Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Tambah Keren, Ini Dia Fitur Baru yang Hadir di Google Password Manager

Indri Penulis

Google Password Manager kedatangan beberapa fitur baru. Ada fitur yang bikin keamanan makin yahud, ada juga fitur untuk menyelaraskan tampilan.

Di era digital di mana hampir semua hal diakses lewat media sosial, website atau aplikasi tertentu, jelas kita harus bikin akun di platform-platform tersebut supaya bisa login dan terus terhubung dengan semua informasi yang ada di dalamnya. Nah syarat utama buat bikin akun adalah punya kata sandi.

popculture.id

Bicarain soal kata sandi, kata sandi yang kuat dan unik adalah kunci utama buat membantu keamanan informasi pribadimu ketika sedang online.

Sayangnya karena punya banyak akun dan kata sandi, nggak jarang bikin orang suka lupa dan bahkan ‘kebolak-balik’ saat memasukkan kata sandi. Tapi hal ini bisa diminimalisir kalau kamu pakai Google Password Manager.

Google Password Manager bisa membantumu membuat, mengingat dan juga mengisi otomatis kata sandi di Chrome dan juga aplikasi Android / iOS favoritmu di komputer atau ponsel.

Baru-baru ini, Google menghadirkan sedikit perubahan pada Google Password Manager. Perubahan ini diklaim bisa mempermudah pemakaian dan menghadirkan perlindungan yang lebih kuat pada Google Password Manager.

Tampilan Konsisten di Seluruh Web dan Aplikasi

Google Password Manager sekarang punya tampilan yang sama baik di Chrome atau Android. Kalau kamu punya beberapa kata sandi untuk situs / aplikasi yang sama, Google akan mengelompokkannya secara otomatis.

Biar lebih nyaman, kamu juga bisa membuat pintasan Google Password Manager ke layar beranda ponsel Android-mu. Jadi nanti kamu tinggal klik pintasan tersebut, dan semua kredensial login-mu akan langsung tampil. Buat tahu gimana cara menambahkan pintasan Google Password Manager ke layar beranda, kamu bisa baca di sini.

Perlindungan Kata Sandi Lebih Kuat

Google Password Manager bisa membuat kata sandi yang unik dan kuat untukmu di seluruh platform, dan memastikan kalau kata sandimu tidak di-hack saat kamu sedang berselancar di website. Kemampuan ini resmi dihadirkan Google ke iOS, dan bisa kamu temukan saat menyetel Chrome sebagai AutoFill.

Chrome sebenarnya sudah otomatis memeriksa keamanan kata sandi ketika kamu masuk ke dalam sebuah situs. Cuma kalau kamu punya lapisan keamanan tambahan, aktivitas browsing-mu bakal terasa lebih tenang nantinya.

Selain itu Chrome juga akan menandai kata sandi dalam beberapa kategori yakni yang aman (tidak ada kredensial yang dibobol orang), kata sandi lemah, dan juga kata sandi yang sama dan sudah berkali-kali dipakai di Android.

Kalau nanti kamu dapat peringatan dari Google, kamu bisa langsung memperbaiki kata sandi tersebut di Google Password Manager. Oya, fitur peringatan ini telah tersedia Chrome untuk Android, Chrome OS, iOS, Windows, MacOS, dan Linux.

Akses Lebih Sederhana

Lalu Google juga memberikan fitur yang memungkinkan kamu menambah akun dan password sendiri ke dalam penyimpanan. Di fitur ini kamu bisa secara manual mengisi nama situs / aplikasi yang mau dibuka, lengkap dengan username dan password-nya langsung di dalam Google Password Manager.

Google Password Manager sekarang menyajikan akses kontrol yang lebih sederhana. Kalau di tahun 2020 Google menghadirkan fitur Touch-to-Fill untuk membantumu mengisi kata sandi dengan cara yang nyaman dan mudah dikenali, sekarang ada lagi fitur Touch-to-Login di Chrome Android untuk membuat proses login lebih cepat.

Nah itu tadi beberapa fitur baru yang ada di Google Password Manager. Dari beberapa fitur yang dihadirkan Google, manakah yang menjadi favoritmu?

    %d blogger menyukai ini: