YouTube Uji Fitur “Super Thanks” – Sumber Pendapatan Baru YouTuber!

YouTube tengah menguji coba fitur anyar bernama “Super Thanks.” Ini adalah cara baru bagi para YouTuber untuk mendapatkan uang.

YouTube telah berdiri lama sebagai platform buat konten kreator berbasis video. Bahkan sebelum TikTok menghadirkan fitur monetisasi buat kreatornya seperti sekarang ini, YouTube sudah lebih dulu dipakai konten kreator buat mengais pundi-pundi uang.

Meski kini kriteria untuk mendapatkan uang dari YouTube ‘lebih ketat’ dibanding dulu, tapi YouTube sepertinya masih berusaha memberikan kompensasi buat YouTuber, yakni dengan menghadirkan fitur monetisasi lainnya.

Katakanlah seperti fitur Super Chat dan Super Stickers, di mana penggemar bisa menyumbangkan hadiah ke YouTuber selama sesi live streaming berlangsung. Jadi setiap kali YouTuber menerima hadiah dari penggemar, mereka bakal mendapatkan uang tambahan dari YouTube.

Nah kali ini YouTube rupanya tengah mempersiapkan satu fitur ‘Super’ lainnya yang bernama Super Thanks. Buat apa fitur ini? Untuk monetisasi juga?

Sumber : iDea HUNTR

Ya, kamu nggak salah. Super Thanks adalah ‘calon’ fitur monetisasi terbaru YouTube. Untuk sementara ini, fitur tersebut baru diuji coba untuk beberapa pengguna.

Nantinya penonton akan melihat tombol “Thanks” baru di tab bawah judul video YouTube. YouTuber bisa menetapkan hingga empat poin harga yang berkisar antara $2 – $50 untuk penggemar.

Sedangkan untuk penggemar, mereka bisa memilih paket harga sesuai selera. Sebelum menekan tombol “Thanks,” mereka juga bisa menulis komentar tertentu sebelum membayar lewat antarmuka Google.

Nanti setelah pembayaran selesai, bakal muncul animasi “Thanks!” lengkap dengan balon-balon warna-warni menghiasi layar. Komentar yang tadi ditulis juga bakal diposting berbarengan dengan tag (menunjukkan jumlah nominal yang sudah mereka sumbangkan).

Pertanyaannya, lalu gimana proses bagi hasil antara si YouTuber dengan pihak YouTube?

Jadi begini, dari 100% pendapatan Super Thanks, YouTuber bakal mendapatkan fee sebesar 70% (jumlah ini juga sudah dipotong pajak penjualan dan pemotongan Apple dari transaksi dalam aplikasi iOS). Sedangkan pihak YouTube bakal mengambil  bagian 30%. Kebijakan ini persis seperti di Super Chat dan Super Stickers.

Soal ketersediaannya, dikutip dari Android Police, Super Thanks akan menyapa pengguna YouTube akhir tahun ini. Kalau kamu YouTuber yang ‘memenuhi syarat,’ kamu bisa ikuti petunjuk di halaman Bantuan YouTube untuk mengaktifkan Super Thanks.

%d blogger menyukai ini: