TikTok Uji Coba Fitur “Jumps” Buat Tambahin Aplikasi Mini ke Video

TikTok mengumumkan kalau mereka sedang menguji coba fitur “Jumps.” Fitur ini memungkinkan kreator menyisipkan aplikasi mini ke video.

Saat ini uji coba fitur tersebut cuma bisa dinikmati oleh segelintir konten kreator, dan semua kreator yang terdaftar dalam program Creator Fund. Namun dalam pengumumannya, TikTok mengatakan kalau mereka bakal meluncurkan fitur Jumps ke semua pengguna setelah pengujian lebih lanjut.

Bicara soal Jumps, sebenarnya cara kerja fitur ini sangat sederhana. Contohnya kamu bikin video tentang resep masakan. Nah, kamu bisa menyematkan tautan ke aplikasi resep (Whisk, dll). Nanti penontonmu akan membaca resep lengkapnya (secara tertulis) di aplikasi resep tersebut.

Jumps juga bersifat opsional, artinya kamu bisa menambahkannya ke video atau tidak. Tapi kalau kamu memakai Jumps ke video, kamu bisa menyesuaikan konten yang akan dilihat penonton.

Mekanismenya bisa kamu tonton di video ini. Video ini mencontohkan cara menyisipkan aplikasi Whisk ke video TikTok.

Sementara untuk penonton, saat menonton video dengan Jumps, mereka akan melihat tombol di dekat bagian bawah layar. Kalau tombol itu diklik, maka mereka bakal dibawa ke halaman pop-up yang tampil di TikTok.

Sebenarnya, TikTok telah lama menguji coba fitur ini. Hanya saja kali ini uji coba diperluas ke lebih banyak konten kreator.

TikTok juga turut menggandeng beberapa perusahaan terpilih untuk mengembangkan Jumps. Katakanlah seperti Whisk, Wikipedia dan Tabelog. Ke depannya, perusahaan lain seperti BuzzFeed dan IRL juga akan bergabung ke Jumps.

%d blogger menyukai ini: