mau saya bahas kali ini, Feem.

Feem merupakan layanan transfer file lewat wifi yang aplikasinya tersedia di berbagai platform (lihat saja situs resminya). Selain mempermudah proses, Feem juga membantu transfer file antar perangkat yang memiliki sistem operasi berbeda. Jujur saja, Windows Phone Desktop untuk MacOS tidak terlalu fungsional untuk transfer dokumen (bisa dimaklumi 😀 ).

Selain untuk transfer file, Feem juga bisa digunakan untuk chatting. Tentunya dengan sesama pengguna Feem dalam satu jaringan wifi (lokal). Masing-masing perangkat juga harus memiliki aplikasi Feem (sebagai sender dan receiver).

Mirip seperti memakai bluetooth, Feem akan mencari perangkat lain yang menggunakan layanan sama di sekitar. Setelah memilih perangkat pasangan, kita bisa memilih mau chatting atau mengirim data (baik file atau folder). Feem mendukung berbagai jenis file, sekaligus transfer banyak file sekaligus.

Di Feem tidak ada notifikasi persetujuan menerima file seperti di koneksi bluetooth. Notifikasi hanya sebatas pemberitahuan. Untuk urusan download, kita bisa memilih apakah akan dilakukan secara otomatis atau tidak.

Sebaiknya sih tidak. Jadi orang asing tidak bisa seenaknya mengirim file. Ini memang salah satu kelemahannya. Seharusnya, untuk jadi perangkat pasangan pun harus ada notifikasi persetujuannya.

Di samping masalah persetujuan tadi, transfer file lewat Feem cukup enak dilakukan. Kita bisa mengatur folder tempat menyimpan file, dan transfer dilakukan dengan cepat.

Ya, lebih cepat. Karena transfer file dilaksanakan lewat jaringan wifi lokal tanpa koneksi internet. Untuk transfer data berukuran besar, ini lebih cepat daripada melalui sinkronisasi OneDrive (yang pakai internet).

Dengan demikian, sekarang saya bisa memindahkan komik lewat Feem, dan membacanya dengan Cover. Lumayan buat baca-baca kalau lagi santai.

Aplikasi Feem ini bisa didapat dengan gratis (didukung iklan). Versi Pro bisa didapat dengan harga Rp98.500,-. Lumayan mahal ya? Tapi kalau memang butuh kenapa tidak?

    %d blogger menyukai ini: