Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Fitur “YouTube Shopping” Mungkinkan Orang Belanja Langsung di YouTube

Indri Penulis

YouTube resmi meluncurkan fitur “YouTube Shopping.” Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna belanja langsung dari YouTube.

Seiring perkembangan zaman, aktivitas belanja online nggak cuma bisa dilakukan lewat platform e-commerce langsung. Tapi juga bisa dilakukan lewat platform lain seperti media sosial.

popculture.id

Instagram dan TikTok contohnya. Dulu mereka berdua mungkin cuma media sosial biasa, tapi sekarang pengguna bisa belanja langsung dari Instagram dan TikTok. Apalagi di TikTok, pengguna malah bisa belanja langsung selama live streaming.

YouTube sebagai raksasa platform streaming video juga nggak mau kalah. Baru-baru ini YouTube resmi meluncurkan fitur “YouTube Shopping” untuk memudahkan konten kreator mempromosikan produk yang mereka jual di YouTube, dan juga memudahkan penonton untuk membeli produk incaran langsung dari YouTube.

Asal-usul pembuatan fitur ini sangat masuk akal. Dalam pengumuman resminya, YouTube mengatakan kalau setiap harinya ada ratusan juta orang yang datang untuk menonton review atau video rekomendasi produk tertentu di platform-nya. Jadi biar pengalamannya lebih smooth, YouTube bikin fitur Shopping supaya orang-orang bisa langsung belanja produk yang mereka lihat di YouTube.

Dalam pembuatan fitur ini, YouTube menggandeng Shopify. Konten kreator yang mau mempromosikan produknya di Youtube, harus menghubungkan channel YouTube dengan toko Shopify-nya lebih dulu.

Cara Kerja Fitur “YouTube Shopping”

Dengan fitur ini, kreator yang memenuhi syarat bisa dengan mudah mempromosikan produk dari tokonya sendiri sekaligus menghasilkan uang di YouTube. Singkatnya, kreator bisa menyiapkan dan menghubungkan toko ke YouTube untuk menampilkan produk seperti merchandise di video dan live stream.

Sementara itu, fitur YouTube Shopping meliputi toko channel, produk di layar akhir video, produk yang diberi tag di video dan live stream, lalu ada juga produk yang disematkan di live chat.

Untuk bisa mempromosikan produk di Shopping, konten kreator harus memenuhi kriteria kelayakan, menyiapkan dan menghubungkan toko ke YouTube, dan juga memberi tag pada item yang ingin dipromosikan serta menentukan tempat dan urutan tampilnya kepada penonton.

Lalu bagaimana dengan penonton, gimana cara mereka menemukan produk yang dijual oleh konten kreator? Penonton bisa mencari dan membeli produk incaran mereka lewat toko channel, di bagian akhir layar, di galeri produk / overlay di bawah video dan live stream, atau pada saat live stream sebagai produk yang disematkan.

Sayangnya untuk sementara ini orang yang bisa membeli barang dari fitur YouTube Shopping masih di negara-negara tertentu yakni Argentina, Australia, Austria, Belgie, Brasil, Kanada, Ceko, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, India, Irlandia, Italia, Jepang, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Polandia, Portugal, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Inggris Raya, dan Amerika Serikat (jadi belum bisa dinikmati di Indonesia ya).

    %d blogger menyukai ini: