Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Fitur Reaksi WhatsApp Sekarang Dukung Semua Jenis Emoji

Indri Penulis

WhatsApp iOS dan Android versi beta sekarang telah mendukung semua jenis emoji. Kamu bisa gimana penampakannya dalam ulasan ini.

Sebagai salah satu raksasa aplikasi chat di dunia, perkembangan WhatsApp terkenal lambat kalau dibanding rekan-rekannya seperti Telegram dan Messenger. Ketika Telegran dan Messenger sudah punya berbagai fitur inovatif dan canggih, WhatsApp masih di belakang dengan fitur-fiturnya yang ‘ala kadarnya.’

popculture.id

Tapi beberapa waktu lalu, WhatsApp akhirnya membuat gebrakan baru dengan meluncurkan fitur reaksi pesan. Ini adalah fitur yang bahkan sampai sekarang belum dimiliki oleh Telegram, baik Telegram Premium atau Telegram versi gratisan.

Sesuai namanya, fitur reaksi pesan WhatsApp memungkinkan pengguna memberikan reaksi berupa emotikon kepada pesan yang mereka terima dari orang lain.

Di awal peluncurannya, fitur reaksi pesan WhatsApp hanya mendukung 6 emotikon. Keenam emotikon tersebut terdiri dari ikon jempol, hati, tertawa sampai menangis, ekspresi wajah membentuk huruf ‘O’, emot sedih, dan juga emot menutup kedua tangan.’

Tapi baru-baru ini berdasarkan temuan terbaru dari WABetaInfo (via XDA-Developers), fitur reaksi pesan WhatsApp sudah mulai mendukung semua emoji. Tapi fitur ini baru bisa dicoba oleh para pengguna versi beta WhatsApp iOS 22.14.0.71 dan Android versi beta 2.22.15.6.

Apa perubahan yang terjadi ketika seseorang telah mendapatkan pembaruan ini? Kalau kamu sudah mendapatkan pembaruan ini, ketika kamu ingin memberikan reaksi ke pesan, maka kamu akan melihat tombol tambah di samping tombol emoji paling kanan. Ketika kamu klik tombol tersebut, kamu akan melihat daftar semua emoji yang ada di WhatsApp (termasuk emoji dengan opsi warna kulit).

Sampai sekarang masih belum jelas kapan WhatsApp akan merilis pembaruan ini secara resmi ke semua pengguna WhatsApp. Tapi karena sudah masuk tahap uji coba, seharusnya kita bisa melihat versi akhir dari fitur ini dalam beberapa minggu mendatang.

Gimana, kamu suka nggak sama perubahan yang akan dihadirkan WhatsApp? Kalau saya sih suka banget. Kalau fitur reaksi pesan WhatsApp mendukung semua emoji, kita akan bisa lebih kreatif dalam mengekspresikan reaksi. Nggak cuma terpaku sama emoji tertentu.

    %d blogger menyukai ini: