Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Fitur Konsol Hebat yang Kurang Dimanfaatkan dan Terbengkalai

Indri Penulis

Sebenarnya ada banyak lho fitur konsol hebat yang pernah tercipta, sayangnya beberapa fitur konsol ini justru kurang dimanfaatkan dan terbengkalai.

Hampir semua orang juga tahu, kalau setiap inovasi dan kreativitas pasti bakal muncul ketika sebuah konsol baru diluncurkan. Nggak cuma inovasi dalam hal desainnya saja, namun biasanya inovasi-inovasi baru juga tercermin dalam fitur segar yang diusung oleh sebuah konsol keluaran terbaru.

popculture.id

Menariknya, hal tersebut seolah sudah menjadi tradisi sejak ‘tempoe doeloe.’ Sayangnya, nggak semua fitur baru dan canggih yang didebutkan konsol terbaru langsung laris dipakai pengguna. Nggak jarang beberapa fitur hebat di konsol justru kurang dimanfaatkan dan akhirnya nggak kepakai.

Kali ini saya telah merangkum beberapa fitur konsol hebat yang kurang dimanfaatkan dan akhirnya terbengkalai. Huft.. Sebenarnya sayang banget sih kalau melihat fitur-fitur epic ini mubadzir begitu saja. Yuk, langsung saja kita lihat apa saja fiturnya!

Nintendo Switch HD Rumble

Ini adalah entri terbaru yang ada di dalam daftar ini, yah setidaknya untuk saat ini. Seperti yang kita tahu, Nintendo telah sukses besar dengan konsol genggamnya yakni Switch. Sifat gandanya sebagai konsol rumahan ketika dipasang ke dock, lalu berubah menjadi perangkat portabel yang bisa dibawa ke mana saja membuatnya digandrungi banyak gamer sejak pertama kali diluncurkan.

Walau sukses besar, bukan berarti semua fitur di Nintendo Switch laris manis. Ada salah satu fitur Nintendo Switch yang nggak sama sekali nggak laku. Fitur tersebut adalah HD Rumble, yang sebenarnya bisa menciptakan imersi mengagumkan jika dimanfaatkan dengan benar.

Sayangnya Nintendo salah strategi saat mempromosikan fitur ini. Bukannya menggunakan game terkenal, Nintendo justru menggunakan game nggak terkenal, yang bahkan mereka sendiri ragu untuk merilis sekuelnya. Karena inilah HD Rumble nggak diminati publik sampai sekarang.

Wii U

Wii U adalah strategi lain yang diambil Nintendo untuk mencapai kejayaan seperti era konsol Wii sebelumnya. Sayangnya karena penamaannya aneh, perangkat ini sering disalahartikan sebagai aksesori lain yang diperuntukkan untuk Wii. Sampai akhirnya, konsol ini nggak terlalu diminati gamer. Karena gamer masih lebih fokus pada konsol Wii.

Tapi sisi baiknya, jika tidak ada Wii U, mungkin kita tidak akan melihat Nintendo Switch seperti sekarang. Wii U bisa dibilang sebagai cikal bakal Nintendo Switch masa kini. Bahkan Wii U bisa dibilang ‘sedikit lebih canggih’ dari Nintendo Switch, yakni dalam masalah kamera.

Jadi konsol ini memungkinkan penggunanya melakukan panggilan video dengan pengguna Wii U lainnya, sesuatu yang bahkan tidak bisa dilakukan oleh Nintendo Switch kan?

Touchpad Belakang PlayStation Vita

PlayStation Vita adalah penerus PlayStation Portable. PlayStation Vita mungkin tampak fenomenal dengan grafis seperti konsol, stik analog kembas dan bahkan fitur layar sentuh.

Pindah ke sisi belakang mesin, ada lebih banyak fitur sentuh. Sayangnya fitur-fitur yang sebenarnya memiliki potensi besar itu, justru malah nggak kepakai. Pengguna merasa lebih nyaman menggunakan fitur yang ada di bagian depan.

Xbox One Snap

Xbox Snap adalah salah satu fitur di Xbox One yang memungkinkan gamer untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Itu artinya, pengguna bisa membuka Netflix saat mereka membuka web, atau membuka obrolan Twitch saat mereka bermain game di jendela lain.

Sebenarnya inovasi yang dihadirkan oleh fitur Xbox Snap ini cukup brilian, dan dirancang agar pengguna bisa multitasking saat menggunakan Xbox One. Sayangnya pengimplementasian fitur ini dinilai sangat buruk dan penggunaannya juga rendah. Hal ini menyebabkan fitur sebrilian Xbox Snap terpaksa terkubur hidup-hidup di tengah fitur-fitur Xbox One lainnya.

Mikrofon Nintendo DS

Nintendo adallah raja pasar konsol genggam yang nggak perlu dipertanyakan lagi. Dari Game and Watch dan seterusnya, Nintendo menemukan alurnya secara konsisten dengan membuat perangkat genggam dengan berbagai fitur yang bisa diterima dengan baik di tengah masyarakat. Mungkin salah satu yang paling terkenal selain GameBoy adalah DS.

DS adalah singkatan dari Dual Screen. Dengan grafis yang luar biasa, permainan yang fantastis, serta fitur unik, Nintendo akhirnya berhasil unggul berkat fitur DS.

Merasa fitur DS sangat laris, Nintendo mulai menambahkan berbagai fitur baru, salah satunya adalah mikrofon internal. Waktu itu, mikrofon internal digunakan dalam beberapa judul game Zelda. Karena waktu itu belum ada ‘game online’ seperti sekarang, fitur mikrofon pun jadi nggak penting dan akhirnya tidak terpakai.

Kalau dipikir-pikir, ngapain main game offline perlu pakai mikrofon? Toh yang dengar suaranya cuma diri sendiri. Ya nggak sih?

Nah itu tadi beberapa fitur hebat yang ada di konsol tapi kurang dimanfaatkan dan akhirnya terbengkalai. Menurutmu, fitur mana yang paling menarik?

    %d blogger menyukai ini: