Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Fenomena Game Stray di Internet, Mayoritas Fans-nya Kucing Asli!

Indri Penulis

Fenomena game Stray akhir-akhir ini menarik perhatian banyak orang dan juga.. Kucing. Ya, nggak sedikit kucing asli yang tergila-gila dengan game ini.

Stray adalah game eksklusif PlayStation bergenre petualangan yang dikembangkan oleh BlueTwelve Studio dan diterbitkan oleh Annapurna Interactive.

popculture.id

Game Stray mengikuti perjalanan si kucing liar yang ingin kembali ke keluarganya, setelah sebelumnya ia terjatuh dalam dunia yang dihuni oleh robot, mesin dan juga bakteri karnivora. Dengan alur cerita seperti itu, Stray berhasil mendapat ulasan positif dari para kritikus.

Menariknya nggak lama setelah game ini rilis (yakni pada tanggal 19 Juli 2022), ‘demam Stray’ langsung mewabah di berbagai kalangan. Menariknya fenomena game Stray ini nggak cuma menyerang penggemar manusia saja lho. Malah mayoritas penggemar game Stray adalah dari kalangan kucing asli. Nggak percaya?

Fenomena Game Stray di Kalangan Manusia dan Kucing

Karena game ini fokus pada karakter utama seekor kucing, jelas game ini langsung menjadi incaran para pecinta kucing. Menggerakkan karakter kucing untuk mengeksplorasi berbagai tempat sambil menuntaskan misi adalah aktivitas yang menyenangkan bagi pecinta kucing yang memainkan game ini.

Nah yang bikin unik, ternyata game ini ngga cuma disukai manusia saja. Tapi kalangan kucing asli milik si pemain game juga ikutan kena demam Stray lho!

Akhir-akhir ini di Reddit, banyak player Stray yang membagikan gambar / video kucing mereka yang sepertinya telah ‘sepenuhnya terhipnotis’ oleh gameplay yang disajikan Stray. Jadi ketika si karakter utama Stray bebas melenggang di layar, banyak hewan peliharaan pemain yang kelihatannya terpesona.

Contohnya bisa kamu lihat dalam postingan pertama yang dibagikan oleh salah satu pengguna Reddit ini. Dalam postingan di bawah ini, terlihat kalau kucing tersebut terlihat tertarik banget sama karakter utama game Stray yang sibuk mondar-mandir di layar.

Dalam postingan yang kedua ini juga nggak beda jauh. Kucing yang awalnya tenang sambil nonton si protagonis berjalan kesana-kemari, tiba-tiba heboh saat karakter kucing dalam game terlihat mendekat.

Menariknya, ternyata penggemar Stray sepertinya nggak cuma dari kalangan kucing deh. Soalnya dalam cuitan salah satu pengguna Twitter di bawah ini, terlihat kalau anjing peliharaan juga bisa terarik dengan game Stray.

Percayalah, yang di atas itu cuma segelintir postingan pemain Stray yang hewan peliharaannya juga menyukai Stray. Pasalnya ini telah menjadi semacam tren subreddit dalam 24 jam terakhir, menunjukkan betapa terpesonanya hewan peliharaan dengan game Stray.

Tapi kalau dipikir-pikir, nggak terlalu mengejutkan juga kalau kucing asli bisa suka game ini. Sebab protagonis Stray dimodelkan dan dianimasikan dengan cermat untuk mencerminkan gerakan kucing di kehidupan nyata secara autentik.

Semuanya, mulai dari cara bahu mereka bergerak ketika berjalan, cara mereka terikat di antara platform, sampai bagaimana karakter kucing itu acuh tak acuh mendorong benda dari tepi furniture, semuanya tampak familiar dengan kebiasaan anabul.

Nggak cuma itu, sebuah postingan di blog PlayStation juga menyebutkan bahwa animator protagonis kucing di Stray telah menghabiskan waktu berjam-jam mencari materi referensi video untuk meniru secara akurat semua gerakan kucing.

Dipadukan dengan programmer yang handal, mereka bekerja ‘berjam-jam bersama’ untuk menciptakan gerakan dasar karakter utama, iterasi, dan juga melakukan penyesuaian halus dari setiap lompatan dan transisi kecil.

Nggak bisa dipungkiri, kelihatannya semua usaha tim pengembang Stray telah terbayar tuntas. Pasalnya game Stray berhasil menciptakan fenomena yang sangat unik, nggak berapa lama setelah permainan itu resmi rilis.

Sementara itu, Stray kini tersedia seharga Rp 149.999 di PC (Steam). Di PS4 dan PS5 kamu bisa mendapatkannta dengan harga Rp 429.000. Jika kamu berlangganan level Extra atau Premium PS Plus, kamu bisa memainkan game ini tanpa biaya apapun.

    %d blogger menyukai ini: