Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Fenice, Tidak Kalah dengan Aplikasi Twitter Windows Phone Lain

Anom Penulis

Dulu, aplikasi Twitter Windows Phone sempat ramai dengan aplikasi berkualitas seperti Rowi dan Mehdoh, disusul oleh MeTweet dan Tweet It. Belum lama ini, aplikasi Twitter juga diramaikan dengan dua aplikasi premium, yaitu Tweetium dan Aeries. Sekarang, hadir satu lagi penantang baru. Fenice, aplikasi Twitter Windows Phone yang menawarkan fitur unik.

Sekilas, tampilan Fenice mirip dengan aplikasi Twitter Windows Phone Tweet It dan Aeries. Tapi ada perbedaan signifikan. Navigasi halamannya ada di bagian bawah, termasuk pilihan untuk membuat tweet baru. Bagian header di atas difokuskan untuk informasi halaman yang bersangkutan, juga fungsi pencarian dan pengaturan.

popculture.id

Fenice memberi tiga pilihan theme untuk kita. Dark, light, dan white. Ketiga theme itu tampil dengan bagus. Walau di beberapa bagian theme light ada yang kelihatan kurang kontras (jadi kurang jelas).

Fenice menggunakan context menu /dropdown menu standar (ketuk dan tahan tweet bersangkutan) untuk reply, retweet, dll.  Agak berbeda dengan Aeries yang menampilkan ikon-ikon bersangkutan di bawah tweet. Bukan sesuatu yang vital, tapi bisa menentukan (selera orang kan berbeda).

Selain fitur standar Twitter, Fenice menawarkan beberapa fitur spesial. Beberapa yang bisa disebutkan adalah prediksi tagar/hashtag yang sesuai, filter tweet berdasar user atau hashtag, integrasi dengan layanan pocket, dan mendengarkan tweet dari SoundCloud tanpa keluar dari aplikasi.

Aplikasi Twitter Windows Phone ini juga mendukung layanan bit.ly untuk menyingkat alamat situs (shorten url). Yang menarik, Fenice menyediakan meme untuk di-tweet 😀 , dan bisa pin halaman new tweet di start screen untuk akses yang lebuh mudah.

Untuk pengaturan–baik yang berhubungan dengan tampilan atau fungsi, Fenice memberikan cukup banyak pilihan. Di atas saya sudah menyebutkan theme. Selain itu masih banyak lagi. Hei, ada pilihan agar aplikasi ini tidak mengganggu kalau ada mention saat kita tidur di malam hari.

Secara keseluruhan, Fenice merupakan aplikasi Twitter yang layak direkomendasikan. Tampilannya bagus (maaf, Tweetium), sejauh ini lancar digunakan, dan leluasa diatur sesuai keinginan kita. Aplikasi ini bisa dipakai baik oleh pengguna Twitter kelas berat, maupun yang biasa saja.

Seperti Aeries dan Tweetium, Fenice juga merupakan aplikasi Twitter yang premium (harganya lumayan). Ada versi trial untuk mencobanya (kalau tidak salah selama satu hari). Jadi silakan, suka yang mana. Ingat kata pepatah: coba dulu, baru beli.

    %d blogger menyukai ini: