9 Fitur Baru iOS 10 yang Bisa Kamu Coba

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus rencananya akan hadir dengan iOS 10, versi terbaru dari sistem operasi buatan Apple khusus untuk perangkat mobile. iOS 9 versi developer sudah bisa dicoba, tentu untuk kepentingan membuat aplikasi berjalan dengan baik di iOS 10.

Ada banyak perubahan kecil yang hadir di iOS 10, namun saya hanya akan menuliskan 9 perubahan utama saja. Nah, buat kalian yang belum sempat mencoba fitur baru iOS 10, inilah 9 fitur baru yang bisa kalian coba nanti.

Unlock iPhone

Fitur iOS 10 akan memberikan pendekatan berbeda untuk melakukan unlock iPhone. Jika di versi sebelumnya kalian harus swipe ke kana untuk bisa masuk ke home screen, kali ini kalian cukup menggunakan Touch ID atau tekan tombol home button. Pendekatan ini tentu akan lebih mempermudah pengguna dalam mengakses menu home screen di iPhone atau iPad mereka.

Hapus aplikasi bawaan

Bagi kalian pengguna iPhone atau iPad, tentu familiar dengan beberapa aplikasi seperti Stock, Tips, Mail dll. Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan saat kita pertama kali ada saat menyalakan iPhone atau iPad. Beberapa aplikasi bisa diandalkan, beberapa yang lain tidak begitu berguna bagi kalian. Nah di iOS 10 ini, kalian diberi keleluasaan untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai. Lumayan untuk sedikit memberi kelonggaran kapasitas penyimpanan.

Tapi perlu diingat, dengan menghapus aplikasi bawaan, kalian akan mengalami sedikit gangguan ketika harus melakukan tugas tertentu yang berhubungan dengan aplikasi bawaan tersebut. Contoh: Jika kalian menghapus aplikasi Mail, maka saat kalian membuka sebuah web menggunakan Safari, kemudian kalian ingin mengirimkan email langsung dengan memilih fitur ‘contact us’, maka kalian akan menerima pesan error bahwa Mail tidak tersedia dan harus diinstall terlebih dahulu. Yup, iOS 9 saat ini belum mendukung aplikasi pihak ketiga seperti Outlook atau Gmail untuk melakukan hal seperti diatas.

Dukungan telepon FBM dan WhatsApp

Facebook Messenger dan WhatsApp sudah mendukung panggilan suara. Fitur baru iOS 10 sudah mendukung fitur menerima panggilan telepon dari kedua aplikasi tersebut hanya dengan swipe ke kanan saat iPhone berada di lock screen.

credit: business insider
credit: business insider

Hapus file musik langsung

Jika diversi sebelumnya kalian harus repot menghubungkan ke aplikasi iTunes di Desktop hanya untuk menghapus file musik, maka di fitur baru iOS 10 ini, untuk melakukan hal tersebut cukup masuk ke menu Settings -> Music -> Optimize Storage.

[junkie-tabs] [junkie-tab title=”Artikel terkait:”]

[/junkie-tab] [/junkie-tabs]

Update Apple Music

Banyak perbaikan pada aplikasi musik milik Apple ini.

Update iMessage

Selain Apple Music, aplikasi iMessage juga membawa banyak penambahan fitur seperti emoi yang lebih besar, efek animasi seperti Facebook Messenger dll.

Update aplikasi alarm

Pada aplikasi alarm saat ini, Apple memberikan mode malam.

Parkir

Tanpa perlu menggunakan aplikasi khusus, fitur baru iOS 10 akan bisa mengingat dimana posisi parkir kendaraan penggunanya.

Keyboard

Ada perubahan pada keyboard bawaan iOS 10, yaitu pergantian suara saat kalian menekan tuts dari tombol-tombol di papan ketik.

Bagi kalian pengguna Android, tentu fitur-fitur diatas sudah sering digunakan atau paling tidak terdengar familiar. Tapi bagi pengguna iOS, hal diatas merupakan fitur baru yang layak disyukuri.

Nah bagaimana dengan kalian pengguna iPhone atau iPad? apakah fitur baru iOS 10 ini sudah sesua dengan harapan?

%d blogger menyukai ini: