Belajar dan Menulis Not Lagu Dengan Flat

belajar not lagu
Anom Penulis

Kalau kamu seorang pemusik, kemungkinan besar kamu akan berusuran dengan not lagu. Mungkin juga kamu adalah seorang yang sedang belajar notasi musik. Salah satu website yang bisa membantu adalah Flat.

Sebelumnya, maafkan kalau ada penjelasan yang salah di sini. Karena terus terang saya bukan pemusik. Namun situs web ini saya anggap keren. Jadi, walau punya pengetahuan musik yang minim secara teknis, saya memutuskan membahasnya.

Apa Itu Flat?

Flat adalah sebuah aplikasi (web dan macOS) untuk menulis not lagu dan membuat komposisi musik. Entah kamu seorang yang sedang belajar atau seorang musisi prosefional, Flat bisa membantumu soal notasi.

notasi musik di flat

Apa Yang Bisa Kita Lakukan di Flat?

Seperti yang sudah saya sebut, kamu bisa menulis notasi musik. Tidak hanya sendiri. Tapi kamu bisa berkolaborasi dengan teman atau rekan dalam menulisnya.

Flat bisa bekerja secara online (real time) dan offline (sinkronisasi). Selain itu, Flat juga memiliki fitur Smart History yang akan menyimpan semua perubahan yang kamu lakukan. Ini tentu akan membantu proses kreatifmu.

Fitur Smart History

Tentu saja, karena kita bicara soal musik, kamu bisa mendengarkan tiap not lagu yang ada. Akan ada garis pembantu yang menandai posisi ketika kita mendengarkan dan membaca notasi musik tertentu.

Nah, yang lebih seru, Flat juga punya komunitas. Tidak sedikit yang mengunggah lagu mereka atau bahkan aransemen lagu populer. Sehingga kamu bisa mempelajarinya lebih jauh.

[irp posts=”52318″ name=”Aplikasi Gitar Riffstation Pro dari Fender Sekarang Gratis”]

Sebagai komunitas, kamu pun bisa meninggalkan komentar di karya orang lain dan begitu sebaliknya. Yah, siapa tahu, bisa memperluas pergaulan, menimba ilmu, dan menambah pengalaman.

Oya, kamu bisa menemukan beberapa notasi musik populer, seperti lagu tema the Avengers atau Star Wars Imperial March.

belajar notasi musik

Selain not balok, Flat juga memiliki fitur tabulatur gitar. Ini jelas berguna kalau kamu seorang gitaris (atau pemain alat musik senar lain). Kamu bisa melihat not balok beserta tab gitar bersamaan.

Apa hanya itu? Masih ada lagi. Flat juga mendukung kontroler MIDI. Jadi kamu bisa melihat struktur musik buatanmu walau kamu belum punya kemampuan teknis bermusik (namanya juga belajar).

Apa Flat Berbayar?

Kamu bisa menggunakan aplikasi Flat secara gratis dengan batasan tertentu. Misalnya hanya membuat 15 notasi musik, tidak mendapat fitur Smart History, dan saat mencetak (print) lembar not lagu akan ada watermark Flat. Kalau mau memanfaatkan fitur leih jauh, kamu bisa berlangganan sekitar Rp90.000/bulan.

Kalau kamu berminat serius di dunia musik, silakan cek aplikasi ini.

Kunjungi Situs Web

    %d blogger menyukai ini: