Berbagai Fitur ScreenPad+ yang Keren di Laptop ASUS ZenBook Pro Duo

laptop punya panel khusus untuk desain

Setelah melakukan review laptop ASUS ZenBook Pro Duo, kali ini kami akan membahas beberapa fitur ScreenPad+ yang asik berat.

ScreenPad+ merupakan layar kedua yang ada di bagian atas keyboard dan touchpad, sekaligus menjadi fitur unik di laptop ASUS ZenBook Duo dan ZenBook Pro Duo.

Kehadiran layar kedua di laptop tersebut sudah terbukti membawa multitasking ke jenjang lebih tinggi. Selain itu, layar kedua ini juga bisa membantumu mendapat alur kerja yang lebih asik di aplikasi kreatif, seperti Adobe Photoshop atau Premiere.

Tapi sebenarnya apa saja yang bisa dilakukan oleh layar sekunder ini? Nah, inilah fitur menarik ScreenPad+ menurut kami.

Mengatur Jendela Aplikasi

Dengan adanya layar kedua, kamu bisa mengatur posisi jendela aplikasi sesuai keinginanmu. Ya, kamu bisa melakukannya dengan Task View dari Windows 10. Tapi ScreenPad+ juga punya beberapa trik tersendiri.

App Navigator

App Navigator di ScreenPad+ boleh dibilang mirip seperti Task View. Kamu bisa memindah jendela aplikasi dari layar utama ke ScreenPad+ atau sebaliknya dengan ‘drag n drop’.

Kamu bisa mengakses App Navigator dari Control Center ScreenPad+.

atur jendela aplikasi di screenpad+

Window Reposition

Kalau memakai App Navigator terasa kurang praktis, kamu juga bisa memakai fungsi Windows Reposition. Ketika kamu menggeser jendela, akan muncul dua tombol, berpindah layar dan layar penuh. Geser ke salah satu tombol itu untuk memilih tindakan.

Kamu bisa mengaktifkan fitur ini di setelan Control Center ScreenPad+.

Window Snap

Yes, ScreenPad+ juga mendukung snap ala Windows 10. Kamu bisa menggeser jendela aplikasi ke bagian pinggir layar untuk menentukan posisi dan ukuran jendela. Di layar kedua ini, secara standar ukuran jendela bisa ⅓, ⅔, atau ½ layar, selain ukuran bebas yang kamu atur sendiri dengan menggeser pinggir jendela.

Kamu juga bisa mengatur posisi jendela aplikasi utama di ScreenPad+ melalui setelan Control Center.

Control Panel Khusus

Control Panel merupakan fitur unik yang memberikan panel peralatan untuk beberapa aplikasi dari Adobe, seperti AfterEffects, Lightroom Classic, Photoshop, dan Premiere Pro. Kamu bisa meletakkan tombol shortcut yang sering kamu pakai di panel ini.

Control Panel akan muncul di ScreenPad+ bersama aplikasi bersangkutan. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan sentuhan jari untuk mengaktifkan atau mengubah alat kesukaanmu.

Kamu bisa mengaturnya melalui ‘Control Panel Setting’ di shortcut aplikasi di Control Center. Kamu juga bisa melihat fitur ini sebagai ekstensi di aplikasi bersangkutan (cari di Window > Extensions >AsusDial).

fitur control panel di screenpad+

App Shortcut

Salah satu fitur menarik lain adalah App Shortcut. Lho, apa beda dengan shortcut aplikasi biasa? Yah, selain ada aplikasi tool khas ScreenPad+, kamu juga bisa menyimpan shortcut untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus sesuai posisinya di layar utama dan di ScreenPad+.

Kamu bisa membuat shortcut seperti itu melalui Task Group yang ada di daftar aplikasi di Control Center ScreenPad+.

Fitur shortcut aplikasi di screenpad+

Quick Key

Fitur Quick Key juga seru, karena bisa menampilkan shortcut perintah dalam satu tombol di ScreenPad+. Jadi, alih-alih memencet tombol ‘Ctrl Z’ di keyboard untuk membatalkan, kamu bisa menekan satu tombol saja di ScreenPad Plus.

Kamu bisa menemukan alat ini di daftar aplikasi, juga bisa membuat daftar shortcut sendiri. Bahkan kamu bisa pula mengintegrasikannya sesuai aplikasi tertentu. Sayangnya, tombol ini hanya mendukung perintah dengan dua tombol (seperti Ctrl dan Z). Jadi kamu tidak bisa meletakkan shortcut dengan satu huruf, seperti beberapa tool dari Autodesk SketchBook.

Handwriting

Alat ini berguna untuk mengenali tulisan tangan dan memindahnya ke kolom isian di aplikasi. Jadi, kamu menulis dengan stylus di alat ini, lalu memilih saran teks yang tepat, dan tulisanmu akan berubah jadi ketikan di kolom isian di aplikasi lain. Walau rasanya kurang efisien, harus diakui fitur ini cukup cool.

Kamu bisa menemukan fitur ini di daftar aplikasi pada Control Center ScreenPad+.


Walau sudah memiliki beberapa fitur khas yang asik, menurut saya ASUS masih bisa meningkatkan usability ScreenPad+ dengan lebih baik di laptop unggulan mereka.

Beberapa hal yang saya harapkan adalah adanya fitur scalling yang berguna memperbesar tampilan dan shortcut atau tombol untuk pilihan reposisi jendela yang lebih mudah (seperti aplikasi Spectacle di Mac). Kalau ada, bukan sekedar bisa multitasking like a boss, tapi juga put the king to multitasking.

Untuk informasi lebih detil atau bila ada kendala, kamu bisa melihat halaman bantuan ASUS.

%d blogger menyukai ini: