Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Inilah Berbagai Fitur Seru yang Disajikan Xiaomi Mi MIX FOLD 2!

Indri Penulis

Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan ponse layar lipat Xiaomi Mi MIX FOLD 2. Simak ulasan ini untuk melihat fitur seru dan spesifikasi ponsel tersebut.

Sudah lebih dari setahun sejak Xiaomi meluncurkan ponsel layar lipat pertamanya, Xiaomi Mi MIX FOLD pada Maret 2021. Walau baru pertama kali mendebutkan ponsel layar lipat, tapi ada satu fitur Mi MIX FOLD yang nggak bisa dipandang sebelah mata, yakni sistem pendinginnya yang lebih unggul dibanding ponsel sekelasnya.

popculture.id

Agustus 2022 ini akhirnya penerus Mi MIX FOLD, Xiaomi Mi MIX FOLD 2 resmi rilis. Nah kira-kira apa yang baru dari ponsel ini? Mari kita cek dalam ulsan berikut ini.

Berbagai Fitur Seru Xiaomi Mi MIX FOLD 2

Salah Satu Ponsel Lipat Tertipis di Dunia

Saat artikel ini saya tulis, Mi MIX FOLD 2 resmi memegang gelar sebagai salah satu ponsel layar lipat tertipis di dunia. Ponsel ini cuma punya ukuran 5,4mm saat dibuka, dan 11,2mm saat dalam keadaan tertutup (sudah termasuk tonjolan kameranya). Sebagai perbandingan, Galaxy Z Fold 4 punya ketebalan 6,3mm saat tidak dilipat, dan 15,8mm saat dilipat.

Mi MIX FOLD 2 punya berat 262 gram. Ponsel ini dibekali engsel halus yang sebelumnya telah dikembangkan Xiaomi. Engsel ini menggabungkan pelat paduan dan serat karbon di samping struktur tengah yang tersembunyi, serta desain lapisan yang ringkas.

Visual Oke & Lebih Hemat Daya

Mi MIX FOLD 2 menggunakan layar penutup AMOLED 6,56 inci dengan rasio aspek 21:9, membuat tampilannya hampir mirip dengan smartphone konvensional. Itu artinya aktivitas mengetik tidak akan terasa terlalu sempit.

xiaomi mi mix fold 2

Sementara itu dibagian dalam, Xiaomi menggunakan panel OLED LTPO 8 inci dengan resolusi 1914 x 2160 piksel dan refresh rate variabel 1 – 120Hz. Fyi, ini adalah layar Eco2 OLED yang bisa menghilangkan lapisan polarizer untuk transparansi tampilan yang lebih bagus, sekaligus diklaim lebih hemat daya. Selain itu layar utama juga sudah bersertifikasi HDR10+ dan Dolby Vision, serta dibekali Schott UTG untuk menambah daya tahan.

Kamera Selfie Menggiurkan

Sebagai ponsel layar lipat yang notabene bisa dibilang ‘masih baru’ di industri smartphone, sepertinya masih maklum kalau fitur kamera yang dimiliki ponsel layar lipat masih di bawah standar ponsel biasa.

Bahkan Samsung yang menjadi pelopor ponsel layar lipat pun masih belum bisa menyisipkan kamera dengan kekuatan yang setara dengan Samsung Galaxy S22 Series. Kalau mau diumpamakan, peringkat kamera ponsel layar lipat masih tetap berada di bawah smartphone konvensional.

xiaomi mi mix fold 2

Tapi ada yang cukup unik dari Mi MIX FOLD 2. Walau tetap belum bisa setara dengan ponsel flagship konvensional Xiaomi, tapi resolusi kamera yang ditawarkan ponsel ini lumayan oke, apalagi di bagian kamera depannya.

Ponsel ini menyuguhkan kamera depan 20MP yang ditanamkan dalam punch-hole. Dengan resolusi segitu, gambar selfie yang dihasilkan tentu sudah lumayan oke.

Sementara itu di bagian belakang, ponsel ini hadir dengan triple-camera. Ia menggunakan sensor utama Sony IMX766 50MP dengan optik OIS dan Leica. Layaknya Xiaomi 12S Ultra, ponsel ini juga mendapatkan fitur fotografi khas Leica yakni Leica Authentic dan Vibrant, serta beberapa filter terkenal Leica. Sedangkan dua sensor lainnya adalah ultrawide 13MP dan telefoto 8MP dengan optic zoom 2x.

Performa Kekinian

Ponsel ini sudah dibekali chipset Snapdragon 8+ Gen 1 seperti perangkat-perangkat masa kini, yang dipadukan dengan RAM 12GB serta penyimpanan internal 1TB.

Lebih lanjut, ponsel ini mengemas baterai 4.500mAh dengan wireless charging 67W dan hadir dengan skin khusus ponsel layar lipat MIUI Fold 13 berbasis Android 12.

Oke itu tadi berbagai fitur menarik yang disajikan Xiaomi Mi MIX FOLD 2. Ponsel ini hadir dalam warna emas dan hitam. Mi MIX FOLD 2 varian 12GB/256GB dibanderol $1.340, sedangkan varian 12GB/1TB dihargai $1.780. Untuk sementara ini ponsel tersebut baru bisa dipesan di China, dan belum tahu apakah perusahaan berencana menghadirkan ponsel ke luar China atau tidak.

    %d blogger menyukai ini: