Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

4 Fitur Rahasia Gboard yang Jarang Diketahui Orang

menggunakan google keyboard atau gboard
Indri Penulis

Sering pakai Gboard tapi tahunya cuma fitur yang itu-itu aja? Simak beberapa fitur rahasia Gboard berikut ini yuk. Dijamin bikin hidupmu asik!

Gboard adalah keyboard default yang ada ponsel Android. Tapi karena hadir dengan fitur bawaan, nggak sedikit pengguna yang mengira fitur Gboard cuma itu-itu aja (cuma bisa dipakai ngetik, nambahin emoji / Emoji Kitchen sama ikon tertentu).

popculture.id

Hm.. Padahal di balik itu semua, Gboard punya berbagai fitur tersembunyi yang kalau bisa dimanfaatkan dengan maksimal, fitur tersebut bakal bikin aktivitas ‘ngetik-mengetik’ jadi lebih asik dan cepat. Kamu bisa simak artikel ini buat tahu apa saja fitur rahasia Gboard yang jarang diketahui orang.

Terjemahkan Teks Langsung dari Gboard

Perlu kamu tahu, Gboard telah dibekali fitur penerjemah langsung dari Google Translate lho. Fitur ini bisa membantumu menerjemahkan kata / kalimat dengan dukungan lebih dari 90 bahasa saat kamu mengetik.

Bagaimana cara menerjemahkan teks langsung dari Gboard? Ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka Gboard di ponselmu.
  • Klik tombol panah kanan yang ada di pojok kiri atas Gboard.
  • Selanjutnya, klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas Gboard.
  • Kemudian klik ikon Google Translate dan pilih “Ok” pada pop-up notifikasi yang muncul.
  • Selanjutnya, kamu bisa pilih setelan bahasa asal dan bahasa yang mau kamu terjemahkan (tenang, fitur ini sudah mendukung terjemahan bahasa Indonesia kok).
  • Kalau sudah, kamu tinggal mengetikkan kalimat / kata-kata dan Gboard akan langsung menerjemahkan di kolom teks.

Pilih Teks Lebih Mudah Pakai Trackpad Mode

Aktivitas memilih teks cukup merepotkan saat dilakukan di smartphone. Pasalnya kamu nggak memiliki kontrol kursor yang tepat. Tapi tahu nggak, sebenarnya Gboard punya fitur yang bisa membuat aktivitas tersebut lebih mudah lho.

Kamu bisa memindahkan kursor dengan cara swap bilah spasi ke kiri atau kanan untuk menyorot teks tertentu. Dengan fitur ini, kamu bisa menghapus beberapa kata sekaligus tanpa perlu menekan tombol hapus beberapa kali deh. Caranya kamu cukup klik dan tahan tombol hapus, lalu swap tombol tersebut ke kiri atau kanan mengikuti teks yang mau kamu hapus. Nanti teks akan otomatis dihapus saat kamu melepaskan jarimu.

Akses Keyboard Alternatif dengan Cepat

Setiap kali kamu mau masukin tanda baca seperti tanda seru atau tanda tanya, biasanya apa yang kamu lakukan? Kamu mengklik keyboard numerik menggunakan tombol “?123” kan? Nah di Gboard, kamu bisa mengakses keyboard alternatif hanya dengan mengetuk dan menahan tombol titik.

Ngetik Pakai Mode Satu Tangan

Kalau kamu kesulitan ngetik pada dua tangan, kamu bisa coba mode satu tangan. Gboard punya mode satu tangan untuk meringankan bebanmu itu. Begini cara menggunakan mode satu tangan di Gboard:

  • Klik ikon panah yang ada di sudut kiri atas Gboard.
  • Selanjutnya, klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Terakhir, klik menu “One-handed.”

Setelah itu, Gboard otomatis akan menyusut dan posisi keyboard otomatis bakal bergeser ke sisi kanan atau kiri layar. Tenang, kamu bisa menyesuaikan posisi keyboard dengan mengklik tanda panah yang ada di sisi kanan/kiri.

Oke, itu tadi beberapa fitur rahasia Gboard yang jarang diketahui orang. Gimana, apakah ada fitur di atas yang udah kamu tahu?

    %d blogger menyukai ini: