Filter Real Tone Pixel 6 Kini Bisa Dinikmati Semua Pengguna Google Photos

Indri Penulis

Filter Real Tone kini resmi hadir di Google Photos. Sebelumnya, fitur tersebut cuma eksklusif buat pengguna ponsel Google Pixel 6.

Beberapa waktu lalu dalam gelaran Google I/O 2022, Google sempat mengumumkan bahwa mereka berencana untuk membawa teknologi pemrosesan foto Real Tone yang diperkenalkan pada Pixel 6 ke lebih banyak pengguna.

Jadi siapapun yang punya Google Photos baik di Android, iOS atau web, semuanya bisa menggunakan filter Real Tone. Sesuai namanya, filter ini akan meratakan pencahayaan di warna kulit tertentu untuk membuat foto lebih akurat.

Dua minggu setelah diluncurkan, sekarang filter Real Tone sudah bisa dinikmati oleh semua pengguna Google Photos, nggak cuma pemilik ponsel Pixel 6. Kabar ini diumumkan langsung akun Twitter Google Photos beberapa waktu lalu.

Menurut keterangan dari akun resmi Google Photos, Real Tone sudah bisa dipakai semua pengguna Google Photos mulai hari ini. Nggak cuma itu, akun tersebut juga menyertakan gambar tangkapan layar untuk memberikan gambaran pada pengguna.

Dari gambar tersebut, setidaknya ada 5 filter yang masuk dalam jajaran Real Tone yakni Playa, Honey, Isla, Clay dan Desert. Pengguna Google Photos bisa memilih salah satu dari mereka sesuai selera.

Tapi yang jelas, ketika kamu memilih salah satu dari keempat filter di atas, aplikasi Google Photos akan menampilkan lencana yang bertuliskan ‘Made with Real Tone’ di layar pengeditan, lalu ada juga bilah geser dan pengaturan tambahan untuk menyesuaikan penyempurnaan.

Sementara itu, Real Tone sendiri sebenarnya dirancang berdasarkan Google’s Monk Skin Tone Scale, yang menjadi sumber terbuka bulan ini sebelum akhirnya resmi diluncurkan ke Google Photos.

Seperti yang saya singgung sebelumnya, Real Tone ini pertama kali diperkenalkan sebagai fitur eksklusif di ponsel Pixel 6, dan bahkan sangat digembar-gemborkan dalam kampanye iklan Google. Nggak sampai di situ, Google bahkan ikut mengkampanyekan Real Tone di iklan Super Bowl tahun ini. Dalam iklan tersebut, Google menunjukkan bagaimana Real Tone bisa menonjolkan warna kulit yang lebih gelap.

Karena sekarang Real Tone bisa dipakai oleh siapapun dari perangkat apapun (asalkan punya akun Google Photos), jelas ini adalah kabar yang bagus dalam ranah fotografi seluler. Mudah-mudahan dengan adanya Real Tone, fotografi seluler menjadi jauh lebih akurat alias hasilnya nggak jauh beda dari kehidupan nyata.

    %d blogger menyukai ini: