instagram windows 10 mobile

7 Fitur Aplikasi Instagram yang Perlu Diketahui

Fitur aplikasi Instagram yang ada tidak langsung terlihat mata (dalam bentuk ikon, dll). Banyak yang tersembunyi. Kali ini kami hendak membahas hal tersebut (terutama yang berhubungan dengan fungsi media sosial). Berguna bagi pengguna aplikasi Instagram pemula.

Ya, karena sekarang aplikasi Instagram memang sudah bukan aplikasi foto semata. Aplikasi ini sudah jadi salah satu raksasa media sosial, dan digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari sekedar narsis sampai mencari nafkah. Tidak ada salahnya mengenal fitur aplikasi Instagram agar kamu bisa menggunakannya lebih baik


Baca juga: 4 Langkah Membuat Profil Bisnis Instagram


  1. Melihat orang yang di-tag

    Tanda kalau ada orang yang di-tag bisa dilihat dari ikon (orang/user) dengan lingkaran hitam di pojok kiri bawah foto.
    fitur aplikasi instagram untuk melihat orang yang di tagUntuk melihat siapa saja yang di-tag, cukup tap satu kali foto tersebut. Tidak perlu tap di ikon. Nanti akan keluar kotak hitam dengan username orang yang di-tag tersebut.

  2. Cara cepat Like foto Instagram

    Ada dua cara untuk Like foto Instagram. Yang pertama adalah tap ikon (hati) yang ada di bagian bawah foto.
    bagaimana like instagram Sedangkan yang kedua adalah tap dua kali foto tersebut. Karena “tidak terlihat” cara kedua ini sering terlewati oleh pengguna Instagram.

  3. Preview foto Instagram

    Kalau kamu sedang mencari sesuatu di Search tab, kamu akan segera berada di halaman Explore. Akan ada banyak thumbnail foto berjejer di sana (foto populer).
    fitur Instagram preview fotoUntuk melihat preview atau melihat salah satu foto tanpa masuk ke halamannya, tekan dan tahan (tap+hold) thumbnail foto tersebut. Sebuah pop-up foto akan muncul sampai kamu melepas jarimu dari layar.
    Kita juga bisa merespon cepat foto tersebut. Dalam posisi tekan dan tahan tadi, dorong foto ke atas (slide, lihat tanda panah di atas foto). Nanti akan muncul pilihan: Like, View Profile, dan Send as Message.

  4. Share foto ke Message Instagram

    Kita bisa mengirim foto orang yang kita follow atau foto yang kita temukan di halaman Explore ke teman kita melalui DM (Direct Message).
    fitur instagram share foto ke dmCaranya gampang. Tinggal tap ikon (share/)panah yang ada di bawah foto (di sebelah kanan ikon komentar). Nanti akan muncul pop-up dengan nama teman-teman kita berjejer di sana. Memilih salah satu teman akan memunculkan kolom ketikan. Tinggal ketik dan tekan tombol send.

  5. Menghapus tag nama kita dari foto orang lain

    Mungkin kamu jadi salah satu korban tag abuse. Seseorang menempelkan tag username-mu, dan kamu merasa terganggu dengan hal itu.
    bagaimana remove tag instagramUntuk menghapus tag tersebut,:

    • Buka foto tersebut, dan tap ikon (elipsis) di sebelah kanan username.
    • Di pop-up menu yang keluar, pilih ‘Photo Option‘.
    • Akan muncul pop-up yang lain. Tap More Options‘.
    • TapRemove Me from Photo

    Kalau tag tersebut sudah lama dan sudah tidak ada di halaman notifikasi, buka halaman profilmu (ikon orang di bilah aplikasi di bawah), dan tap ikon tag di atas grid fotomu (ikon paling kanan). Pilih foto, lalu lakukan langkah-langkah di atas.

  6. Mendapat notifikasi dari orang yang kita follow di Instagram

    Kita bisa mendapat notifikasi dari orang tertentu yang kita follow. Fitur Instagram ini berguna kalau kamu mau stalking gebetan. 😀
    stalking instaramCaranya tap ikon  (elipsis) di sebelah kanan username yang bersangkutan, lalu pilih ‘Turn On Post Notifications‘. Nanti, setiap orang tersebut post foto baru, kamu akan menerima notifikasinya.

  7. Melihat foto-foto yang kita sukai

    Tentu saja, sebagai pengguna aplikasi Instagram, kita sering memberi  (Like) foto. Ada kalanya kita ingin melihat foto lama yang pernah kita Like. Entah untuk referensi atau sekedar bahan gosip.
    melihat foto yang kita suka di instagramFitur aplikasi Instagram ini terkubur cukup dalam. Untuk melihatnya:

    • Buka halaman profilmu
    • Tap ikon (setting)
    • Scroll ke bawah sampai kamu menemukan pilihan ‘Posts You’ve Like‘. Tap pilihan itu.

    Kamu akan menemukan foto-foto yang pernah kamu beri Like.


Baca juga: Cara Melihat dan Download Instagram Stories di PC


Itulah 7 fitur aplikasi Instagram yang bisa dibilang mendasar. Sekali lagi, mungkin fitur ini sudah kamu ketahui, mungkin juga belum. Kalau belum, semoga tips ini bisa membantu kamu menggunakan Instagram dengan lebih baik.

More Stories
cara menggunakan live location messenger Android
Cara Berbagi Live Location di Facebook Messenger