Flat Notes: Aplikasi Catatan dengan Tampilan Mirip Google Keep

Anom Penulis

Salah satu aplikasi yang ada banyak di Windows Phone adalah aplikasi catatan alias notes, dan to do list. Mulai dari tinyDo, Listrophy,  sampai Wunderlist dan Evernote, juga tentunya andalan Microsoft sendiri, OneNote. Bagaimana kalau kita bahas satu lagi, Flat Notes. Aplikasi ini cukup menarik, salah satunya karena tampilannya mirip Google Keep.

Flat Notes mendukung catatan baik ketikan biasa, dengan gambar, atau daftar cek. Tampilannya sederhana, dan setelah saya coba, memang mudah digunakan. Aplikasi ini memang ditujukan untuk membuat catatan dengan cepat dan mudah.

Aplikasi catatan ini memberikan kita pilihan warna background. Selain bisa berfungsi untuk mengelompokkan catatan (daftar belanja warna kuning, daftar kerjaan warna biru, dll), pilihan warna ini juga membuat tampilannya menarik.

Di Flat Notes, kita juga bisa dengan mudah beralih dari catatan biasa ke bentuk daftar cek. Begitu juga sebaliknya. Tinggal buka application bar di bawah (tanda ‘…’), dan pilih toggle checklist.

Kita juga bisa menambahkan foto atau gambar. Baik dari kamera maupun dari galeri. Sayangnya, cuma bisa satu gambar di tiap catatan. Tidak bisa lebih. Mungkin sengaja begitu. Sekali lagi, untuk catatan cepat.

Catatan di dalam Flat Notes bisa kita atur seperti tile di start screen. Untuk mengubah ukuran silakan menuju bagian setting. Bisa berbentuk kotak, kecil, atau lebar. Untuk mengubah urutan, tap dan tahan tile catatan, dan urutkan seperti keinginan kalian. Catatan yang sudah tidak diperlukan bisa dihapus bisa dihapus atau dimasukkan arsip.

Flat Notes juga mendukung tema. Bisa pilih warna terang atau gelap. Tentunya, aplikasi ini juga mendukung live tile. Kita bisa menyematkan ubin catatan atau aplikasi di start screen. Kita juga bisa memilih sisi mana yang transparan. Menarik.

Sudah saya sebut dua kali kalau aplikasi Flat Notes ini berguna untuk catatan cepat. Belum ada fungsi catatan suara, berbagi ke teman, sinkronisasi, dll. Kalau mau yang komplit, tentu saja, OneNote lebih cocok. Ah, biar afdol, saya sebut lagi untuk ketiga kali, untuk catatan ringan, Flat Notes enak dipakai.

    %d blogger menyukai ini: