Fitur Baru yang Terdapat di iOS 12.1

jbareham_180917_2948_0269_2.0

Setelah sebelumnya resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya pada pertengahan September bulan lalu, akhirnya Apple kembali mengembangkan fitur dari iOS 12-nya tersebut.

Resmi dirilis pada Rabu tanggal 31 Oktober 2018 kemarin, update-an sistem operasi terbaru dari Apple ini diberi nama iOS 12.1.

Dari pembaruan sistem operasi ini, ternyata terdapat berbagai macam fitur baru yang tidak dapat ditemukan sebelumnya di iOS 12.

Fitur-fitur baru tersebut terdiri dari fitur Group Face Time, fitur Emoji Baru yang terdapat di iPhone dan iPad, fitur Depth Control, dan yang terakhir dukungan dual SIM untuk iPhone-iPhone terbarunya (iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR).

Semua fitur tersebut tentu memiliki keunggulannya masing-masing, dan satu hal yang pasti, hadirnya berbagai fitur baru dari iOS 12.1 ini tentu untuk semakin memudahkan seseorang dalam menggunakan teknologi dari Apple.

Di bawah ini adalah beberpa penjelasan dari fitur-fitur iOS 12.1.

Group FaceTime

Sumber Gambar : SlashGear

Fitur pertama adalah Group FaceTime, dengan adanya fitur baru ini tentu aktivitas FaceTime akan lebih mudah dan menyenangkan.

Pengguna dari fitur ini dapat dengan mudah menggabungkan orang lain saat panggilannya sedang berlangsung.

Selain itu dalam melakukan FaceTime, si pengguna juga dapat menggunakan efek kamera yang sama seperti di Message, yaitu dengan diberi tambahan stiker, filter, Animoji serta Emoji.

Fitur ini juga dapat menyoroti pengguna yang paling aktif dari durasi berbicaranya, volume bicara, dan gerakkannya.

Pengguna yang tidak aktif atau jarang berbicara akan berada di urutan paling bawah sampai akhirnya mereka berbicara.

Dan yang paling mudahnya lagi, fitur Group FaceTime ini juga terintegrasi dengan Message, jadi memungkinkan penggunanya untuk memulai Group FaceTime dari iMessage.

Lebih amannya lagi semua percakapan yang kamu lakukan saat FaceTime, baik itu individu maupun grup semua sudah dienkripsi, jadi keamanannya sangat terjamin.

Emoji Baru

Sumber Gambar : 9to5Mac

untuk masalah emoji, mungkin fitur ini bisa dibilang penting dan tidak penting. Namun kenyataannya tanpa hadirnya emoji mungkin chatingan yang kita lakukan sehari-hari akan terasa hambar.

Jadi hadirnya pembaruan fitur emoji ini memang dapat semakin memberi warna pada chat kita.

Terdapat lebih dari 70 emoji baru dengan beragam karakter yang dihadirkan Apple pada iPhone dan iPad dalam pembaruan iOS 12.1 ini.

Dan kabarnya emoji-emoji baru ini akan dihadirkan juga untuk Apple Watch dan Mac dalam pembaruan perangkat lunak secara gratis.

Depth Control

Sumber Gambar : 9to5Mac

Yang ketiga adalah fitur Depth Control. Dengan adanya fitur ini di iOS 12.1, maka pengguna akan dapat menyesuaikan kedalaman bidang (Depth Control) saat pratinjau waktu nyata / real-time terjadi.

Oleh sebab itu, hal tersebut akan memungkinkan para penggunanya mendapatkan lebih banyak kontrol untuk memotret gambar dengan backgroud bokeh yang lebih indah dan cantik.

Dan selain itu, fitur Depth Control ini juga terdapat pada kamera depannya yang mencakup Emoji, serta dukungan pelacak wajah yang jauh lebih cepat ketimbang dengan aplikasi ARKit pihak ketiga.

Dual SIM

Sumber Gambar : Cult of Mac

Dan yang terakhir sekaligus yang terbaru adalah fitur Dual SIM-nya. Fitur ini tentu sudah diterapakan pada produk-produk iPhone terbarunya, yaitu iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Ketiga versi iPhone tersebut telah mendukung fitur dual SIM dengan nano-SIM dan digital eSIM.

Dengan adanya fitur dual SIM ini, pengguna jadi dapat mengaktifkan dua SIM secara bersamaan tanpa harus menggunakan dua nano SIM fisik.

Nah, itu dia beberapa fitur baru yang hadir di pembaruan iOS 12.1. Apakah kalian sudah melakukan update?

 

Ada komentar?