Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

9 Fitur Kamera Rahasia Samsung Galaxy S22 Series dan Fungsinya

Indri Penulis

Kehebatan kamera Samsung Galaxy S22 Series tak lepas dari berbagai fitur di dalamnya. Inilah berbagai fitur kamera terbaik Galaxy S22 Series.

Jajaran Samsung Galaxy S22 Series resmi diumumkan tanggal 9 Februari 2022. Sama seperti pendahulunya, seri ini hadir dalam 3 model ponsel yang terdiri dari Galaxy S22 Ultra, Galaxy S22 dan Galaxy S22+.

Sebagai jajaran ponsel terbaik dan tercanggih Samsung saat ini, Galaxy S22 Series tentu menyajikan berbagai keunggulan dibanding lini Samsung Galaxy yang lain. Apalagi dalam kamera, Galaxy S22 Series boleh dibilang jauh lebih unggul dibanding pendahulunya.

Tapi kali ini saya nggak akan membahas soal resolusi kamera yang ditawarkan Galaxy S22 Series. Kali ini saya khusus membahas soal fitur kamera rahasia yang dimiliki oleh jajaran Samsung Galaxy S22 Series. Sesuai namanya, ini adalah deretan fitur rahasia yang bikin hasil jepretan ponsel jadi ‘another level.’

Adaptive Pixel

Fitur ini akan berfungsi menggabungkan sensor utama (50MP atau 108MP tergantung model ponselnya) dengan kamera ultrawide 12MP. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan detil bidikan dari kamera utama, sekaligus menangkap lebih banyak cahaya dari ukuran piksel yang ditingkatkan. Hasil akhirnya gambar akan terlihat super tajam, berwarna cerah dan ukurannya tidak terlalu besar.

Auto Framing

Auto Framing sebenarnya sudah ada sejak Galaxy S21 Series. Tapi kali ini, Samsung menghadirkan fitur Auto Framing tingkat lanjut ke Galaxy S22 Series.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan ponsel Galaxy S22 Series bisa otomatis mendeteksi subjek yang akan difoto. Fitur ini juga dapat mendeteksi sampai 10 subjek, mengoptimalkan fokus bidikan, serta menyesuaikan rentang zoom baik saat subjek mendekat atau menjauh. Fitur ini juga mampu menyesuaikan warna, saturasi, kontras, dll pada objek.

Baca Juga:  Samsung Galaxy Z Fold 4 Pakai "Super UTG" dan Mendukung S Pen Biasa

Super Steady System dan OIS Tingkat Lanjut

Semua model Galaxy S22 Series dibekali fitur Optical Image Stabilization (OIS) di kamera utama. Sedangkan Super Steady System pada dasarnya menggabungkan OIS dengan Electronic Image Stabilization (EIS). Hasilnya apa? Ponsel bisa merekam video dengan sangat stabil.

OIS nggak hanya membantu perekaman video agar stabil. Lebih dari itu, fitur OIS juga bisa menjaga agar ponsel tetap stabil saat dipakai memotret gambar dalam situasi apa pun. Dengan begitu gambar tidak akan buram.

Nightography

Fungsi dari fitur yang satu ini sangat mudah diketahui. Nightography (Night + Photography) adalah nama baru dari Night Mode yang ada di ponsel Samsung Galaxy generasi sebelumnya.

fitur kamera galaxy s22 series

Fitur Nightography sendiri pada dasarnya berfungsi untuk membuat gambar malam jadi lebih jelas dan tidak buram. Fitur ini akan menggunakan multi-frame stacking untuk mendapatkan cahaya sebanyak mungkin ke dalam bidikan, dengan noise paling sedikit.

Khusus buat Galaxy S22 Ultra, ponsel ini punya ukuran piksel 23% lebih besar. Hal tersebut membuat kualitas foto malam Galaxy S22 Ultra jauh lebih unggul dibanding 2 saudaranya.

Jadi kalau misalnya kamu lagi jalan-jalan pas malam hari, boleh banget pakai fitur ini. Kamu bisa gunakan Nightography untuk memotret gambar/video gedung, area perkotaan, atau bahkan konstelasi bintang di langit saat malam hari.

AI Stereo Depth Map

Ketika fitur ini aktif, ponsel Galaxy S22 Series akan menggunakan deep-learning AI untuk meningkatkan detil dan kedalaman foto.

Contohnya pas kamu mengambil foto potret dan fokusmu adalah seseorang yang ada di tengah. Kalau nggak pakai Ai Stereo Depth Map, biasanya batas antara subjek dengan pemandangan di belakangnya akan terlihat buram. Tapi kalau fitur tersebut aktif, orang yang dijadikan subjek akan benar-benar terlihat jelas (bahkan helaian rambut pun akan terlihat tajam).

Baca Juga:  Rumor: Laptop Layar Lipat Samsung Flex Note akan Hadir Tahun Ini

Portrait Mode

fitur kamera galaxy s22 series

Dibikin lebih bagus dari pendahulunya, Portrait Mode di ponsel Galaxy S22 Series kali ini bakal bekerja bareng AI Stereo Depth Map. Dengan kolaborasi itu, kamu bisa mengambil foto potret baik di siang/malam hari dengan tepian subjek yang akurat (bahkan kalau subjeknya hewan sekaligus). Oya, fitur ini juga berfungsi di kamera depan lho.

Expert RAW

fitur kamera galaxy s22 series

Kali ini Samsung resmi mengenalkan fitur Expert RAW ke Galaxy S22 Series. Fitur ini akan memberimu beberapa opsi ekspor dan edit. Lewat Expert RAW kamu bisa menggunakan kontrol granular langsung di aplikasi kamera, dan bisa kamu utak-atik sebelum menjepret gambar. Oya karena ada embel-embel ‘RAW,’ kamu juga bisa mengklik gambar 16-bit berkualitas tinggi.

Space Zoom

Kamu mungkin juga sudah nggak asing dengan fitur yang satu ini. Pasalnya fitur ini juga ada di ponsel Galaxy S21 Series sebelumnya.

Apa fungsi fitur Space Zoom di Galaxy S22 Series? Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan zoom gambar sampai 30x. Jadi kamu bisa merekam/memotret burung yang sedang terbang di langit, atau objek lain yang sangat jauh.