Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Berbagai Fitur & Teknologi Khas GPU NVIDIA GeForce RTX

Anom Penulis

NVIDIA GeForce RTX tak pelak lagi merupakan salah satu seri GPU atau kartu grafis yang paling populer. Tentu ada alasannya di balik itu. Kali ini kami akan membahas beberapa fitur dan teknologi khas NVIDIA GeForce RTX yang membuatnya menjadi GPU yang dahsyat.

GPU yang canggih kini tidak hanya memungkinkan kita main game dengan tampilan beresolusi tinggi dan realistis secara mulus. Tapi juga menjaga responsivitas aksi antara yang kita lakukan perangkat input (misalnya keyboard dan mouse) dan tampilan di layar, sembari menjaga efisiensi pemakaian daya.

Tidak hanya itu. GPU masa kini juga menjamin proses kerja kreatif berjalan lancar. Sehingga content creator mampu berkreasi dengan lebih cepat dan akurat. Bahkan ketika harus berkolaborasi dan melakukan proyek secara online.

Fitur & Teknologi GeForce RTX

Ekosistem GPU NVIDIA GeForce RTX menyediakan semua itu. Walau begitu, mungkin belum semua orang menyadari atau tahu teknologi apa yang ada di dalam ekosistem GPU tersebut. Oleh karena itu, kali ini kami membahasnya.

Inilah fitur dan teknologi GeForce RTX yang perlu kamu tahu.

NVIDIA Ampere Architecture

Ampere merupakan nama kode untuk mikro-arsitektur generasi baru dari GPU NVIDIA yang menjadi lanjutan Volta dan Turing. Arsitektur ini membawa peningkatan baru pada GPU NVIDIA RTX seri 30.

Beberapa peningkatan itu termasuk kemampuan komputasi paralel CUDA, generasi ke-3 Tensor Core, generasi ke-2 Ray Tracing core, memori GDDR6X, dll.

Generasi ke-2 Ray Tracing

Teknologi ray tracing mampu memberikan simulasi bagaimana pencahayaan dunia nyata hadir dan memberikan tampilan grafis yang lebih realistis dan imersif. GPU NVIDIA GeForce RTX seri 30 sudah memiliki generasi kedua RT Core untuk performa ray tracing lebih maksimal.

NVIDIA DLSS

Teknologi AI dari Tensor Core NVIDIA DLSS (Deep Learning Super Sampling) mampu memberikan peningkatan performa grafis dengan kualitas gambar yang lebih tinggi. Kamu bisa menikmati permainan dengan frame rate lebih tinggi pada kualitas gambar asli (atau bahkan lebih bagus) yang tidak mungkin didapat dari teknologi render biasa.

NVIDIA terus menambah koleksi game yang mendukung teknologi DLSS ini. Misalnya Ghostwire: Tokyo, Dying Light 2 Stay Human, Sifu, Rainbow Six Extraction, God of War, dll.

NVIDIA Reflex

Teknologi NVIDIA Reflex hadir melalui GPU GeForce RTX dan monitor yang mendukung NVIDIA G-Sync. Teknologi ini menyelaraskan tindakan dari input dan tampilan monitor dengan lebih cepat.

Artinya, NVIDIA Reflex menghadirkan tingkat latensi lebih rendah dan responsivitas tinggi. Dengan begitu, kamu bisa bereaksi lebih cepat dan akurat pada permainan kompetitif.

Game Ready Driver

Game Ready Driver dari NVIDIA akan memberikan performa optimal pada game yang kamu mainkan. Hanya dengan satu klik, kamu bisa menerapkan pengaturan kualitas grafis game terbaik, sesuai perangkat yang kamu miliki.

NVIDIA Studio

Jika kamu seorang kreator, platform NVIDIA Studio akan memberikan pengaturan optimal pada grafis dan kinerja yang lebih selaras antara perangkat dengan aplikasi kreatif. Misalnya mampu menyajikan proses color grading dan video editing lebih cepat pada aplikasi DaVinci Resolve dan Adobe Premiere Pro.

NVIDIA Encoder (NVENC)

NVIDIA Encoder merupakan teknologi yang mengalihkan proses kompresi data video ke bagian khusus GPU sehingga tidak membebani CPU dan tetap menjaga kualitas gambar. Fitur ini sudah didukung oleh berbagai aplikasi live streaming, seperti OBS, juga aplikasi editing, seperti Adobe Premiere.

NVIDIA Broadcast

NVIDIA Broadcast adalah aplikasi yang membantu pengolahan audio dan video untuk live streaming atau video conference. Kamu bisa mengatur mikrofon, speakerm dan kamera, juga memanfaatkan berbagai efek, seperti noise removal, menghapus latar belakang, dan lain-lain.

GeForce Week Festival

Bagi kamu yang berminat membeli GPU NVIDIA GeForce RTX 30 Series, saat ini sedang berlangsung GeForce Week Festival di Tokopedia.

GeForce Week Festival di Tokopedia ini berlangsung pada 21 March – 30 April 2022. Ada diskon hingga Rp2 juta dan cashback hingga Rp500.000. Kamu bisa menemukannya di berbagai produk, mulai dari GPU itu sendiri, laptop, sampai GeForce RTX atau eSport PC. Asik kan?

Nah, jadi jangan sampai ketinggalan. Mumpung lagi ada promo, silakan cek GeForce Week Festival.