Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Fitur Paling Keren Macbook Yang Nggak Ada Di Laptop Windows

Anom Penulis

Perdebatan soal Mac vs Windows mungkin tidak akan pernah usai, walau saat ini sudah menurun intensitasnya. Walau begitu, ada satu fitur di Macbook yang paling praktis dan keren, yang sampai saat ini belum bisa kamu temukan di laptop Windows.

Kita bisa berdebat soal spesifikasi, fitur canggih, aplikasi, main game, ekosistem, dll jika membandingkan antara Mac dan Windows. Sah-sah saja dan tidak salah.

Namun, untuk saya pribadi, ada satu fitur khusus macOS yang bisa membuat laptop Macbook benar-benar menjadi perangkat portabel sesungguhnya. Tidak percaya?

Kelemahan Penggunaan Touchpad

Oke, untuk mengawali, silakan angkat tangan jika kamu selalu memakai mouse untuk mengoperasikan laptop. Silakan angkat tangan jika kamu membawa mouse menemani laptop ke mana saja. Saya yakin sebagian orang melakukannya (bahkan mungkin pengguna Mac yang belum tahu fitur yang saya maksud).

Hal ini berhubungan dengan perilaku kita mengoperasikan komputer. Misalnya klik kiri, klik kanan, scroll, terutama klik kiri dan geser untuk menggerakkan sebuah obyek di layar.

Tanpa mouse, klik kiri dan klik kanan memang sudah mudah kita lakukan dengan menekan (tap) satu jari dan dua jari. Begitu juga scroll dengan menggeser 2 jari. Mudah dan nyaman.

Namun untuk menggeser obyek, agak lain ceritanya. Menekan bagian kiri bawah touchpad (klik kiri) dengan jempol (atau dengan jari dari tangan kiri) dan menggeser obyek (drag) dengan telunjuk tidak terlalu nyaman kita lakukan.

Di sinilah Mac menawarkan sebuah fitur yang praktis.

Menyeret dengan 3 Jari

Fitur keren yang saya maksud ini adalah ‘3 Finger Drag’ atau 3 jari untuk menyeret. Dengan fitur ini, kamu bisa menggeser obyek di layar dengan 3 jari. Bahkan, jika 3 jari menempel di touchpad (atau trackpad menurut istilah Apple), kamu hanya membutuhkan 1 jari untuk menggeser.

Fitur ini memungkinkan posisi tangan dan jari bergerak lebih natural. Otot di tangan tidak tegang karena jempol menekan tombol sementara jari telunjuk menggeser. Dengan ‘3 Finger Drag’, kamu hanya menyentuh trackpad dengan 3 jari dan menggeser obyek dengan menggerakkan salah satu jari.

Untuk pengguna Mac yang belum tahu, ini cara mengaktifkan fitur ‘3 Finger Drag’:

  1. Buka System Preferences.
  2. Masuk ke Accessibility.
  3. Pilih Pointer Control dari menu di sebelah kiri.
  4. Aktifkan ‘Enable Dragging‘.
  5. Pilih ‘Three Finger Drag‘ dari menu.
  6. Tekan ‘OK‘.
setelan fitur 3 finger drag di mac

Untuk pengguna macOS versi lama, ini cara mengaktifkan fitur ‘3 Finger Drag’:

  1. Buka System Preferences.
  2. Masuk ke Accessibility.
  3. Pilih Mouse & Trackpad dari menu di sebelah kiri.
  4. Tekan Trackpad Option.
  5. Aktifkan ‘Enable Dragging‘.
  6. Pilih ‘Three Finger Drag’ dari menu.
  7. Tekan ‘OK‘.

Fitur Praktis

Mungkin kamu akan berpikir, “Ah, cuma itu saja, pakai mouse juga nggak masalah.” Ya, memang bukan masalah besar. Semua adalah pilihan.

Namun, kalau kamu seorang digital nomad yang suka bekerja di co-working space atau di kafe, hal ini bisa membawa perubahan. Paling tidak ini yang saya rasakan.

Dengan fitur ini dan keawetan baterai Macbook, saya hanya cukup membawa laptop saja. Saya tidak perlu bawa charger atau mouse. Simpel, tidak ribet.

Lalu sejauh apa kita bisa memanfaatkan fitur ‘3 Finger Drag’ ini di Macbook? Hm, silakan bandingkan penggunaannya dengan cara konvensional (tanpa mouse) untuk membuat desain. Entah itu di Canva atau aplikasi lain. Saya sendiri bisa membuat desain di Photoshop dan Illutrator dengan nyaman pakai fitur ini, tanpa mouse.

Yah, itulah fitur yang saya anggap paling keren di Macbook. Fitur lain yang tidak kalah keren dan praktis adalah mengetik karakter atau simbol khusus di keyboard.

Nah, pengguna Mac, apakah kamu sudah memakai fitur ini?

    %d blogger menyukai ini: