Zoom Hadirkan Fitur Transkripsi Langsung untuk Akun Gratis

Kabar menarik. Zoom membawa fitur aksesibilitas transkripsi langsung ke pengguna konferensi video dengan akun gratis.

Transkripsi langsung merupakan tulisan yang muncul secara otomatis ketika seseorang berbicara di layar. Seperti teks terjemahan ketika kita menonton film atau bisa kita temui juga di beberapa video YouTube. Istilah umumnya adalah “closed caption” atau kalau menurut Zoom, “Live Transcription.”

Fitur ini sebenarnya bukan hal baru di Zoom. Namun, sebelum ini fitur transkripsi langsung ini hanya tersedia untuk anggota yang membayar. Pengguna umum bisa menggunakan teks melalui orang yang bertugas khusus atau melalui layanan pihak ketiga.

Zoom berencana menyediakan fitur transkripsi atau “closed caption” ini untuk semua pengguna pada musim gugur tahun 2021. Namun, kalau memang membutuhkan, kamu sudah bisa memakainya dengan mendaftar terlebih dulu.

Kamu harus mengisi formulir pendaftaran di Google Form untuk nantinya menerima email konfirmasi dengan informasi lebih detil. Tapi Zoom mengingatkan kalau akan ada banyak permintaan, sehingga mungkin tidak tersedia dengan cepat.

Di sisi lain, menurut halaman bantuan Zoom, kualitas fitur “closed caption” ini memanfaatkan teknologi AI dan masih punya keterbatasan. Kualitas transkripsi akan bergantung pada kondisi kebisingan di sekitar, kejelasan ucapan, logat, juga kemampuan berbahasa Inggris.

Ya. Sayangnya transkripsi di Zoom memang hanya memindah bahasa dari lisan ke tulisan saja. Dalam hal ini baru tersedia dalam bahasa Inggris. Jadi bukan teks terjemahan.

Toh, kalau fitur ini nanti tersedia, transkripsi langsung bisa membantu kita memahami ucapan dalam bahasa Inggris bila kita berbincang dengan orang asing. Nah, kalau kamu sering rapat dengan orang yang berbahasa Inggris tapi kamu sendiri kurang jago, fitur ini bisa membuatmu belajar dengan lebih baik.

%d blogger menyukai ini: