Fitur Pencarian Instagram akan Bisa Tampilkan Foto & Video Mirip TikTok

Instagram berencana menghadirkan peningkatan di fitur pencarian. Nantinya fitur ini akan dapat menampilkan hasil berupa foto dan video.

Sebagai salah satu fitur yang paling penting, sudah tak terhitung lagi berapa kali pengguna memakai fitur pencarian Instagram setiap harinya. Baik untuk mencari akun orang lain, akun populer, tagar, sampai tempat tertentu.

Kabar bagusnya, Instagram berencana untuk merombak fitur pencariannya. Rencana ini diumumkan langsung oleh kepala Instagram, Adam Mosseri.

Dalam pengumumannya Adam Mosseri menjelaskan kalau Instagram berencana untuk lebih menekankan kesan visual ke platform-nya. Salah satunya yakni dengan merombak bagian pencarian yang selama ini terlihat monoton.

Jadi nanti di masa depan, fitur pencarian Instagram akan bisa menunjukkan kisi-kisi foto dan video (yang kalau dilihat-lihat agak mirip dengan hasil pencarian di TikTok).

Sebagai perbandingan, ini adalah tampilan fitur pencarian yang ada saat ini. Fokus fitur tersebut cuma menampilkan nama akun dan tagar.

Sumber : Instagram

Sementara itu, ini adalah perbedaan fitur pencarian yang dibeberkan oleh Adam Mosseri. Gimana menurutmu perbedaannya, sangat mencolok kan? Beda jauh dengan yang ada selama ini kan?

Sumber : Instagram

Kalau hasilnya seperti gambar di atas, fitur pencarian jadi lebih menarik, dan orang bisa langsung klik foto atau video yang menurut mereka menarik.

Nanti setiap kali kita menulis sebuah kata kunci, hasil berupa saran foto dan video akan tampil bersama dengan akun serta tagar tradisional.

Tapi Mosseri menekankan kalau hasil visual (yang berupa foto dan video) hanya akan muncul kalau keyword-nya bersifat umum dan berbahasa Inggris (untuk sementara).

Menariknya lagi, bagian pencarian juga kedatangan tab baru bernama “Audio.” Sesuai namanya, tab ini akan menampilkan hasil pencarian audio sesuai kata kunci.

Sayangnya Mosseri nggak menjelaskan untuk apa audio-audio tersebut. Apakah cuma bisa diputar biasa, atau bisa dipakai ke fitur-fitur lainnya seperti (seperti Reels dan Instagram Stories mungkin). Mosseri juga nggak menyebutkan kapan peningkatan ini akan diluncurkan.

%d blogger menyukai ini: