Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Fitur Discord Forum Channel Bikin Diskusi Makin Asik!

Indri Penulis

Discord akhirnya resmi meluncurkan fitur “Discord Forum Channel.” Fitur ini akan membuat aktivitas diskusi antara pengguna Discord makin asik.

Fitur Discord Forum Channel akhirnya resmi diluncurkan setelah berbulan-bulan melalui tahap uji coba. Fitur ini hadir untuk membantu pemilik server mengatur percakapan mereka.

popculture.id

Lalu sebenarnya apa fungsi dari Forum Channel? Fitur ini berfungsi seperti topik percakapan berulir, yang mengarahkan pengguna Discord buat ngobrolin topik tertentu. Fitur ini juga bakal membantu server yang sibuk, karena biasanya gampang mengganggu percakapan yang sedang berlangsung.

Dalam pengumuman resminya, Discord sendiri menggambarkan fitur ini sebagai ‘tempat untuk diskusi yang lebih fokus,’ bukan cuma obrolan jarak jauh. Selain itu anggota server juga bisa menelusuri saluran ini untuk mencari topik yang benar-benar relevan, atau bikin topik baru.

Seperti Thread dan Text dalam Channel sebelumnya, Forum Channel memungkinkan percakapan terfokus berkembang tanpa memonopoli saluran,” kata Discord.

Tidak akan ada lagi pengguna yang melihat diskusi menarik tenggelam, diambil alih, atau ditinggalkan karena basi setelah beberapa jam. Lebih dari sebelumnya, setiap percakapan akan punya tempat tersendiri di Discord sekarang,” lanjut Discord.

Nantinya pemilik mod server bakal diberi kemampuan untuk membuat Forum Channel dalam jumlah tak terbatas. Cara bikin Forum Channel juga sangat mudah.

Pengguna bisa klik tombol “Create Channel” untuk menampilkan opsi “Forum Channel.” Pilih opsi tersebut, beri nama pada Forum Channel, dan kalau perlu batasi pengguna yang bisa gabung ke forum tersebut.

Forum Channel sendiri bisa berupa saluran teks, audio atau juga saluran jenis baru. Setiap saluran akan bisa dibedakan melalui ikon gelembung obrolan.

Ketika pengguna mengklik ikon gelembung obrolan, Discord akan menampilkan daftar thread percakapan tertentu yang diunggah di bawah topik tertentu. Dengan mekanisme seperti ini, setiap obrolan yang ada di dalam Discord akan jadi lebih terorganisir.

Nah yang nggak kalah penting, Forum Channel juga punya serangkaian izinnya tersendiri bernama Post Guideline. Pemilik server bisa bikin pedoman terpisah untuk setiap forum. Fungsinya yakni untuk membantu anggota Discord supaya paham untuk apa saluran itu dipakai.

Selain itu AutoMod Discord juga akan kompatibel dengan Forum Channel. Jadi mayoritas bot atau aplikasi yang membantu memoderasi thread harusnya juga berfungsi.

Saat ini fitur Discord Forum Channel sudah mulai diluncurkan ke semua pengguna secara bertahap. Peluncuran fitur ini terjadi nggak lama setelah Discord meluncurkan fitur Discord Voice di Xbox.

    %d blogger menyukai ini: