5 Fitur Rahasia Gmail yang Bikin Hidupmu Makin Asyik

Indri Penulis

Kamu tahu nggak, ternyata Gmail punya banyak fitur rahasia yang jarang diketahui orang lho. Simak beberapa fitur rahasia ini untuk memudahkan hidupmu.

Gmail adalah platform email terpopuler di dunia. Gmail hampir selalu dipakai oleh banyak orang baik untuk urusan kerjaan, sekolah, dll, buat mengirim pesan/file penting.

Sebagai salah satu platform email terbesar di dunia, sudah bukan rahasia lagi kalau Gmail punya segudang fitur menarik yang siap memanjakan pengguna.

Tapi sayangnya karena punya terlalu banyak fitur, orang-orang mungkin sampai nggak tahu kalau Gmail punya beberapa fitur rahasia dengan fungsi ‘gila.’ Kalau kamu tahu fitur-fitur rahasia ini, dijamin hidupmu bakal lebih asyik. Oke kalau begitu, yuk langsung saja kita cek apa saja fiturnya!

Gmail Offline Mode

Tahu nggak sih, ternyata Gmail masih tetap bisa kamu akses walaupun nggak terhubung ke internet lho. Caranya, kamu cuma perlu mengaktifkan ‘Gmail Offline Mode’ di Pengaturan / Settings. Setelah itu, download email yang mau kamu baca nanti. Sedikit bocoran, Gmail bisa menyimpan email yang kamu unduh tadi selama 90 hari.

Confidential Mode

fitur rahasia gmail

Oke, fitur yang selanjutnya adalah ‘Confidential Mode.’ Lewat fitur ini, kamu bisa mengatur berapa lama email bisa dibaca oleh penerima. Waktu kadaluwarsanya dimulai ketika si penerima membuka pesan. Nanti kamu tinggal klik titik tiga yang ada di bawah lalu pilih ikon gembok dengan jam.

Cari Email Lama

Bagaimana cara mencari email lama yang sudah terlanjur tertimbun? Gampang banget. Kamu bisa ketik ‘after:’ atau ‘before:” di kolom pencarian. Setelah itu, kamu tinggal tulis tahun / hari setelah titik dua (:). Contohnya: “after:2021” atau bisa juga “older_than:30d”

Undo Send

fitur rahasia gmail

Salah mengirim email ke orang lain? Tenang, pakai fitur ‘Undo Send’ saja. Sesuai namanya, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk membatalkan email yang sudah terlanjur terkirim. Di fitur ini kamu bisa pilih batas waktu pembatalan mulai dari 5 – 30 detik di Pengaturan Gmail.

Snooze

fitur rahasia gmail

Fitur ini cocok banget buat kamu yang sibuk sampai nggak sempat baca email. Kamu bisa manfaatkan fitur ini buat memilih waktu untuk membalas email tersebut. Cara pakainya juga gampang banget. Kamu tinggal klik ikon jam weker yang ada di sebelah pesan.

Oke itu tadi beberapa fitur tersembunyi Gmail yang jarang diketahui orang. Dengan mengetahui beberapa fitur di atas, kamu bisa menikmati pengalaman pemakain Gmail yang lebih yahud!

    %d blogger menyukai ini: