Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Fitur Tersembunyi Apple Watch yang Rugi Kalau Nggak Dicoba

spotify apple watch
Indri Penulis

Kamu punya Apple Watch? Kalau iya, pastikan kamu coba beberapa fitur tersembunyi Apple Watch berikut ini biar nggak rugi.

Apple Watch adalah soulmate terbaik buat iPhone. Smartwatch ini memungkinkan pengguna mengelola notifikasi, menerima panggilan, sampai menggunakan beberapa aplikasi tanpa perlu menyentuh iPhone. Ditambah dengan fitur kesehatan dan kebugaran, Apple Watch dapat membantumu tetap sehat.

popculture.id

Tapi tahu nggak sih, sebenarnya ada banyak fitur rahasia yang ada di dalam Apple Watch lho. Memang, Apple Watch telah memiliki banyak fitur. Tapi ada beberapa fitur tersembunyi yang mungkin belum pernah terjamah oleh pengguna Apple Watch.

Kamu nggak perlu khawatir. Kali ini saya akan membocorkan beberapa fitur tersembunyi yang dimiliki Apple Watch. Langsung simak ulasannya sampai selesai ya.

Pakai Dock untuk Meluncurkan Aplikasi yang Sering Dipakai

Dock adalah fitur yang paling rahasia dari Apple Watch. Fitur ini baru muncul saat kamu menekan Side Button (tombol samping). Apa fungsi fitur Dock pada Apple Watch? Fitur Dock berfungsi untuk menampilkan aplikasi terbarumu, mirip seperti App Switcher yang ada di iPhone.

Menariknya, Dock punya pengaturan tersembunyi di aplikasi Watch. Pengaturan ini akan mengubah Dock menjadi peluncur aplikasi yang sangat berguna. Untuk menggunakannya, kamu bisa buka aplikasi Watch dan pilih opsi “Dock.” Setelah itu ganti “Recents” menjadi “Favorites.” Sekarang tambahkan beberapa aplikasi yang paling sering kamu pakai ke daftar Favorites.

Silent Mode

Estetika saat memakai Apple Watch adalah ketika kamu bisa lepas dari iPhone-mu. Artinya kamu bisa mengakses beberapa notifikasi, menerima panggilan, dll, langsung dari Apple Watch.

Secara default, Apple Watch akan mengeluarkan suara setiap kali kamu mendapatkan notifikasi. Walau kemampuan ini membuatmu nggak lupa untuk memeriksa notifikasi, tapi di sisi lain suara yang ditimbulkan Apple Watch bisa sangat mengganggu. Belum lagi layarnya yang tiba-tiba hidup saat notifikasi masuk, ini bisa mengganggu pengguna yang sedang ingin konsentrasi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mencoba Silent Mode. Dari beranda Apple Watch, swap layar ke atas untuk membuka Control Center. Setelah itu klik ikon lonceng untuk mengaktifkan Silent Mode. Selesai. Sekarang Apple Watch akan ‘mengetuk’ pergelangan tanganmu dengan lembut, dan layarnya tak akan menyala sampai kamu mengangkat pergelangan tangan untuk melihat notifikasi.

Angkat Apple Watch untuk Bicara dengan Siri

Kalau kamu menggunakan Apple Watch Series 3 yang menjalankan watchOS 5 atau versi lebih baru, kamu nggak perlu menekan Digital Crown untuk bicara dengan Siri. Cukup angkat pergelangan tanganmu lalu dekatkan Apple Watch ke wajah. Setelah itu mulailah bicara dan Siri akan langsung menyalin dan memproses perintahmu.

Balas Chat Langsung di Apple Watch

Saat kamu mendapatkan notifikasi dari Apple Watch, ketuk dan pilih “Reply” untuk mengirim balasan secara cepat. Tapi kalau balasannya kira-kira panjang, kamu bisa klik ikon Mikrofon untuk mengirim pesan audio. Atau kamu juga bisa klik ikon emoji untuk mengirim respon ke penerima chat.

Tapi ada satu fitur yang mungkin nggak kamu ketahui fungsinya. Fitur tersebut bernama Scribble dan bentuknya berupa ikon A dengan tangan. Saat kamu mengklik fitur tersebut, Apple Watch akan menampilkan papan tulisan. Gambarlah huruf di situ, dan huruf-huruf tersebut akan muncul dalam bentuk teks di atasnya. Kalau kamu punya Apple Watch Series 7, kamu juga bisa menggunakan papan ketik QWERTY untuk membalas pesan.

Buka Kunci iPhone Pas Pakai Masker

Selama pandemi COVID-19, orang-orang dianjurkan untuk memakai masker. Walau diklaim bisa meminimalisir penularan virus, tapi pemakaian masker bisa menjadi masalah baru pengguna iPhone.

Pengguna iPhone yang memakai FaceID, tentu perlu menampilkan wajahnya secara jelas supaya FaceID bisa mendeteksi wajah dan membuka kunci iPhone. Kalau pakai masker, otomatis nggak bisa pakai FaceID dong.

Tapi nggak perlu khawatir. Karena Apple Watch punya fitur rahasia untuk membuka kunci iPhone walaupun kamu pakai masker. Untuk tahu gimana caranya, kamu bisa baca cara membuka kunci iPhone pakai Apple Watch walau sedang menggunakan masker.

Oya buatmu pengguna iOS 15.4, nggak perlu khawatir. Karena di versi iOS tersebut, Apple telah menambahkan dukungan FaceID yang bisa mendeteksi wajah meski pakai masker. Tapi kalau versi iOS-mu lebih lama dari iOS 15.4, saya sarankan kamu cek cara yang ada di atas.

Nah itu tadi beberapa fitur tersembunyi yang ada di Apple Watch. Dengan mengetahui fitur-fitur tersebut, kamu bisa menggunakan Apple Watch secara lebih optimal.

    %d blogger menyukai ini: