PlayStation 5 akan Segera Punya Fitur Variable Refresh Rate (VRR)

Indri Penulis

Ada kabar bagus buatmu pengguna PlayStation 5. Pasalnya PlayStation 5 sebentar lagi akan mendukung fitur Variable Refresh Rate (VRR).

Kabar ini telah dikonfirmasi langsung oleh Sony. Baru-baru ini Sony mengumumkan kalau mereka tengah mengerjakan dukungan Variable Refresh Rate (VRR) untuk PlayStation 5 (padahal rumornya, fitur ini telah dikembangkan sejak akhir tahun 2020). Dalam pengumumannya Sony mengatakan kalau fitur VRR akan dirilis ‘dalam beberapa bulan mendatang.’

Buat yang mungkin masih asing dengan fitur VRR, jadi fitur ini bakal mencocokkan refresh rate tampilan dengan output konsol. Refresh rate yang dicocokkan oleh fitur ini bisa bervariasi dari waktu ke waktu sesuai aktivitas gaming pengguna.

Lalu apa manfaatnya? Fitur ini mampu mengurangi atau menghilangkan masalah seperti layar robek, maupun masalah refresh rate. Fitur VRR juga diklaim mampu mengurangi kelambatan input.

Agar fitur VRR berfungsi, Sony mengatakan kalau pengguna setidaknya harus menggunakan TV/monitor PC yang kompatibel dengan HDMI 2.1.

Kalau soal dukungan game, berbagai game di masa depan diprediksi akan menghadirkan opsi VRR saat diluncurkan. Sedangkan game yang sudah ada saat ini bisa saja mendapatkan dukungan VRR, yakni lewat patch terbaru.

Sony sih mengatakan kalau mereka telah menambahkan toggle untuk ‘memaksa’ mode VRR pada game yang nggak mendukungnya. Tapi kemungkinan hal tersebut akan menyebabkan masalah di beberapa judul game.

Di sisi lain, Sony tak hanya mengumumkan soal hadirnya fitur VRR ke PlayStation 5 di masa depan. Baru-baru ini Sony juga menghadirkan beberapa pembaruan ke konsol game terbarunya itu.

Dalam pembaruan kali ini, beberapa fitur yang selama ini ‘diinginkan’ mayoritas pengguna PS5 akhirnya benar-benar hadir di konsol kesayangan mereka.

Contohnya kemampuan untuk membuat dan bergabung dengan Open Party dan Closed Party di PS5 serta PS4. Open Party bisa dilihat oleh teman-temanmu dan mereka juga bisa bergabung dengan bebas. Sedangkan Closed Party sifatnya tertutup dan orang lain harus mendapat undangan agar bisa bergabung.

Sony juga resmi meluncurkan fitur Open Party dan Closed Party ke aplikasi PlayStation. Fitur ini memungkinkan kamu membuat pesta lewat ponsel, bukan dari konsol.

Oya, dalam pembaruan kali ini Sony juga telah meng-update Game Base UI dalam aplikasi PlayStation. Tampilan baru ini akan mempermudah pengguna mengakses fitur Friends, Party dan fitur perpesanan.

PlayStation bukan satu-satunya aplikasi yang mendapat perubahan tampilan. Aplikasi PS Remote Play juga sama. Aplikasi ini sekarang punya mode gelap dan pilihan bahasa Screen Reader baru seperti Bahasa Portugis untuk Portugal dan Brasil, Finlandia, Swedia, Turki, Yunani, Thailand, dan China.

Kita balik lagi lagi ke konsol. Kali ini Sony juga telah memperbarui kartu Game Base dan Trophy. Sony juga telah menguji fitur terbaru Voice Command. Fitur ini memungkinkan kamu memulai permainan dan mengontrol pemutaran media via suara. Sayangnya fitur tersebut hanya tersedia di AS dan Inggris, dan cuma tersedia dalam Bahasa Inggris (setidaknya mungkin untuk saat ini).

    %d blogger menyukai ini: