Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Kenapa Ada Fitur iOS 16 Yang Tidak Muncul Di iPhone Milikmu?

Anom Penulis

iOS 16 sudah meluncur dan mungkin kamu masih sibuk mengutak-utik atau mencoba berbagai fitur barunya. Namun mungkin kamu menemukan kalau beberapa fitur iOS 16 yang diumumkan tidak ada di iPhone milikmu?

Memang tidak semua fitur hadir bersamaan. Lalu tidak semua fitur tersedia untuk semua tipe iPhone. Walau mungkin mengecewakan, tapi ya seperti itu adanya.

popculture.id

Beberapa fitur belum hadir karena memang masih dalam tahap pengembangan. Misalnya fitur Live Activities (Aktivitas Langsung) yang baru akan hadir menyusul sekitar akhir tahun.

Beberapa fitur lain tidak hadir karena berhubungan dengan hal teknis. Seperti chipset atau jenis layar yang dipakai. Tentunya, ini berhubungan dengan generasi dan seri iPhone milikmu.

fitur ios 16

Lalu, seperti kita ketahui, ada beberapa fitur yang tersedia di negara tertentu karena masalah sukungan bahasa. Contohnya semua fitur yang berhubungan dengan perintah suara atau mendikte.

Nah, berikut ini ada beberapa fitur iOS 16 yang mungkin tidak ada di iPhone milikmu sesuai dengan alasan di atas.

  • Layer di Lock Screen
    Fitur ini memungkinkan kedalaman dengan meletakkan obyek wallpaper di depan jam. Fitur multilayer di lock screen ini hanya tersedia untuk iPhone XS atau lebih baru.
  • Live Text
    Fitur ini memungkinkan kamu copy teks, konversi mata uang, dll dari foto dan video yang kamu pause/hentikan. Tapi hanya tersedia untuk iPhone dengan chipset A12 Bionic atau lebih baru, alias minimal iPhone XR, XS, atau lebih baru.
  • Masukkan Emoji dengan Suara atau Siri
    Kamu bisa mendikte emoji dengan suara. Tapi hanya tersedia untuk iPhone dengan chipset A12 Bionic atau lebih baru, alias minimal iPhone XR, XS, atau lebih baru. Lalu tersedia untuk bahasa tertentu saja (Indonesia belum termasuk).
  • Live Caption
    Fitur ini memungkinkan kamu melihat teks untuk ucapan yang ada di video secara langsung. Tapi fitur ini hanya tersedia untuk iPhone 11 dan yang lebih baru dan baru terbatar untuk bahasa Inggris.
  • Latar Depan Kabur di Mode Potret
    iOS 16 memungkinkan kamu bikin foto potret lebih keren dengan membuat latar depan kabur (blur). Fitur ini juga membuat Mode Sinematik lebih akurat menangani rambut atau gelas. Tapi fitur ini hanya tersedia untuk iPhone 13 dan yang lebih baru.
  • Mengenali Obat dengan Kamera
    Aplikasi Health iPhone bisa mengenali obat melalui kamera. Fitur ini tersedia untuk iPhone XR, XS, dan yang lebih baru.
  • Live Activities
    Akan datang menyusul sebelum akhir tahun.
    Live Activity untuk NBA dan Premiere League baru akan tersedia untuk Amerika dan Kanada.
  • Copas obyek foto
    Tersedia untuk iPhone dengan chipset A12 Bionic atau lebih baru. Artinya hanya tersedia untuk iPhone XR, XS, dan yang lebih baru.
  • Info Persentase Baterai di Status Bar
    Tidak tersedia untuk beberapa iPhone tertentu, seperti iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12 Mini, dan iPhone 13 Mini.

    %d blogger menyukai ini: