Jajaran Fitur Baru iOS 16 Siap Bikin Pengguna Android Ngiler!

Indri Penulis

Apple resmi mengenalkan OS terbarunya untuk iPhone yakni iOS 16. Apa saja fitur baru yang disajikan iOS 16? Mari kita simak.

Acara tahunan WWDC 2022 resmi digelar pada tanggal 6 Juni 2022. Dalam acara tersebut, Apple memamerkan jajaran sistem operasi baru mulai dari iOS 16, iPadOS 16, watchOS 8, dll.

Kali ini saya secara khusus bakal mengajak kamu kenalan sama iOS 16, OS terbaru buat ponsel iPhone nih. Kita lihat yuk apa saja fitur baru yang disajikan OS terbaru ini. Kira-kira lebih asyik dari iOS 15 sebelumnya nggak ya?

Deretan Fitur Baru iOS 16 untuk iPhone

Tampilan Lock Screen Lebih Segar!

Di iOS 16, Lock Screen kini dibikin lebih private, indah dan tentunya lebih bermanfaat. Bisa kamu lihat pada gambar di bawah, sekarang ada banyak efek yang disisipkan Apple ke dalam fitur Lock Screen.

Mulai dari subjek foto yang diatur secara artistik di depan penanda waktu untuk menciptakan kesan mendalam. Ada pula widget yang sepertinya terinspirasi dari tampilan Apple Watch, yang memudahkan pengguna mengakses informasi sekilas tentang acara di kalender, cuaca, tingkat baterai, alarm, dll.

Lock Screen sekarang juga punya fitur Live Activities lho. Fitur anyar ini bakal membantumu tetap mengetahui update informasi terkini secara real-time seperti berita terbaru dunia olahraga, delivery makanan, dll, yang bisa kamu akses langsung dari Lock Screen.

Satu lagi yang unik dari Lock Screen iOS 16, dan menurut saya poin ini bakal bikin pengguna Android ngiler. Jadi panel notifikasi di iOS 16 sekarang sudah didesain ulang. Setiap kali ada beberapa notifikasi masuk, mereka akan tampil seperti ‘sebuah gulungan.’ Untuk mengakses setiap notifikasi, kamu tinggal scroll saja gulungan tersebut dan klik notifikasi mana yang mau dibuka.

Focus Lebih User-Friendly

Di iOS 16, kamu bisa mengakses dari mengaktifkan fitur Focus langsung dari Lock Screen. Kamu bisa mengunci wallpaper dan widget Lock Screen ke Focus tertentu.

Cara mengaktifkan Focus di Lock Screen gampang banget. Kamu cuma perlu swap ke layar Lock Screen yang sesuai. Dengan filter Focus, aplikasi seperti Calendar, Mail, Messages dan Safari nantinya hanya akan menampilkan konten yang relevan dengan Focus pengguna.

iCloud Shared Photo Library

iCloud Shared Photo Library adalah cara baru untuk berbagi foto bebas hambatan. Perpustakaan ini bisa dinikmati maksimal oleh 6 orang. Di dalamnya semua anggota bisa berkolaborasi dan berkontribusi dalam membagikan foto (bisa share foto dari perpustakaan pribadi mereka, atau share foto berdasarkan tanggal).

Ada yang Baru di Message

Sekarang aplikasi Message memungkinkan kamu mengedit pesan yang baru dikirim, mengembalikan pesan yang baru dihapus, dan menandai chat menjadi ‘belum dibaca.’ Selain itu fitur SharePlay juga akan hadir di Message, memungkinkan kamu menikmati konten seperti film dan lagu bersama teman sambil ngobrol di aplikasi.

Tools Baru di Mail

Sekarang kamu bisa menjadwalkan email sebelum mengirimnya lho. Selain itu setelah kamu mengirim email, kamu akan diberi jeda waktu beberapa menit untuk membatalkan pengiriman (selama jeda waktu ini, pesan belum masuk ke kotak masuk penerima).

Kamu juga bisa memunculkan kembali pesan dengan tools Remind Later. Ada juga tools Follow Up yang otomatis bakal mengingatkan kamu untuk menindaklanjuti email yang membutuhkan tanggapan.

Penyempurnaan Live Text Secara Visual

Fitur Live Text menggunakan kecerdasaan pada perangkat untuk mengenali teks dan gambar di seluruh iOS. Tapi di iOS 16 ini, Live Text sudah lebih canggih karena telah menambahkan dukungan video.

Sekarang kamu bisa menjeda video untuk berinteraksi dengan teks yang ada di dalamnya. Live Text sekarang juga punya kemampuan untuk mengonversi mata uang, menerjemahkan teks, dll lho.

Fitur Lainnya

Selain beberapa perubahan di atas, iOS 16 juga menyajikan beberapa perubahan yang diantaranya:

  • Safari: Menambah fitur Group Tab untuk berbagi kumpulan situs web dengan teman dan keluarga. Ada juga fitur Passkeys untuk melindungi aktivitas browsing di Safari.
  • Apple Maps: Mendukung rute ‘multistop,’ sehingga kamu bisa merencanakan hingga 15 pemberhentian, dan secara otomatis menyinkronkan rute dari Mac ke iPhone saat kamu sudah siap berangkat.
  • Family Sharing: Orang tua sekarang bisa membuat akun khusus anak. Akun ini akan membatasi aplikasi, film, buku, musik, dan masih banyak lagi, sesuai rentang usia anak.
  • Dictation: Menawarkan pengalaman baru yang memungkinkan kamu berpindah dengan lancar antara suara dan sentuhan. Kamu bisa mengetik dengan keyboard, mengetuk bidang teks, memindahkan kursor, sampai menyisipkan saran QuickType tanpa perlu menghentikan Dictation.
  • Siri: Menghadirkan kemampuan untuk menjalankan pintasan segera setelah aplikasi diunduh, tanpa membutuhkan pengaturan awal.
  • Home App: Menawarkan kontrol yang lebih efisien untuk menavigasi, mengatur, dan melihat aksesori pengguna.
  • Fitness App: Tersedia untuk semua pengguna iPhone untuk membantu melacak dan memenuhi target kebugaran, walaupun nggak punya Apple Watch.
  • Health: Ada tambahan fitur Medications untuk membuat dan mengelola daftar obat, membuat jadwal dan pengingat, melacak obat, vitamin dan suplemen (sementara ini baru ada di AS).
  • Game Center: Perubahan desain dasbor yang menunjukkan aktivitas dan pencapaian teman dari game tertentu.
  • Spatial Audio: Kamu sekarang bisa menggunakan kamera TrueDepth di iPhone untuk membuat profil pribadi Spatial Audio, yang akan memberikan pengalaman mendengarkan berbeda di setiap profilnya.
    %d blogger menyukai ini: