YouTube iOS akan Dapatkan Fitur Video Picture-in-Picture

YouTube versi iOS resmi dapatkan fitur Picture-in-Picture. Membuatmu bisa nonton video sambil melakukan hal lain di iPhone atau iPad.

Fitur Picture-in-Picture bukanlah hal yang baru dalam platform YouTube. Fitur ini telah ada cukup lama dan awalnya ditujukan untuk pengguna YouTube Premium Android.

Sebelumnya Apple juga pernah menambahkan dukungan video Picture-in-Picture untuk iPad dengan iOS 9, lalu membawanya ke iPhone dengan iOS 14. Sayangnya sejak saat itu, dukungan fitur YouTube untuk iPhone dan iPad jadi tak stabil.

Hasilnya, fitur ini cuma berfungsi untuk pengguna iPad yang nonton YouTube via Safari (beberapa pengguna melaporkan fitur ini tak berfungsi di pelanggan YouTube gratisan). Kalau buat pengguna iPhone, mereka cuma bisa mengakses fitur ini secara berkala. Artinya keberadaan fitur ini tak stabil (kadang ada, kadang juga tidak).

Sumber : 9to5Mac

Sekarang kelihatannya kendala itu akan hilang. Pasalnya YouTube telah mengonfirmasi jika mereka akan menghadirkan dukungan Picture-in-Picture “secara penuh” ke aplikasi YouTube versi iOS. Jadi nanti, kamu bisa tetap nonton video YouTube sambil melakukan aktivitas lain di iPhone atau tablet.

Kabar ini dibeberkan langsung oleh salah satu juru bicara YouTube. Untuk sementara ini, fitur Picture-in-Picture baru diluncurkan ke pelanggan YouTube Premium.

Tapi buatmu pengguna YouTube gratisan, nggak perlu khawatir. Karena YouTube berjanji akan menghadirkan fitur ini ke semua penggunanya (termasuk yang gratisan). Peluncuran fitur ini ke pengguna lain akan dilakukan secara bertahap, dengan negara AS sebagai tujuan pertama.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu cukup buka dan putar video di aplikasi YouTube. Setelah itu cobalah tekan tombol kembali. Selanjutnya kamu akan melihat video tetap diputar dalam pemutar mini, dan posisinya bisa kamu geser sesuka hati.

%d blogger menyukai ini: