Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

iPadOS 16 Sajikan Fitur Produktivitas dan Kolaborasi Baru yang Handal

Indri Penulis

Apple resmi mengenalkan sistem operasi iPadOS 16 untuk perangkat iPad. Nah, ini dia berbagai fitur baru iPadOS 16 yang siap manjakan pengguna.

Tanggal 6 Juni 2022 adalah waktu tersibuk buat Apple. Pasalnya ada banyak pengumuman penting yang diberikan Apple dalam acara WWDC 2022. Mulai dari mengumumkan jajaran MacBook 2022, sampai berbagai sistem operasi baru seperti iOS 16, iPadOS 16, watchOS 9, dll.

popculture.id

Fitur Baru iPadOS 16

Setelah sebelumnya saya sudah membahas fitur-fitur baru dari iOS 16, kali ini saya gantian mau membahas soal berbagai fitur baru di iPadOS 16. Yuk langsung saja simak penjelasannya!

Fitur Baru di Messages

Aplikasi Messages kedatangan fitur baru yang memudahkan kamu untuk berkolaborasi dan mengelola konten bersama di File, Keynote, Numbers, Pages, Notes, Remider, Safari, dan juga aplikasi pihak ketiga.

Ketika mengirim udangan kolaborasi lewat Messages, semua orang yang ada di dalam thread otomatis akan ditambahkan ke dokumen, spreadsheet atau proyek. Lalu ketika ada yang membuat perubahan pada file kolaborasi, semua orang bisa melihat pembaruan tepat di bagian atas thread Messages.

Satu lagi, Messages sekarang juga memungkinkan kamu untuk mengedit atau menarik kembali pesan yang baru saja dikirim, mengembalikan pesan yang baru dihapus, dan menandai percakapan yang belum dibaca. Aplikasi ini juga mendukung fitur SharePlay buat nobar bareng teman sambil ngobrol di dalam Messages.

Freeform

Freeform adalah aplikasi kolaborasi baru yang kuat dengan kanvas fleksibel. Di aplikasi ini kamu bisa melihat, berbagi dan berkolaborasi ‘di satu tempat’ tanpa repot mengurus tata letak dan ukuran halaman. Aplikasi ini jugaa sudah mendukung Apple Pencil, jadi aktivitas kolaborasi bakal lebih asyik dan mudah.

Tools Baru di Mail

Di Mail sekarang kamu bisa membatalkan pengiriman pesan sebelum mencapai kotak masuk penerima (ada durasi beberapa menit, sebelum pesan sampai ke kotak masuk penerima), menjadwalkan pengiriman email, dan memindahkan email terkirim ke bagian atas kotak masuk agar mendapatkan tindak lanjut lebih cepat. Aplikasi ini juga hadirkan fitur Remind Later untuk memunculkan pesan kembali.

iCloud Shared Photo Library

iCloud Shared Photo Library adalah cara baru untuk berbagi foto ke keluarga (maksimal 6 orang). DI sini kamu bisa berkolaborasi dan menikmati koleksi foto di Memories, Featured Photos, dan widget Photos.

Kamu bisa berbagi foto-foto jadul, atau menggunakan tools khusus untuk membagikan foto tertentu berdasarkan tanggal. Pengiriman foto bisa dilakukan via Bluetooth atau saran berbagi For You. Saat ada anggota yang membagikan, mengedit atau menghapus foto, semua anggota iCloud Shared Photo Library akan mendapat pembaruan juga.

Fitur Kolaborasi di Safari

Safari sekarang mendukung fitur kolaborasi. Fitur Shared Tab Groups memungkinkan pengguna berkolaborasi dalam sekumpulan tab, melihat pembaruan secara instan saat kolaborasi berlangsung, berbagi tab dan bookmark, sampai memulai obrolan grup langsung dari Safari.

Safari juga mendukung fitur Passkeys. Ini adalah fitur keamanan yang menggantikan pemakaian kata sandi di website atau aplikasi. Passkeys bakal disimpan di iPad, dan dipakai khusus untuk situs tempat kamu membuatnya. Fitur ini akan melindungi aktivitas browsing-mu dari orang-orang yang nggak bertanggung jawab.

Aplikasi Weather

Aplikasi Weather sekarang hadir di iPad. Aplikasi ini hadir dengan animasi yang indah. Cukup dengan satu ketukan, kamu bisa melihat informasi cuaca terkini atau menjelajahi pta untuk memeriksa cuaca hujan, kualitas udara, dan juga suhu. Kamu juga bakal mendapat notifikasi kalau cuaca buruk melanda wilayahmu.

Tampilan Live Text Lebih Indah

Sekarang fitur Live text sudah mendukung video. Kamu bisa memutar video lalu menjedanya pada durasi berapapun. Setelah itu Live Text akan menerjemahkan bahasa atau bahkan mengonversi mata yang di dalamnya.

Hadirkan Fitur-Fitur Canggih ke iPad Pro

iPadOS 16 menghadirkan berbagai fitur canggih untuk jajaran iPad Pro. Pertama, ada Preference Mode yang membuat iPad Pro 12,9 inci dengan layar Liquid Retina XDR bisa sesuai dengan persyaratan warna dalam alur kerja (membuat warna lebih akurat dan kualitas gambar konsisten).

Didukung kinerja chip M1, fitur Display Zoom di iPadOS 16 memungkinkan pengguna meningkatkan kerapatan piksel layar, untuk melihat lebih banyak hal di dalam aplikasi (sangat cocok dengan Split View).

Dengan Virtual Memory Swap, penyimpanan iPad bisa dipakai untuk memperluas memori yang tersedia untuk semua aplikasi, dan memberikan hingga 16 gigabyte untuk aplikasi yang peling menguras memori. Hasilnya, multitasking dijamin bakal benar-benar mulus.

Stage Manager Bikin Multitasking Lebih Yahud!

Stage Manager adalah pengalaman multitasking baru yang otomatis bisa mengatur aplikasi dan jendela. Stage Manager akan membuatmu bisa beralih antar tugas dengan mudah.

Nggak cuma itu, Stage Manager juga bisa kamu gunakan untuk membuat jendela yang tumpang tindih dengan ukuran berbeda ‘dalam satu tampilan,’ menyeret dan melepas jendela dari samping, atau membuka aplikasi dari Dock untuk multitasking yang lebih cepat serta fleksibel.

Fitur iPadOS 16 Lainnya

  • Dictation: Menawarkan pengalaman baru yang memungkinkan kamu berpindah dengan lancar antara suara dan sentuhan. Kamu bisa mengetik dengan keyboard, mengetuk bidang teks, memindahkan kursor, sampai menyisipkan saran QuickType tanpa perlu menghentikan Dictation.
  • Siri: Menghadirkan kemampuan untuk menjalankan pintasan segera setelah aplikasi diunduh, tanpa membutuhkan pengaturan awal.
  • Home App: Menawarkan kontrol yang lebih efisien untuk menavigasi, mengatur, dan melihat aksesori pengguna.
  • Desktop-class App: Bisa mengoptimalkan tampilan iPad dari elemen sistem dan interaksi, hingga fitur baru yang tersedia di Mac (termasuk pengalaman undo dan redo yang konsisten di seluruh sistem, pengalaman find & replace yang didesain ulang, kemampuan mengubah ekstensi file, dll).
  • Notes: Sekarang dibekali kemampuan menyesuaikan otomatis yang lebih canggih. Hasilnya, kamu bisa bikin catatan tulisan tangan yang lebih rapi.
  • Handoff di FaceTime: Fitur ini bisa memindah panggilan FaceTime ke perangkat Apple lain yang ada di sekitar. Saat pindah ke perangkat lain, headset Bluetooth yang terhubung bakal bertransisi secara bersamaan, jadi kamu nggak bakal ketinggalan percakapan apapun.
  • Game Center: Akhir tahun ini Game Center bakal mengenalkan dasbor baru yang memungkinkan kamu melihat game mana yang dimainkan teman, pencapaian dan skor tertinggi mereka di seluruh game, dan juga mendukung integrasi SharePlay.

    %d blogger menyukai ini: